Update! Daftar Harga Kucing Scottish Fold Terbaru 2020

Harga kucing Scottish Fold Terbaru

Tidak hanya Amerika Serikat, benua Eropa juga memiliki kucing-kucing domestik yang sangat menggemaskan. Salah satunya yang ternyata cukup populer di Tanah Air adalah Scottish Fold. Bahkan sekalipun harga kucing Scottish Fold lumayan mahal, tampaknya tidak masalah bagi mereka yang sangat terpikat dengan kucing yang identik memiliki sepasang telinga dengan ujung terlipat itu.

Harga kucing Scottish Fold Terbaru
Kucing Scottish Fold

Namun jika dibandingkan dengan ras Persia, nama Scottish Fold mungkin masih kurang populer di Tanah Air. Padahal dalam daftar ras kucing terpopuler di tahun 2019 yang dirilis CFA (Cat Fanciers’ Association), Scottish Fold masuk di peringkat ke sepuluh. Dengan raihan ini, Scottish Fold masuk dalam daftar favorit bersama dengan Ragdoll, Exotic, British Shorthair (BSH), Persia dan Maine Coon.

Kendati sama-sama memiliki telinga terlipat seperti ras American Curl, arah lipatan telinga Scottish Fold berbeda. Seperti apa? Yuk simak pembahasan lengkapnya berikut ini sebelum akhirnya kamu memutuskan untuk membeli atau mengadopsi Scottish Fold di rumah.

Asal-Usul Kucing Scottish Fold

Sebelum membahas kisaran harga kucing Scottish Fold di Indonesia, ada baiknya kamu mencari tahu terlebih dulu mengenai kucing berwajah bulat asal Skotlandia ini. Menurut berbagai sumber, kucing Scottish Fold yang pertama adalah Susie. Kucing betina itu ditemukan di sebuah peternakan dekat Coupar Angus, Perthshire, Skotlandia pada tahun 1961 silam.

Ketika ditemukan, Susie memiliki sepasang telinga dengan bagian tengahnya terlipat. Susie diketahui tengah hamil dan kemudian dia melahirkan anak-anak kucing yang dua di antaranya juga memiliki telinga terlipat seperti sang induk. Salah satu kitten kemudian diadopsi oleh William dan Mary Ross, sepasang suami istri petani yang juga sangat mencintai kucing.

Karena memiliki telinga yang berbeda dengan kucing-kucing domestik di Skotlandia, Ross pun mendaftarkan ras kucing tersebut ke GCCF (Governing Council of the Ca Fancy) pada tahun 1966. Sejak itulah program pengembangan Scottish Fold dimulai dengan bantuan ahli genetik bernama Pat Turner. Tiga tahun kemudian, program itu berhasil menghasilkan 76 ekor anak kucing Scottish Fold.

Dari ke-76 ekor anak kucing tersebut, 42 ekor di antaranya memiliki telinga terlipat sementara 34 sisanya, bertelinga meruncing. Sehingga dari penelitian itu disimpulkan bahwa gen telinga lipat cukup dominan. Susie juga ikut dalam penelitian itu dan melahirkan seekor kucing bertelinga lipat bernama Snooks yang langsung dikebiri.

Sayang ketika Snooks berusia tiga bulan, Susie meninggal dunia karena tertabrak mobil sehingga ditetapkan sebagai nenek moyang ras Scottish Fold. Hanya saja dua tahun setelah penelitian itu tepatnya pada 1971, GCCF malah menghapus ras Scottish Fold karena gen yang belum stabil. Usaha tidak berhenti di situ, Scottish Fold pun diboyong ke Amerika Serikat untuk melakukan penelitian lanjutan.

Artikel Terkait : 8 Cara Merawat Kucing Scottish Fold Yang Dianjurkan

Di benua Amerika, Scottish Fold pun dikawinkan silang dengan kucing ras domestik BSH dan American Shorthair (ASH). Hasilnya Scottish Fold berhasil memiliki gen yang stabil. Jika awalnya banyak yang cemas Scottish Fold mengalami infeksi tungau hingga tuli, dalam perjalanannya itu tak terbukti. Meskipun memang, Scottish Fold memiliki penumpukan lilin di telinga lebih banyak daripada ras kucing lain.

Mengenal Lebih Jauh Kucing Scottish Fold

Sebetulnya bukan alasan kenapa harga kucing Scottish Fold asli cukup mahal seiring dengan popularitas yang diraihnya. Karena memang tak bisa dipungkiri kalau kucing bertelinga unik ini memiliki sifat yang penuh kasih sayang. Bahkan beberapa selebritis dunia begitu terpikat dengan Scottish Fold karena telinga melipatnya. Supaya makin jatuh hati, berikut ini adalah karakteristik dari Scottish Fold :

1. Bentuk Telinga

Seluruh kucing Scottish Fold terlahir dengan telinga normal. Namun kitten dengan gen Fold akan mulai memperlihatkan telinga yang terlipat saat berusia sekitar 21 hari. Pada dasarnya kucing Scottish Fold hanya memiliki satu lipatan pada telinganya. Namun lewat proses pembiakan sangat ketat, breeder berhasil menghasilkan dua atau lipatan tambahan di telinga.

Hal ini yang membuat makin banyak kucing Scottish Fold memiliki telinga yang benar-benar rata dengan kepalanya. Sekadar informasi, telinga terlipat pada Scottish Fold berasal dari mutasi gen-dominan alami yang berdampak ke tulang rawan di seluruh tubuh kucing. Sehingga membuat tulang telinga Scottish Fold terlipat alami ke arah depan dan jatuh ke bagian kepala.

2. Bentuk Tubuh dan Wajah

Sama seperti BSH dan ASH, Scottish Fold termasuk kucing dengan ukuran tubuh sedang. Pejantan dewasa Scottish Fold bisa mencapai bobot 4-6 kg sementara untuk betina dewasa, sekitar 3-4 kg. Seluruh struktur tubuh Scottish Fold terutama di bagian kepala dan wajah adalah bulat, dengan sepasang mata yang bulat serta besar.

Bentuk hidung Scottish Fold ternyata cukup pendek dengan lekukan lembut. Scottish Fold sangat identik dengan kucing yang empuk untuk dipegang atau dipeluk. Terutama karena bentuk tubuh yang membulat, kaki dan leher yang pendek.

3. Tekstur Bulu

Ukuran bulu Scottish Fold cukup beragam yakni bisa berbulu pendek atau panjang. Mereka juga memiliki warna kombinasi umum (termasuk putih). Scottish Fold berbulu pendek biasanya memiliki bulu yang lebih lembut meskipun tebal. Sementara Scottish Fold berbulu panjang, memiliki bulu yang lebih panjang terutama di bagian paha, jari-jari kaki, telinga dan ujung ekor.

Untuk warna bulu, ras Scottish Fold biasanya memiliki warna hitam, putih, cokelat, krem hingga abu-abu biru. Dengan bulu pada tubuh bermotif tabby, calico, bicolor, smoke, shaded, solid sampai spot.

4. Sifat dan Kepribadian

Sifat Scottish Fold (baik telinga terlipat atau tidak) yang paling membuat banyak orang terpikat adalah sangat baik hati dan tenang. Mereka bahkan bisa beradaptasi dengan baik terhadap manusia atau hewan lain. Scottish Fold sangat terikat dan menyayangi pemiliknya. Kucing bersuara lembut ini sangat suka bermain di luar ruangan dan begitu aktif.

Baca Juga : Update! Daftar Harga Kucing Ragdoll Terbaru

Sehingga bisa disimpulkan kalau Scottish Fold tidak suka ditinggal sendiri yang bisa membuat mereka tertekan. Mereka termasuk hewan yang ceria, cukup keras kepala, pintar dan sangat hobi grooming. Kebiasaan unik Scottish Fold adalah suka tidur terlentang serta duduk dengan kaki-kaki yang meregang dan bantalan kaki di bagian perut menyerupai posisi Buddha.

5. Masalah Kesehatan

Lepas dari harga kucing Scottish Fold yang cukup lumayan bagi mayoritas cat lovers di Indonesia, kucing lucu satu ini juga rentan pada beberapa penyakit. Yang pertama adalah penyakit ginjal polikistik (PKD), masalah otot jantung atau penyakit kardiomiopati serta masalah-masalah sendi terutama di bagian ekor, pergelangan kaki hingga lutut.

Berapa Sih Harga Kucing Scottish Fold?

Setelah mengetahui asal muasal hingga kepribadian dan sifatnya, maka sudah tepat waktunya untuk mengetahui harga kucing Scottish Fold. Dalam informasi yang tertera di Cat Breeds List, seekor Scottish Fold berkualitas bisa dijual di kisaran harga US$1.000-2.000 (sekitar Rp14 juta – Rp28 juta). Cukup mahal? Memang. Apalagi jika mengingat pengembangbiakannya yang tidak dalam waktu singkat.

Tentunya harga itu bisa di atas atau di bawah kisaran karena disebabkan banyak faktor. Misalkan saja, kualitas breeder, kelengkapan vaksin hingga kejelasan garis keturunan. Semakin lengkap informasi yang kamu minta, sudah pasti harga kucing Scottish Fold bakal bertambah. Untuk kisaran harga di Indonesia, berikut ini daftar harga yang bisa dipertimbangkan:

NOKUCINGUSIAHARGA
1Scottish Fold dijual di Kaskus3 bulanRp2,5 juta
2Scottish Fold mix ras Exotic5 bulanRp2,5 juta
3Scottish Fold asli2,5 bulanRp6 juta
4Scottish Fold kitten1-2 bulanRp6,5 juta
5Scottish Fold kitten asli peranakan Indonesia2 bulanRp7,5 juta
6Scottish Fold jantan non-ped 20153 bulanRp8 juta
7Scottish Fold dewasa ped CFA6 bulanRp13 juta
8Scottish Fold kitten jantan bulu pendek ped CFA3 bulan Rp16,5 juta
9Scottish Fold kitten betina bulu pendek ped CFA3 bulanRp16,5 juta
10Scottish Fold asli Ukraina15 bulanRp25 juta

Dari informasi harga kucing Scottish Fold di atas, memang ada yang sesuai dengan kisaran umum harga Scottish Fold secara global. Hanya saja sekali lagi, sekalipun memiliki harga mahal dan diklaim memiliki pedigree dari komunitas kucing internasional, kamu harus tetap waspada. Dengan waspada di awal, kamu tak akan kecewa dan memperoleh Scottish Fold idaman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *