Update! Daftar Harga Kucing Abyssinian Terbaru 2020

Harga kucing Abyssinian

Kini, ras kucing Abyssinian telah banyak dipelihara. Salah satu jenis kucing domestik yang terkenal dengan bulunya pendek. Mempunyai berbagai keistimewaan, tak heran jika harga kucing Abyssinian terbilang sangat menguras kantong.

Harga kucing Abyssinian
Kucing Abyssinian

Abyssinian adalah kucing bulu pendek dikenal menjadi salah satu ras kucing tertua yang pernah diketahui dan berada di dunia. Tak heran apabila harga kucing Abyssinian cukup mahal dan belum lagi untuk biaya perawatannya. Meskipun dibandrol dengan harga yang fantastis, kucing satu ini memang sangat cocok untuk dipelihara.

Secara umum, tipe kucing ini menyukai untuk bermain di luar ruangan dan sangat suka memanjat. Hal tersebut tentunya sama dengan kepribadian kucing-kucing lainnya. Ketika kamu tertarik untuk memiliki hewan peliharaan satu ini harus menyiapkan budget khusus diawal dan selama masa perawatan atau pemeliharaan.

Dikarenakan harga kucing Abyssinian, cukup terbilang mahal. Lantas seperti apa sih ras kucing Abyssinian ini, termasuk ciri-ciri fisik serta kebiasaan yang mereka lakukan? Simak ulasannya berikut ini!

Sejarah dari Kucing Abyssinian

Sesuai dengan namanya, kata Abyssinian berasal dari bahasa Ethiopia. Pada sekitar tahun 1871 jenis kucing Abyssinian ini pertama kali diikutkan sebuah kontes kucing di Inggris.

Banyak berbagai orang yang berasumsi bahwa ras kucing ini diimpor dari berbagai negara. Kucing ini pernah dilaporkan diimpor dari negara Ethiopia, yang mana setelah ditangkap pada akhir perang Abyssinian.

Berdasarkan cerita yang ada dan telah beredar bahwa, jenis kucing ini dibawa pulang oleh seorang tentara Inggris setelah Perang Abyssinian berakhir. Dan hal tersebut terjadi pada sekitar akhir tahun 1860-an. Saat itu sedang tidak ada dokumentasi yang jelas dari mana asal kucing ras satu ini.

Namun dari sebuah studi, yakni studi genetika terbaru kucing Abyssinian diidentifikasi sebagai keturunan kucing daerah teluk Benggala yang berada di India.

Para ahli genetik yang melakukan penelitian terakhir telah mengungkapkan bahwa, ras Abyssinian berasal dari pesisir laut Hindia atau Samudera Hindia. Tepatnya berada di pantai Mesir dan sebagian di Asia Tenggara.

Cerita lain juga telah menyebutkan bahwa, asal jenis kucing ras ini adalah kucing Afrika liar yang bertubuh kecil, yang bernama Felis libyca. Ditemukan di Abyssinian dan selanjutnya dikirim ke Museum sejarah alam Belanda antara tahun 1833 dan 1882

Kucing Abyssinian awal mulanya, mulai dikenal ketika berada di sebuah Museum Zoologi Leiden di Belanda. Hal tersebut pernah dikatakan pada sekitar tahun 1834-1937. Ras Abyssinian pernah dibeli oleh pedagang kucing liar di India.

Ras kucing Abyssinian dimurnikan di Inggris, dengan kemungkinan besar kolonisasi kucing Abyssinian. Hal tersebut merupakan akibat para pedagang Inggris yang singgah di Calcutta dan membeli kucing tersebut.

Singkatnya, pada sekitar tahun 1900, Abyssinian pertama kali diimpor ke Amerika Utara. Selanjutnya pada sekitar tahun 1930 ras kucing ini memiliki kualitas yang baik, kemudian diimpor lagi ke wilayah tersebut.

Ras kucing satu ini yang kamu lihat sekarang merupakan sebuah hasil yang telah dikembangkan di Inggris. Ras kucing satu ini sendiri telah banyak diakui oleh berbagai organisasi, yakni mulai dari CFA, FIFe, GCCF hingga TICA.

Karakteristik Pada Kucing Abyssinian

Kucing Abyssinian merupakan bagian dari salah satu ras kucing tertua yang pernah diketahui. Dikarenakan memiliki bentuk menyerupai lukisan dan patung yang berasal dari zaman Mesir kuno.

Tak heran, mengapa bisa harga kucing Abyssinian, dibandrol dengan harga yang sangat fantastis dan mewah. Meskipun begitu, hewan ini memiliki beberapa keunggulan antara lain pada bulunya atau pada ciri fisik yang dimilikinya.

Ras kucing Abyssinian merupakan kucing dengan berat dan ukuran yang sedang jika dibandingkan dengan ras lain, ras ini memiliki tubuh yang panjang dan otot yang cukup keras serta merata di hampir seluruh tubuhnya.

Bulu dari kucing ini sangatlah pendek dan juga ada jumbai yang terletak di telinganya. Memiliki ciri khas yang paling menakjubkan di dalam tubuhnya, yaitu warnanya yang sangat khas dan unik. Yang mana merata dari bagian bawah dan juga bagian dalam kaki.

Hampir sama seperti keseluruhan kucing yang memiliki kepala segitiga, kucing ras ini juga dianugerahi dengan kuping atau telinganya besar dan miring ke depan. Yang mana dapat membuat mereka menjadi bisa lebih waspada ketika ada ancaman atau hal yang membahayakannya. Selain itu, memiliki mata yang cukup besar. Dapat membuat memiliki penglihatan dan pendengaran yang baik.

Sifat dan Kepribadian

Selain mempunyai ciri fisik yang unik, Abyssinian dikenal sebagai kucing yang sangat cerdas, pendiam, dan sangat senang berada di sekitar manusia. Serta ras kucing ini selalu ingin tahu apa yang sedang dikerjakan oleh pemiliknya.

Abyssinian juga akan senang jika selalu diperhatikan oleh pemiliknya sehingga terkadang hewan peliharaan ini, akan sering mengeluarkan suara meongan yang manja. Dengan begitu, tak heran apabila harga kucing Abyssinian ini terbilang mahal.

Selain dikenal sebagai kucing yang sangat setia pada pemiliknya, Abyssinian juga termasuk kucing lincah dan penurut. Tak hanya itu, mereka juga tidak senang merusak barang, mudah dilatih dan tingkah lakunya selalu membuat pemiliknya terhibur serta tertawa.

Kucing ras Abyssinian adalah jenis yang sangat aktif, bahkan karena terlalu aktif mereka sampai bisa untuk tidak tidur dalam waktu seharian penuh.

Hewan peliharaan ini sangatlah mudah untuk beradaptasi di sepanjang hidupnya, mereka bisa pindah dari satu rumah ke rumah lainnya tanpa harus melalui fase stress sebelumnya. Jadi bisa dibilang ras ini sangatlah menyenangkan. Apabila kamu memiliki banyak waktu kosong, ajaklah ia untuk terus bermain denganmu.

Cara Merawat Kucing Abyssinian

Dalam hal perawatannya, sebenarnya hampir sama seperti ras shorthair lainnya, kamu tidak perlu meluangkan waktu ekstra seperti ketika hendak merawat. Bulunya sudah memiliki genetik yang sulit untuk rontok sehingga disarankan melakukan sisir hingga 2 minggu sekali, karena itupun sudah cukup.

Walaupun mungkin beberapa pemilik tidak merekomendasikan untuk gosok gigi pada kucing, namun disarankan jika kamu memiliki kemampuan untuk mengajaknya gosok gigi dan waktu untuk membuatnya tenang. Maka gosoklah giginya, hal ini dapat menjadi pilihan yang bagus karena seperti yang diketahui, binatang ini sangat rentan terkena karang gigi.

Daftar Harga Kucing Abyssinian

Dengan berbagai teori dan sejarah yang ada, ras kucing Abyssinian adalah salah satu ras kucing berbulu pendek yang paling populer di Amerika Serikat. Dan harga kucing Abyssinian terbilang sangat mahal, yaitu antara $700-$1500 atau sekitar Rp8 juta sampai dengan sekitar Rp17,5 juta. Tentu harga yang cukup mahal untuk ras kucing impor yang ingin dipelihara di Tanah Air.

Bahkan menurut Catbreedslist, harga kucing Abyssinian bisa lebih mahal lagi yakni kisaran $1200-2200 atau sekitar Rp17,8 juta – Rp32,7 juta di cattery resmi. Untuk jenis kitten Abyssinian yang memang keturunan resmi dari peternak kucing populer, harganya di kisaran $900-2000 (sekitar Rp13,4 juta – Rp29,7 juta). Yang pasti dalam kondisi ini, kucing Abyssinian yang ditawarkan sangatlah sehat dan berkualitas.

Harga kucing Abyssinian yang termahal dipatok untuk kucing Abyssinian betina dengan warna cream yang amat sangat langka, yakni pada kisaran $2500 (sekitar Rp37,2 juta). Dengan populasi Abyssinian di Indonesia yang tidak cukup banyak, maka harga kucing satu ini memang sangat melambung.

Harga yang tinggi ini ada kemungkinan karena keunikan dan keistimewaan pada ras kucing satu ini. Abyssinian memiliki badan yang berotot dan panjang dengan tangan serta kaki yang panjang dan ramping. Rata-rata, ras kucing ini mempunyai ekor yang panjang dan runcing.

Kendati memang terlihat sehat, kamu yang ingin memelihara kucing Abyssinian patut waspada karena mereka cukup rentan dengan masalah defisiensi piruvat kinase, padahal enzim yang satu ini sangat dibutuhkan dalam proses metabolisme sehat. Karena masalah ini pula, membuat kucing Abyssinian berpeluang mengalami anemia, penyakit kuning, lesu hingga gusi pucat.

Itulah penjelasan lengkap mengenai ras kucing Abyssinian, mulai dari awal keberadaanya hingga harga kucing Abyssinian. Meskipun terkenal dengan harganya yang mahal, tetapi hewan satu ini sangat cocok untuk dijadikan sebuah hewan peliharaan.

Memiliki sifat bawaan yang sangat menyenangkan, tentunya akan membuat pemilik kucing atau pecinta kucing sangat ingin memilikinya.

About Nesya Damayanti

Dari kecil memang suka kucing. Sekarang nulis blog ini sebagai kegiatan rutin setelah lulus dari kuliah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *