17 Hal Yang Dibenci Kucing

Hal Yang Dibenci Kucing

Jika Anda memiliki kucing di rumah maka sudah seharusnya Anda mengetahui hal-hal yang dibenci kucing. Pengetahuan tersebut sangat penting demi menjaga kenyamanan kucing berada dalam rumah.

Terkadang tanpa disadari beberapa perlakukan kita terhadap kucing ternyata tidak disukai oleh kucing. Padahal sejatinya kita bermaksud untuk menunjukan rasa kasih sayang atau sekedar bermain. Namun hal tersebut diartikan berbeda oleh kucing.

Hal Yang Dibenci Kucing
Hal Yang Dibenci Kucing

Untuk menghindari kejadian tersebut berulang maka Anda bisa simak beberapa hal yang dibenci kucing berikut ini :

1. Kucing Benci Kandang dan Kotak Kotoran Yang Kotor

Kucing ada hewan suka kebersihan oleh sebab itu kucing sering membersihkan dirinya sendiri. Sebaliknya kucing benci dengan lingkungan yang kotor apalagi tempat tersebut menjadi tempat tinggalnya.

Oleh sebab itu jangan biarkan kandang atau kotak kotoran kucing kotor. Hal tersebut membuat mereka tidak betah berada di kandang. Bersihkan kotak kotoran yang sudah bau kemudian ganti juga pasir dalam kotak tersebut dengan pasir yang baru sehingga kucing tetap betah berada dalam kandang.

Sebenar bukan hanya kucing saja yang tidak merasa tidak nyaman dengan kandang atau kotak kotoran yang kotor. Tentu saja Anda juga akan merasa tidak nyaman dengan keadaan tersebut. Oleh sebab itu selalu jaga kebersihan kandang dan lingkungan kucing.

2. Kucing Benci Ditinggal Sendirian Alias Dicuekin

Kucing memiliki sifat sosial yang tinggi layaknya anjing. Sebagian besar kucing suka bersosial kepada manusia bahkan bermanja-manjaan dengan manusia. Jika dipelihara dengan baik dan penuh kasih sayang maka kucing akan setiap kepada majikannya hingga akhir hayatnya.

Salah satu penyebab kucing stress adalah sering tinggal sendirian. Kucing benci ketika ditinggal sendirian apalagi dalam waktu yang lama. Ketika ditinggal oleh majikannya dan tidak ada seorang pun yang merawat kucing hal tersebut membuat kucing jenuh dan bosan hingga akhirnya mengalami stress.

Mulai sekarang jangan mengabaikan kucing yang Anda pelihara. Jika Anda akan bepergian dalam keadaan lama sebaiknya titipkan kucing ke tempat penitipan hewan. Luangkan sdikit waktu untuk bermain dengan kucing ketika Anda di rumah agar merasa senang dan lebih setia dan sayang kepada Anda.

3. Kucing Benci Diperlakukan Secara Kasar

Semua hewan tentu tidak suka diperlakukan dengan kasar, begitu juga dengan kucing. Perlu diketahui bersama bahwa kucing sangat tidak suka diperlakukan dengan kasar. Perlakuan kasar bagi kucing dianggap sebagai ancaman dan membuat mereka seperti terintimidasi.

Jika kucing sudah merasa terancam dan terintimidasi maka secara perlahan kucing tidak lagi betah di rumah Anda hingga akhirnya mereka pergi. Perlakuan kasar terhadap binatang juga merupakan perbuatan tercela. Oleh sebab jangan pernah memperlakukan hewan secara kasar terlebih kepada kucing.

4. Kucing Benci Bau Yang Menyengat

Beberapa bau atau aroma sangat dibenci oleh kucing karena terlalu menyengat bagi indra penciuman kucing. Misalnya saja aroma dari buah lemon, jeruk, mint, tanaman herbal dan lainnya. Bagi kucing bau tersebut sangat mengganggu penciuman mereka.

Anda dapat menyimak beberapa bau yang dibenci kucing pada pembahasan yang sudah lewat. Sebaiknya jauhkan kucing dari bau yang tidak mereka sukai agar mereka tidak terganggu dan mereka merasa tetap nyaman.

5. Kucing Benci Suara Keras

Suara keras bisa membuat kucing stress, mereka sangat sensitif terhadap suara keras. Kucing bisa mendengar dengan suara 1,6 oktaf yang lebih tinggi dari pada manusia. Hal tersebut sangat berpengaruh pada indra pendengaran kucing.

Sebenarnya bukan hanya kucing yang tidak menyukai suara keras, hewan peliharaan lain seperti burung, reptil, anjing dan sebagainya juga sangat tidak menyukai suara keras. Apalagi ikan jika mereka terganggu dengan suara keras sangat mudah stess dan kemudian menyebabkan mereka mati.

Sebaiknya jauhkan kucing dan hewan peliharaan lainnya dari suara keras. Misalkan Anda melakukan hal-hal yang menimbulkan suara keras pindahkan kucing atau hewan peliharaan menjauh dari aktivitas tersebut.

6. Kucing Benci Makanan Lama

Hal yang dibenci kucing bisa terjadi pada makanan mereka. Kucing benci makanan lama terlebih makanan yang busuk. Sebaliknya kucing menyukai makanan fress atau baru. Disarankan untuk memberi makanan kepada kucing dengan porsi sekali habis dimakan.

Kucing berbeda dengan burung dalam pemberian pakannya. Kita bisa memberi pakan burung dalam jumlah banyak untuk beberapa hari. Burung akan memakan pakan tersebut sedikit demi sedikit sampai habis dalam jangka waktu tertentu.

Namun kucing tidak demikian, mereka cenderung tidak menyukai makanan lama. Oleh sebab itu berikan pakan kucing sekali habis ketika mereka memakannya. Kemudian berikan lagi pakan ketika sudah waktunya mereka makan.

7. Kucing Benci Perutnya Dipegang Atau Dibelai

Memang sebagian anggota tubuh kucing sangat mereka sukai ketika dipegang atau dielus misalnya saja bagian kepala, dagu, punggung dan lainnya. Anda bisa simak pembahasan mengenai anggota tubuh kucing yang suka dielus di blog ini.

namun Ada bagian anggota kucing yang mereka benci ketika dipegang atau dileus yaitu bagian perutnya. Oleh sebab itu jangan mengelus bagian perut kucing karena mereka tidak menyukai hal tersebut.

8. Kucing Benci Dipegang Ekornya

Selain perut ternyata kucing juga tidak suka jika ekornya dipegang. Mereka risih dan seperti merasa mendapat ancaman ketika ekornya dipegang. Mulai sekarang jangan lagi memegang ekor kucing karena mereka membencinya.

9. Kucing Benci Obat Obatan

Obat-obatan merupakan sesuatu hal yang dibenci kucing. bagi kucing aroma obat-obatan sangat mengganggu indra penciuman kucing. Zat kimia yang terkandung dalam obat-obatan adalah sesuatu yang menjadi penyebabnya.

Indra penciuman kucing sangat sensitif, sehingga kucing sangat peka dan tidak menyukai bau yang ditimbulkan oleh zat kimia yang terkandung dalam obat-obatan.

10. Kucing Benci Mandi

Hal yang dibenci kucing salah satunya adalah mandi. Hal tersebut dikarenakan sebagian besar kucing sangat benci dengan air. Hanya sebagian kecil dari ras kucing yang menyukai air selebihnya mereka benci dengan air, apalagi kucing liar.

Memandikan kucing memang menjadi kewajiban bagi kucing yang dipelihara dengan baik. Kucing akan lebih sehat dan bersih ketika dimandikan secara rutin, minimal sebulan 1 kali. Karena pada dasarnya kucing benci air maka harus dilatih sejak kecil dalam memandikannya.

Jika kucing dari kecil sudah terbiasa dilatih mandi maka tidaklah sulit dalam memandikan kucing ketika mereka dewasa.

11. Kucing Benci Memakai Pakaian

Memang mengenakan pakaian kepada kucing akan membuat mereka tampak lucu dan mengemaskan. terlebih sekarang terdapat berbagai model baju kucing yang sangat lucu. Mengenakan baju dan topi pada kucing merupakan hal yang menyenangkan bagi sang pemilik, namun tidak dengan kucing.

Sebenarnya kucing benci dengan pakaian atau kostum yang dikenakan pada mereka. Kucing merasa risih dan pengap ketika mengenakan pakaian. Oleh sebab itu kenakan pakaian pada kucing hanya sekedarnya saja dan dalam waktu yang tidak terlalu lama.

12. Kucing Benci Cat Carrier

Pada dasarnya kucing merupakan hewan yang hidup secara liar dan kucing bergerak sesuai insting. Kucing juga memiliki naluri berburu untuk mendapatkan makanan. Mereka senang berkeliaran bebas sesuai dengan nalurinya.

Karena memiliki naluri hidup bebas maka kucing sangat benci terkurung dalam suatu tempat. Maka dari itu kucing sebenarnya sangat tidak suka dimasukan ke dalam cat carrier. Pasalnya kucing menganggap diri terperangkap dan merasa terintimidasi.

13. Kucing Benci Kehadiran Kucing Lain

Dalam dunia kucing dikenal dengan istilah teritori kucing yang berarti daerah kekuasaan kucing. Biasanya dalam suatu teritori terdapat beberapa kelompok kucing yang dipimpin oleh kucing jantan yang perkasa.

Kehadiran kucing lain yang berasal dari luar teritorialnya merupakan hal sangat dibenci oleh mereka. kucing akan merasa terganggu dengan kehadiran kucing baru di dalam teritori tersebut.

Jika kucing pendatang baru tersebut tidak dapat beradaptasi dengan lingkungannya maka kucing yang lain akan memusuhinya dan sering mengajaknya berkelahi.

14. Kucing Benci Anjing

Memang sudah sangat familiar jika kucing bermusuhan dengan anjing. Hal tersebut bukan mitos melainkan nyata. Kucing memang sebagian besar bermusuhan dengan anjing, hanya sedikit saja yang bisa saling bersahabat.

Kucing dan anjing memiliki pengertian berbeda dalam mengartikan gerak ekor. Seekor anjing menggerakan ekornya dilakukan untuk menujukan tanda persahabatan dan ingin bermain. Sedangkan seekor kucing menggerakan ekornya sebagai tanda bahwa mereka sedang marah dan menakuti musuh.

Seekor kucing yang melihat ekor anjing bergerak itu berarti kucing menganggap si anjing tersebut sedang marah dan mengintimidasi si kucing.

15. Kucing Benci Orang Asing

Sebagian besar kucing sangat benci dengan orang asing yang tidak pernah bergaul dengan mereka. Alasannya karena kucing merasa terganggu dan mengganggu kedamaian mereka. Kucing memang suka bergaul dengan manusia yang mereka anggap tuannya atau orang-orang yang mereka kenal.

Namun, disisi lain kucing juga tidak menyukai kehadiran orang asing karena dianggapnya sebagai gangguan. Hanya beberapa sebagian kecil dari kucing saja terbiasa dengan kehadiran orang asing dan bisa langsung beradaptasi.

16. Kucing Benci Bayi

Berdasarkan penelitian di Human-Animal Interaction Lab menyatakan bahwa, kehadiran seorang bayi dirumah ternyata bisa membuat kucing stress. Hal tersebut dikarenakan kucing merasa terdapat perbedaan kasih sayang terhadap dirinya, tentu hal tersebut sangat mereka benci. Kucing akan melampiaskan kekesalannya pada si bayi karena semua kasih sayang tertuju pada sang bayi.

17. Kucing Benci Perubahan

Hal yang dibenci kucing yang sering dialami kucing adalah perubahan lingkungan. Misalnya saja ketika pindah rumah, renovasi rumah atau di ajak menginap di suatu tempat. Perubahan lingkungan kucing akan membuat mereka harus beradaptasi kembali dengan lingkungan yang baru.

Jika kucing berada pada perubahan besar di lingkungan hidupnya, hal tersebut bahkan bisa membuat stress. Kucing akan membutuhkan waktu yang lama untuk bisa kembali beradaptasi dengan lingkungan baru.

About Nesya Damayanti

Dari kecil memang suka kucing. Sekarang nulis blog ini sebagai kegiatan rutin setelah lulus dari kuliah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *