10 Fakta Kucing Kampung Bisa Buat Kamu Jatuh Cinta

Fakta Kucing Kampung

Kucing kampung yang merupakan kucing asli dari Indonesia selain jumlahnya banyak ternyata memiliki fakta menarik lo. Kucing yang satu ini bagi orang Indonesia memang terlihat biasa-biasa saja. Penyebabnya adalah sering menjumpai dan identik dengan hidup liar. Meskipun terkesan biasa-biasa saja ada banyak fakta kucing kampung yang mungkin belum kamu ketahui.

Fakta Kucing Kampung
Kucing Kampung | Image Source : https://pasberita.com

Hidup kucing kampung ada yang dipelihara ada juga yang hidup liar tanpa ada yang merawatnya. Sekarang sudah banyak komunitas streed feeding dan langkah pemerintah yang menangani populasi kucing kampung liar. Tidak hanya di Indonesia namun disetiap negara hampir memiliki kucing liar sendiri-sendiri. Di Indonesia kucing kampung ini dikategorikan dengan kucing ras jawa atau orang biasa menyebutnya dengan kucing jawa.

Fakta Kucing Kampung

Kucing kampung sering disebut dengan Indonesian Domestic Cat yang perlu menjadi kebanggaan kita semua. Berikut ini adalah fakta kucing kampung yang menarik untuk dibahas.

1. Sejarah Kucing Kampung

Sejarah dari kucing kampung ini dimulai ketika pasar perdangangn rempah di Indonesia dikenal oleh mancanegara. Indonesia termasuk negara penghasil rempah-rempah terbesar dunia sehingga banyak para pedagang dari mancanegara datang ke Indonesia.

Pada saat perdagangan rempah-rempah di Indonesia banyak pedagang membawa kucing sebagai pembasmi hama tikus di kapal. Ketika kucing itu tiba di Indonesia banyak kucing yang diturunkan di Indonesia dan mengalami perkawinan dengan kucing lokal maupun kucing lain dari para pedagang lainnya.

Sebenarnya asal usul kucing kampung ini adalah turunan kucing yang telah melakukan banyak persilangan dari berbagai jenis kucing. Diyakini kucing kampung ini adalah turunan dari kucing afrika liar yang dibawa oleh pemilik atau para pedang ke berbagai penjuru dunia.

Kucing afrika liar yang telah banyak mengalami banyak perkawinan silang ini menyebabkan terjadi mutasi gen. Keturunan dari kucing afrika liar yang mengalami mutasi gen ini menimbulkan jenis kucing baru salah satunya kucing kampung yang kita kenal saat ini.

Kucing kampung tidak termasuk sebagai kucing ras karena telah mengalami banyak persilangan ras. Sangat sulit mengidentifikasi gen asli dari kucing kampung yang telah mengalami banyak persilangan.

Mutasi gen yang terjadi pada keturunan afrika liar menyesuaikan dengan lingkungannya. Indonesia yang merupakan negara dengan iklim tropis, hal ini membuat kucing kampung memiliki bulu pendek karena menyesuaikan dengan iklim di Indonesia.

2. Kucing Kampung Orange Jadi Jagoan

Hal yang menarik dari kucing kampung adalah mempunyai jenis kucing bar-bar yaitu kucing orange. Tingkah laku kucing orange ini terkadang membuat kesal dan kadang membuat kita merasa gemas. Kebanyakan kucing orange ini bertingkah bar-bar dan ditakuti oleh kucing kampung lainnya.

Kucing oren
Kucing Kampung Orange | Image source : https://gerava.com

Kucing orange biasanya memiliki postur tubuh yang lebih besar sehingga terlihat bar-bar. Warna orange pada kucing kampung tidak selamanya memiliki sifat bar-bar terkadang ada yang penurut. Kucing orange ini adalah kucing kampung yang memiliki warna bulu red-tabby. Populasi kucing orange juga banyak sehingga sangat sering kita jumpai. Sebagian besar dari mereka memang memiliki sifat bar-bar.

Jika kucing orange dirawat secara benar dari kecil maka akan memiliki daya tarik tersendiri. Kucing orange terlihat gagah dan bagus sehingga saat ini banyak yang memeliharanya. Jika kamu tertarik memelihara kucing orange sangat mudah mendapatkannya karena jumlah populasinya yang banyak.

3. Jika Diberi Makanan Bagus dan Perawatan Baik Akan sangat tampan

Kucing kampung yang biasanya terlihat biasa-biasa saja bisa menjadi kucing yang menarik dan menawan lo. Fakta kucing kampung yang sangat menarik untuk kamu adalah ia bisa menjadi sangat bagus dan menawan ketika dirawat dengan benar. Tidak sedikit kucing kampung yang dirawat secara benar ini bisa sebagus kucing ras.

Di indonesia kucing kampung yang bagus ada yang diperjual belikan karena banyak yang menginginkannya. Sebenarnya semua kucing memiliki potensi tersendiri untuk menjadi primadona. Semua ini tergantung kepada sang pemilik apakah merawatnya dengan benar atau tidak.

Ada banyak jenis makanan kucing kampung yang bisa membuat ia terlihat bagus dan menawan. Kamu bisa memberinya daging, telur, ikan, tempe dan lainnya agar kucing kampung bisa bagus dan bulunya bisa halus menawan. Jika kamu sekarang kamu memelihara kucing kampung segera rawat ia dengan benar dan sayangilah mereka.

4. Bisa Menjadi Penurut Karena Ia Tidak Manja

Fakta lain yang menarik dari kucing kampung ini adalah bisa menjadi penurut karena tidak manja dan memiliki empati yang tinggi kepada pemiliknya. Fakta di lapangan kucing kampung sering dipandang sebelah mata dan tidak begitu diperhatikan perawatannya. Hal ini menyebabkan banyak yang tidak menyadari bahwa sebenarnya kucing kampung bisa menjadi penurut dan perhatian dengan kamu.

Kucing kampung yang telah menurut dan menyanyangi pemiliknya akan selalu setia dan jarang sekali berpaling ke orang lain. Ia akan setia berada di rumahmu dan dekat denganmu, bahkan ketika mendengar suara motormu padahal kamu belum sampai rumah ia bisa langsung menunggumu di depan pintu.

Usaha yang kamu lakukan untuk membuat kucing kampung setia dan penurut tidak sulit. Kamu tidak perlu berusaha ekstra seperti merawat kucing ras. Kucing kampung yang kamu pelihara hanya perlu diberikan perhatian yang cukup seperti mengajaknya bermain, rutin memberinya makan. Dengan melakukan hal itu kamu sudah dianggapnya sebagai tuan baginya yang harus ia patuhi.

5. Punya warna Langka Yaitu Belang Tiga (Kucing Telon)

Kucing belang tiga atau kucing kembang telon memang populasinya sedikit. Banyak fakta dan mitos kucing telon yang berkembang di masyarakat sehingga menjadikan kucing telon banyak dicari. Mitos yang berkembang di masyarakat adalah kucing telon juga menjadi simbol keberuntungan bagi sebagian orang jika memeliharanya.

Kucing belang tiga
Kucing Belang Tiga | Image Source : https://pixabay.com

Fakta kucing kampung yang memiliki tiga warna ini memang sangat menarik untuk dibahas. Salah satu mitos yang uni adalah kucing belang tiga jantan dimakan induknya. Setelah dilakukan penelitian ternyata hal semacam ini hanyalah faktor genetika.

Di luar negeri kucing belang tiga disebut dengan kucing calico. Tidak hanya di Indonesia melainkan di negara lain juga berkembang mitos tentang kucing ini seperti di negara jepang. Di negara jepang kucing calico dipanggil dengan mi-ke di Perancis dipanggil dengan sebutan d”Espagne. Kucing calico disana dianggap sebagai pembawa keberuntungan.

6. Suka Sekali Beranak Pinak

Populasi kucing kampung yang banyak membuat kucing ini mudah sekali kawin dan beranak. Jika kamu memelihara kucing kampung biasanya akan berbaur dengan kucing kampung lainnya, tentu hal ini berpeluang kucingmu kawin dan dengan kucing lokal lainnya.

Kucing kampung ketika jatuh masa kawin biasanya ia akan mencari pasangan untuk kawin. Tingkat kehamilan kucing kampung juga sangat tinggi ditambah lagi angka kelahiran kucing kampung sangat tinggi. Kucing kampung sekali melahirkan bisa mencapai 3 sampai 5 ekor anakan bahkan bisa lebih.

Steril adalah solusi untuk menanggulangi populasi kucing yang jumlahnya terus meningkat. Kebanyakan kucing kampung hidup liar tidak ada yang merawatnya sehingga ini menjadi perhatian bersama.

Selain untuk menanggulangi populasi kucing, steril juga bisa membuat kucing lebih menurut. Dengan melakukan steril kucing tidak akan berisik minta kawin. Selain dari pada itu dengan steril bisa membuat kesehatan bulu kucing terjaga karena biasanya kucing yang sedang minta kawin atau birahi sering mengalami rontok bulunya.

7. Tidak Dilatih Mandi Dari keci Kamu Akan Bisa Dicakarnya

Kucing kampung memiliki bulu yang tipis sehingga pada dasarnya ia tidak suka dengan air. Kucing kampung yang tidak pernah dimandikan biasanya prilakunya sedikit liar walaupun sudah dirawat. Melatih kucing mandi dari kecil akan membuat bulunya bagus dan halus serta lebih penurut.

Kucing kampung yang dari kecil tidak pernah dimandikan ketika dewasa ia akan takut dengan air. Kucing tidak akan suka dengan air sehingga sangat susah untuk dimandikan. Biasanya kucing akan memberontak dan mencakar siapapun yang memandikannya. Hal ini terjadi karena masalah kebiasaan dari kecil belum atau jarang dimandikan.

Jika kamu memelihara kucing kampung dari kecil latih ia mandi sejak dini sehingga ketika dewasa ia terbiasa mandi dan tidak mencakarmu. Memandikan kucing juga tidak boleh terlalu sering karena tidak bagus untuk kesehatannya. Kamu bisa memandikan kucing kampung ini 2 minggu sekali itu sudah cukup.

8. Suka Banget Tidur

Kucing adalah hewan yang suka sekali tidur termasuk kucing kampung. Alasan suka tidur adalah daging yang dikonsumsi kaya akan energi dan tidur akan membuat energi tersebut disimpannya. Kucing bisa tidur 13 sampai 16 jam perhari jika asupan makanannya tercukupi. Jika asupan makanan kurang ia akan berburu atau mencari makan.

Jika kamu melihat kucing sedang tidur itu bukan ia bermalas-malasan. Hal itu ia lakukan untuk menyimpan energi untuk digunakan berburu atau mencari makanan berikutnya. Kucing akan memastikan tenaganya cukup untuk melakukan perburuan makanan berikutnya.

9. Asli Dari Indonesia

Kucing kampung atau terkadang disebut kucing jawa ternyata salah hewan peliharaan yang ditemukan di Indonesia. Kucing kampung memiliki sifat liar dan bebas, meskipun begitu ia sangat ramah dan mudah dijinakan untuk dijadikan sahabat.

Kelebihan kucing kampung dibandingkan dengan kucing jenis lainnya adalah tidak manja, tidak pilih-pilih makanan, mandiri dan memiliki daya tahan tubuh yang kuat. Karena memiliki banyak kelebihan kucing kampung mudah untuk dirawat dan biaya perawatannya juga murah.

Dengan segala kelebihan yang dimiliki kucing kampung yang merupakan kucing asli dari Indonesia tentu hal ini patut dibanggakan. Selain untuk peliharaan kucing kampung juga bisa menjadi penjaga rumahmu dari tikus. Jadi dengan segala kelebihan yang dimiliki sekarang kamu pertimbangkan lagi untuk memelihara kucing kampung ini.

10. Bisa Diikutkan Kontes Kucing Lokal Dari CFA

Hal yang tidak disangka adalah kucing kampung bisa diikutkan kontes kucing. Dengan bisa mengikuti kontes tentu ini akan membuat kamu lebih semangat lagi dalam merawat kucing kampung yang kamu pelihara.

Sekarang ini kucing yang bisa mengikuti konten bukan hanya kucing ras seperti anggora, persia, siamese, ragdoll dan kucing ras lainnya. Kucing kampung sekarang juga bisa ikut kontes yang memperlombakan ketangkasan dan keapikan dari kucing kampung. Kontes yang sekarang ini memberikan ruang bagi kucing kampung karena ternyata kucing kampung memiliki fakta menarik dan potensi tersendiri.

Kesimpulan

Dengan penjelasan di atas sekarang kamu sudah tahu kan fakta kucing kampung yang menjadi ras kucing asli Indonesia ini. Mulai sekarang jangan anggap lagi remeh kucing kampung ya.

Jika kamu melihat kucing liar bisa kamu rawat atau jika tidak mau merawatnya jangan menyiksanya. Sayangilah kucing kampung yang ia berhak untuk hidup dan kelak kamu akan mendapatkan manfaat dan balasannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *