Ciri Ciri Kucing Persia Asli Yang Harus Kamu Tahu

Ciri ciri kucing perisa asli warna putih

Kucing persia adalah salah satu ras kucing domestik berbulu panjang yang memiliki karakter wajah bulat dan mocong pendek. Nama persia diambil dari daerah asal kucing tersebut yaitu Persia yang sekarang ini mengacu pada negara Iran. Jenis kucing persia telah menjadi primadona bagi para cat lover sehingga bisa menjadi pertimbangan kamu yang mau memeliharanya. Sebelum membeli kucing lucu yang satu ini sebaiknya simak dulu ciri-ciri kucing persia asli yang akan dibahas pada kesempatan kali ini.

Ciri Fisik Kucing Persia Asli

Ciri ciri kucing perisa asli warna putih
Kucing Persia Asli

Peminat kucing persia sangat banyak dan semakin meningkat sehingga membuat sebagian orang yang tidak bertanggung jawab melakukan kucurangan dalam jual beli kucing persia. Perlu diperhatikan beberapa hal sebelum membeli kucing persia agar tidak salah dan tertipu dengan kucing persia palsu. Ketika kamu asal beli kucing persia tanpa mengetahui secara detail karakter dan cirinya bisa jadi kamu dapat kucing persia palsu bukan yang asli. Berikut ini adalah beberapa ciri kucing persia asli yang harus kamu perhatikan sebelum membelinya.

1. Bulu Kucing Persia

Bulu Kucing persia identik dengan kata panjang, tebal dan mengkilap. Panjang bulu-bulunya berkisar sekitar 5 – 10 cm menjadi mantel menutupi seluruh tubuhnya. Bulu kucing persia ini lembut sekali ketika disentuh sehingga bulu ini menjadi identiknya. Bulu pada kucing persia sangat menawan dan elegan membuatnya terlihat sangat lucu dan menggemaskan.

2. Warna Kucing Persia

Warna bulu kucing persia semakin ke sini mengalami variasi karena banyak percobaan persialiangan yang terjaadi. Sampai saat ini sudah terdapat 8 jenis warna kucing persia yaiut solid color, silver color and golds, shaded and smoke, particolor, bicolor, tabbies dan himalayan.

3. Kepala Kucing Persia

Tanda khas yang mudah diingat dari kepala kucing persia adalah berukuran besar dengan karakter wajah yang bulat. Diameter kepala kucing persia lebih besar dibandingkan dengan ras kucing lainnya. Untuk tulang rahang kucing persia ini sangat kokoh. Sedangkan untuk tulang pipinya sedikit menonjol. Dahi , hidung dan dagu kucing persia tegak lurus kemudian lehernya tebal dan pendek.

4. Wajah Kucing Persia

Karakteristik wajah kucing persia adalah bulat dengan mata yang lebar berekpresi manis. Untuk pipi kucing ini terlihat bulat dan berisi atau bisa diistilahkan dengan kata yang lebih keren yaitu tembem. Selanjutnya bentuk hidung kucing persia adalah pesek diantara bagian kepala yang membuatnya terlihat sangat unik.

5 Mata Kucing Persia

Seperti penjelasan sebelumnya bentuk mata dari kucing persia ini bulat dan lebar. sedangkan warna mata biasanya menyesuaikan dengan warna bulunya. Pada kucing persia jenis colourprint warna kedua bola matanya biru. Untuk jenis chincilia, perak dan emas biasanya bola matanya berwarna hijau. Kemudian untuk jenis kucing persia warna putih biasanya kedua warna bola matanya beda warna.

6. Hidung Kucing Perisa

Hidung kucing persia terkenal dengan pesek dengan ukuran kecil dan lebar serta selalu mendonkak ke atas. Pada bagian pangkal hidung tampak seperti ada garis belahan.

7. Telinga Kucing Persia

Bentuk telinga kucing persia tegak lurus dan tidak terlalu tinggi. Pada bagian ujung telinganya tumpul dan miring ke depan. Ukuran telinga kucing persia lumayan kecil dan tipis serta berbentuk agak bulat cenderung maju ke depan.

8. Tubuh Kucing Persia

Kucing persia memiliki pawakan tubuh yang kekar dan dipenuhi dengan bulu yang panjang. Bentuk tubuh kucing persia ini gemuk dan bulat sehingga nampak seperti boneka yang menggemaskan. Bagian dada dan pundaknya lebar, sedangkan untuk perut bagian belakang lebih rendah dari bagian depan. Dengan bentuk gemuk dan bulat ini kucing ini sering disebut dengan type coby.

9. Kaki Kucing Persia

Ukuran kaki kucing persia terlihat pendek dan kokoh menopang tubuhnya. Meskipun terlihat kecil namun telapak kakinya terlihat besar dan datar dengan otot kuat membuat pijakannya mantab. Posisi kaki kucing persia lurus pada bagian depan maupun belakang. Ketika berjalan kucing persia nampak terlihat bermalas-malasan. Hal ini tentu hal ini berbeda dengan kucing anggora yang terlihat gesit.

10. Cakar Kucing Persia

Ukuran cakar kucing persia cukup besar dan bentuknya agak bulat terlihat kokoh. Terdapat lima jari kucing persia pada bagian depan dan empat jari pada bagian belakang.

11. Ekor Kucing Persia

Bentuk ekor kucing persia ini lurus dan berbulu tebal. Panjang ekornya kira-kira setengah dari tubuhnya atau mengikuti proposi ukuran tubuhnya. Dalam hal ini terdapat kemungkinan kamu menjumpai ukuran yang pendek pada anakan kucing persia.

Ciri Sifat Kucing Persia

Sifat kucing persia
Kucing Persia Lucu

Jika sebelumnya dijelaskan ciri fisik kucing persia asli maka sekarang akan dibahas sifat kucing persia. Berikut ini bebarapa sifat kucing persia yang kamu pahami :

1. Tenang dan Pendiam

Sifat alamiah kucing persia adalah tenang dan pendiam sehingga mudah dikontrol dan dikandangkan. Kucing persia mudah beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya dan cenderung tidak rewel. Kucing persia sangat responsif dan ia mudah beradaptasi dengan pemilik baru. Sifat kucing ini sangat manja sehingga sangat cocok dijadikan peliharaan di dalam rumah (in door). Karena sifatnya yang manja ini menjadikan kucing persia sumber kebahagian bagi pemiliknya.

Disamping itu ikantan yang terjadi antara kucing persia dengan majikannya cenderung sangat kuat. Tidak hanya ramah kepada pemiliknya saja melainkan ia juga ramah kepada orang asing. Kalau sudah manja-manjaan ulahnya sangat menggemaskan dan menarik perhatian. Tingkahnya macam-macam, ia suka ngambek dan kalau sudah ngambek tak jarang ia mengeluarkan omelan ngeongnya.

Kucing persia memiliki kepribadian ramah dan hangat kepada siapa saja bahkan orang asing. Ia juga dapat melakukan hal-hal yang dapat menyenangkan anak-anak. Tipe kucing ini suka bermain jika ia diberi mainan. Tingkah lucu lain dari kucing ini ia sesekali akan melompat dan berlarian tanpa sebab dalam rumah tidak jelas maksud dan tujuannya. Sebagai kucing in door kucing ini akan sangat senang jika diajak bermain dan bermanja-manjaan dalam rumah.

2. Suaranya Lembut

Salah satu ciri khas dari kucing persia adalah suaranya yang lembut bahkan nyaris tak terdengar. Sebagian orang beranggapan bahwa kucing persia adalah kucing tanpa suara. Bahasa yang disampaikan oleh kucing persia diwujudkan dengan prilaku bukan dengan suara. Biasanya kucing persia mengeluarkan suara ketika ia sedang ngambek.

Selain suaranya yang lembut ekpresi wajah yang ditujukan kucing persia sagat imut dan manis, patuh, tenang dan tidak sangar. Kucing persia sama sekali tidak menunukan perangai permusuhan dengan siapa saja.

3. Suka Kebersihan

Kucing pesia adalah jenis kucing yang pemilih dan suka kebersihan kemudian ia lebih menyukai tempat yang bersih dan nyaman. Jika ia merasa tempatnya kotor ia cenderung akan mencari tempat yang dirasa lebih bersih dan bebas dari jelajahan kucing lain. Kucing persia tidak akan berak di sembarangan tempat. Ia tidak mau buang kotoran yang bukan tempat, selainnya itu ia juga tidak mau membuang kotoran ditempat kotor.

Tidak hanya sampai disitu saja, kucing persia akan mengendus-endus dan menyakinkan bahwa ialah yang hanya membuang kotoran di tempat itu. Jika kamu memelihara kucing persia usahakan tempat pembuangan kotoran selalu bersih dan rajin mengganti pasirnya.

Sebagai kucing yang bersih, kamu sebagai pemilik yang bijak harus membiarkan ia berjemur di bawah sinar matahari. Membiarkan kucing persia berjemur akan membuat lebih sehat. Jika memungkinkan buatlah tempat kosong yang terpapas sinar matahari pagi untuk kucing ini berjemur dan bermain.

Dalam segi makan kucing persia cenderung pemilih terhadap makanan diberikan kepadanya. Jika tidak suka terhadap makanannya ia cenderung menolaknya.

4. Berusia Panjang

Umur kucing persia bisa sangat panjang bahkan diketahui dapat hidup selama 20 tahun. Jika kamu memelihara kucing persia maka dibutuhkan komitmen jangka panjang. Bisa dikatakan membangun persahabatan dengan kucing persia lebih lama daripada membangun persahabatan dengan teman sendiri.

Kucing persia sangat ideal sebagai hewan peliharaan bagi para cat lover meskipun biaya pemeliharaannya sedikit lebih mahal. Keturunan ras kucing persia dianggap lebih eksklusif jika dibandingkan dengan ras kucing lain.

Pada intinya kucing persia merupakan kucing yang sangat populer di seluruh dunia. Jenis kucing perisa disukai karena bersih, ramah, memiliki bulu panjang, indah dan lembut bagaikan sutera. Kucing persia memiliki wajah bulat dan moncong pendek yang semunya itu adalah ciri-ciri dari kucing persia asli.

About Nesya Damayanti

Dari kecil memang suka kucing. Sekarang nulis blog ini sebagai kegiatan rutin setelah lulus dari kuliah.

One thought on “Ciri Ciri Kucing Persia Asli Yang Harus Kamu Tahu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *