9 Fakta Kucing Hitam Bikin Kamu Tercengang

Fakta kucing hitam

Kalau bicara mengenai kucing hitam, maka tentu yang selalu identik adalah pembawa sial. Yap, kucing dengan sekujur tubuh berbulu hitam legam memang lebih sering dihindari lantaran kerap dikaitkan dengan hal-hal gaib yang berkonotasi negatif. Padahal ada banyak sekali fakta kucing hitam yang mungkin tidak diketahui dan ternyata merupakan sesuatu yang baik.

Fakta kucing hitam
Kucing Hitam

Tentunya jika kamu adalah seorang pecinta kucing alias cat lovers tulen, tidak ada yang namanya membeda-bedakan kucing. Mau kucing dari ras apapun, bulu panjang atau bulu pendek, berwarna calico atau full hitam, sudah seharusnya mencintai si kaki empat berbulu ini tanpa syarat.

Termasuk tidak terlalu peduli pada mitos buruk kucing hitam.
Hanya saja faktanya, dalam sebuah penelitian terungkap bahwa sekitar 26,1% responden mempertimbangkan warna ketika hendak memelihara kucing. Di mana warna-warna kucing yang cenderung diinginkan itu adalah putih polos, abu-abu, hitam cokelat atau hitam putih. Tak heran kalau di shelter-shelter luar negeri sana, kucing hitam selalu jarang laku.

Karena itulah supaya kesalahpahaman mengenai pandangan negatif soal kucing hitam ini mereda, ada baiknya kalau kamu mengetahui sederet fakta kucing hitam berikut ini. Dengan begitu kamu bisa memelihara anabul (anak bulu) hitam legam tanpa cemas dan berpikiran buruk.

1. Kucing Bombay Cuma Berwarna Hitam

Fakta kucing hitam pertama yang mungkin tidak banyak yang tahu adalah mengenai keberadaan ras kucing Bombay. Di mana ras kucing asal Amerika Serikat ini hanya hanya memiliki warna bulu hitam. Sekadar informasi, Bombay merupakan ras kucing domestik hasil persilangan dari American Shorthair dan kucing Burma.

Salah satu kucing hitam yang cukup dikenal di dunia adalah India. Kucing ras American Shorhair berjenis kelamin betina ini milik mantan Presiden Amerika Serikat George W Bush. India sudah meninggal pada tahun 2009 lalu dalam usia 19 tahun.

2. Ada 22 Kategori Warna Hitam

Organisasi pendaftaran kucing internasional alias CFA (Cat Fanciers’ Association) membuktikan bahwa ada 22 kategori warna hitam pada kucing-kucing dengan bulu kelam ini. Melalui penelitian itu dibedakan lagi menjadi tiga kelompok besar berdasarkan deskripsi warna yang masuk fakta kucing hitam, berikut penjelasannya:

a. Hitam Murni:

Kucing kelompok ini mempunyai sekujur bulu berwarna hitam seperti batubara mulai dari akar hingga ujung bulu. Lantaran hitam murni, tidak ada semburat warna merah. Bahkan warna hitam juga terlihat pada bagian hidung dan bantalan kaki

b. Sphynx:

Kucing mempunyai warna bulu hitam dengan tingkat gradasi tertentu mulai hidung sampai ujung ekor. Namun sama seperti kelompok Hitam Murni, bagian hidung dan bantalan kaki cenderung hitam atau coklat

c. Ragamuffin:

Varian ras Ragdoll ini sebetulnya tidak terlihat hitam sekujur tubuh. Hanya saja secara teknis, diizinkan masuk dalam daftar keturunan standar

3. Bulu Kucing Hitam Bisa Menguning

Fakta kucing hitam berikutnya yang tidak banyak orang tahu adalah warna bulu mereka bisa menguning alias ‘berkarat’. Jika kucing hitam doyan berjemur di bawah sinar matahari, bulu-bulu hitam bakal berubah warna jadi agak kuning kecoklatan seperti karat pada besi. Kenapa bisa begitu? Disebabkan oleh Eumelanin.

Eumelanin sendiri adalah pigmen penghasil warna hitam pada bulu kucing yang ternyata cukup lemah dan bisa memudar berkat sinar matahari. Bahkan warna hitam pada bulu itu bisa juga menjadi keabu-abuan atau putih, seiring makin bertambahnya usia kucing. Namun kalau warnanya jadi makin merah, bisa saja kucingmu kekurangan nutrisi atau memang membawa gen bulu warna merah.

4. Lebih Rentan Penyakit

Ada satu fakta kucing hitam yang mungkin cukup menarik yakni mereka diyakini lebih rentan terhadap penyakit serius. Hal ini diungkapkan oleh seorang ahli genetik kucing yakni Stephen O’Brien, bahwa kucing juga bisa mengidap berbagai penyakit serius selayaknya manusia, seperti dilansir Wired. Untuk bisa bertahan, kucing mempunyai keragaman genetik dan seleksi alam.

Bulu hitam pada kucing diduga merupakan mutasi genetik untuk melawan penyakit. Bahkan media Mental Floss menyebutkan kalau mutasi yang membuat warna bulu kucing jadi hitam, berkerabat genetik dengan gen yang memungkinkan manusia rentan penyakit serius seperti HIV.

Fakta ini diperkuat oleh National Geographic, di mana kucing hitam mengalami melanism. Karena melanism itulah, kucing memiliki sekujur bulu bewarna hitam dan mata berwarna kuning.

5. Kucing Hitam Bersifat Ramah

Berbeda dengan beragam mitos mengenai kucing hitam yang selalu identik dengan pertanda buruk atau kesialan, sehingga terkesan mengerikan, sifat kucing hitam justru jauh dari itu. Yap, salah satu fakta kucing hitam yang sangat menarik adalah pada sifat mereka yang sebetulnya paling ramah dibandingkan warna-warna kucing lainnya.

Fakta ini didukung oleh penelitian yang dilakukan Universitas California Davis yang melibatkan 1.274 pemilik kucing. Dalam riset terkait kepribadian dan tingkat emosi hewan peliharan tersebut, terbukti jika kucing hitam justru paling ramah. Di mana kucing hitam mempunyai sifat yang tenang, misterius dan penyayang baik kepada pemilik dan sesama kucing.

6. Tidak Hitam Sepenuhnya

Apakah menurutmu kucing yang berwarna hitam itu benar-benar hitam sekujur tubuhnya? Sebetulnya itu tidak sepenuhnya tepat. Dalam berbagai penelitian mengenai kucing terungkap bahwa warna bulu kucing hitam selalu mempunyai ciri khas genetik tertentu. Di mana ada tiga varian gen bulu hitam yakni hitam pekat, cokelat dan kayu manis.

Tiga varian gen bulu itu senada dengan polanya. Sehingga ketika kamu memiliki kucing dengan warna bulu hitam pekat, cobalah bawa mereka ke bawah sinar matahari. Maka kamu akan melihat garis-garis warna yang sebelumnya tidak terlihat karena pigmen melanin dalam bulunya terurai. Sebuah fakta kucing hitam yang menarik, bukan?

7. Jimat Para Pelaut

Orang-orang Inggris terutama mereka yang berprofesi sebagai pelaut kerap kali membawa kucing hitam ke dalam kapal untuk pelayaran. Apakah untuk mengusir tikus di dalam gudang kapal? Tidak. Semua ini rupanya berkaitan dengan mitos bahwa kucing hitam justru akan membawa keberuntungan dan bisa memastikan para pelaut pulang selamat ke daratan.

Namun dalam perkembangannya, mitos itu justru diyakini sebagai fakta. Bahkan dalam sejarah maritim Inggris, ada seekor kucing hitam yang sangat terkenal bernama Tiddles. Di mana Tiddles tercatat sudah melakukan perjalanan mengarungi samudera sejauh lebih dari 30.000 mil, bersama Angkatan Laut Kerajaan Inggris.

8. Yunani Kuno Pencetus Mitos Seram

Kamu tentu bertanya-tanya, dari mana sih awalnya mitos-mitos buruk dan mengerikan mengenai kucing hitam? Jawabannya adalah dari legenda Yunani Kuno. Disebutkan saat itu Hera ingin mencegah kelahiran Hercules yang merupakan putra dari Zeus dan Alcane. Namun rencana jahat Hera itu diketahui oleh pelayan Alcane yang ingin menggagalkannya.

Hera pun murka dan mengutuk pelayan itu menjadi kucing hitam lalu dikirim untuk jadi budak Hades, sang dewa kematian. Sejak saat itulah, kucing hitam selalu identik dengan kematian dan sihir yang membuat banyak sekali mitos-mitos buruk bertebaran di seluruh dunia. Mitos ini diperkuat dengan kebiasaan para penyihir di Abad Pertengahan yang memelihara kucing hitam.

Saat itu, para penyihir-penyihir di Eropa yang dikucilkan oleh masyarakat selalu memilih memelihara kucing jalanan yang berwarna hitam. Hal ini semakin memperkuat kesan negatif soal kucing hitam hingga saat ini dan membuat banyak orang enggan memeliharanya. Namun dengan kamu mengetahui fakta kucing hitam, tentu bisa berpikir lebih logis.

9. Kucing Hitam Ada di Kasta Tertinggi

Fakta kucing hitam terakhir yang cukup menarik adalah mereka berada dalam kasta tertinggi dalam peradaban Mesir Kuno di era tahun 3000 SM. Hal ini diungkapkan oleh penelitian dari The Animal Foundation, karena menurut masyarakat Mesir Kuno, kucing hitam adalah perlambang dari Bast, salah satu dewi yang paling dipuja.

Bast yang merupakan dewi perlindungan ini adalah putri dari Ra, sang dewa matahari. Bast digambarkan sebagai seoang perempuan dengan kepala kucing hitam. Seperti halnya kucing, dewi yang disebut sebagai Putri dari Timur ini mempunyai dua sisi kepribadian yakni jinak dan agresif.

Bagaimana? Sudah cukup tercerahkan dengan berbagai fakta kucing hitam? Tentunya dengan ulasan di atas, jangan sampai ada lagi keengganan memelihara si hitam hanya karena mereka dianggap pembawa sial. Justru kucing hitam tidak malu memperlihatkan kesan manja yang membuat mereka makin lucu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *