6 Fase Hidup Kucing Dari Lahir Sampai Mati

Fase Hidup Kucing

Kucing dapat berumur panjang hingga 20 tahunan. Dalam hidupnya kucing mengalami pergantian fase hidup. Sekarang akan kita bahas garis besar fase hidup kucing.

Fase Hidup Kucing
Fase Hidup Kucing

Sebelumnya telah dibahas cara mengetahui umur kucing. Sekarang mari bahas bagaimana garis besar dari fase hidup kucing. Simak penjelasan berikut ini.

1. Fase kucing anakan (0 – 6 bulan)

Perkembangan kucing di usia ini sangatlah pesat, baik perkembangan fisik maupun karakternya. Kalau Anda ingin membiasakannya melakukan hal tertentu, seperti menggunakan litter box dan mandi, Anda bisa mulai melatihnya di fase ini.

Jika sejak fase anakan kucing sudah dekat dengan manusia, maka ia tidak akan takut pada manusia sampai ia dewasa.

2. Fase kucing muda (6 bulan – 2 tahun)

Perkembangan fisik dan karakter kucing sudah maksimal di fase ini. Selain itu, ia juga akan mencapai kematangan seksual yang ditunjukkan dengan kebutuhan kawin di waktu tertentu. Kalau Anda tidak ingin kucing Anda memiliki anak terlalu banyak, Anda bisa melakukan sterilisasi. Untuk itu, tentu harus dikonsultasikan pada dokter dulu ya.

Anda bisa sering mengajaknya bermain supaya ia akrab dengan lingkungan sekitarnya. Sebaiknya Anda tidak bermain dengan tangan ya, karena itu bisa melukai Anda. Anda bisa membelikannya mainan kucing yang dijual bebas di petshop. Perawatan lainnya yang perlu dilakukan adalah rutin memotong kuku kucing.

3. Fase terbaik kucing (3 – 6 tahun)

Ketika memasuki usia 3-6 tahun, kucing memasuki masa terbaiknya. Mereka telah mencapai perkembangan fisik, karakter, maupun seksual yang maksimal. Sebagai pemilik, Anda harus memastikan bahwa kucing telah mendapat semua vaksinasi yang ia butuhkan.

4. Fase kucing dewasa (7 – 10 tahun)

Begitu sudah memasuki usia 7-10 tahun, badan kucing akan terlihat lebih lebar dan gerakannya menjadi lebih lambat. Asupan makanan kucing pun harus Anda sesuaikan dengan aktivitasnya sehari-hari supaya kucing tidak mengalami obesitas.

5. Fase kucing senior (11 – 14 tahun)

Kucing di usia ini sudah sangat rentan terhadap berbagai masalah kesehatan sehingga cenderung pasif dan sering tidur. Untuk membuatnya tetap aktif, Anda bisa mengganti wadah makannya dengan wadah makanan puzzle.

6. Fase geriatrik (15 tahun ke atas)

Kucing yang berusia 15 tahun ke atas seperti manusia yang berusia 80 tahun atau lebih. Pergerakannya sudah jauh lebih lambat dan waktunya banyak digunakan untuk tidur.

Akan tetapi, jika Anda memberinya nutrisi dan stimulus yang baik, kucing masih bisa bergerak aktif. Karena sudah berusia cukup tua, maka kucing kinerja organ tubuhnya juga mengalami penurunan.

Ketika kucing sudah tua maka ia akan mati karena memang sudah takdirnya.

Ditinggalkan kucing kesayangan tentu saja menjadi hal yang sangat berat. Agar Anda tidak syok ketika ditinggal kucing kesayangan maka sebaiknya Anda tahu ciri-ciri kucing yang akan mati.

Beberapa ciri yang ditunjukkan kucing ketika ia akan mati adalah :

  1. Terjadi perubahan perilaku pada kucing
  2. Tidak telaten melakukan grooming dirinya sendiri
  3. Adanya perubahan kinerja pada organ tubuh
  4. Nafsu makan menurun drastis
  5. Tampak lesu dan badannya berbau
  6. Menjadi sering bersembunyi
  7. Sering menarik diri dan kehilangan minat
  8. Waktu tidur lebih lama
  9. Mengalami penurunan kemampuan kognitif
  10. Mengalami gangguan penglihatan

Jadi dapat disimpulkan bahwa kucing mengalami 6 fase dalam hidupnya. Setelah mengetahui fase hidup kucing mulai sekarang rawatlah si kucing dengan baik sampai ia tiada.

About Nesya Damayanti

Dari kecil memang suka kucing. Sekarang nulis blog ini sebagai kegiatan rutin setelah lulus dari kuliah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *