13 Cara Merawat Kucing Untuk Pemula Dengan Mudah

Cara merawat kucing bagi pemula

Cara merawat kucing untuk pemula sangat menarik untuk diketahui dan diperbincangkan. Pasalnya, banyak pemula yang baru memutuskan untuk memelihara kucing sebagai peliharaannya. Alasannya tentu beragam. Mulai dari tingkah laku kucing yang lucu dan menggemaskan hingga bentuknya yang cantik dengan bulu lembut. Namun sebagai pemula, merasa khawatir tentu sangat wajar terjadi.

Cara merawat kucing bagi pemula
Kucing

Kucing merupakan salah satu hewan yang cukup diminati sebagai peliharaan. Hampir semua orang menyukai kucing. Bahkan tidak sedikit orang memelihara kucing untuk diikutsertakan dalam pameran. Selain itu, beberapa jenis kucing juga bisa dilatih untuk atraksi yang menghibur. Sifat jinak yang dimilikinya juga menjadikan kucing sangat aman sebagai teman bermain anak-anak.

Umumnya, cara merawat kucing untuk pemula tidaklah sulit selama Anda mampu meluangkan waktu, energi, dan biaya. Apalagi saat memelihara kucing, Anda bisa berinteraksi dengan tingkahnya yang menggemaskan. Tak heran, banyak pemilik kucing justru ketagihan memeliharanya.

Bahkan banyak pemula juga jatuh cinta dan ingin memeliharanya sendiri. Informasi lebih lengkap terkait cara merawat kucing berikut.

Meskipun tergolong pemula, Anda tetap bisa melakukan perawatan kucing seperti para ahlinya. Berikut tips praktis dalam cara merawat kucing untuk pemula. Anda diharapkan menjadi lebih percaya diri merawat kucing dengan tips di bawah ini.

1. Pemberian makanan yang tepat

Pemberian makanan pada kucing anak dan kucing dewasa akan sangat berbeda. Pada kucing anak diperlukan porsi gizi sekitar dua kali lebih besar daripada kucing dewasa.

Porsi gizi tidak sama dengan jumlah makanan secara kuantitas. Namun, porsi gizi berkaitan dengan komposisi kandungan dalam makanan. Sehingga Anda harus memberikan makanan tepat sesuai kebutuhannya.

Sebagai pemula, ada baiknya Anda membeli makanan kemasan untuk kucing peliharaan. Hal ini akan jauh lebih praktis dan mudah dibandingkan meracik sendiri makanannya. Namun, Anda harus memperhatikan kesesuaian saat hendak membeli makanan tersebut.

Hindari kesalahan membeli makanan anjing untuk kucing. Jangan salah juga membeli makanan kucing dewasa untuk kucing anak.

2. Ajari kucing buang kotoran


Perlu diketahui bahwa Kucing juga perlu diajarkan membuang kotoran di tempat yang tepat. Jangan biarkan kucing buang kotoran sembarangan jika tidak ingin kamu kerepotan.

Kamu bisa meberikan litter box sebagai wadah untuk buang kotoran. Buatlah mereka terbiasa membuat kotorannya di tempat tersebut, khususnya setelah selesai makan.

Jika dilakukan secara teratur, kucing akan mengerti dan hafal tempat membuang kotoran dengan benar.

3. Memberikan waktu beradaptasi

Kebanyakan cara merawat kucing untuk pemula yang terlupa adalah memberikan waktu bagi kucing untuk melakukan adaptasi. Terlebih jika kucing peliharaan yang dipilih merupakan kucing anak. Padahal, kucing anak membutuhkan waktu minimal dua kali lebih banyak daripada kucing dewasa untuk beradaptasi. Waktu beradaptasi menjadi waktu penting bagi kucing untuk mengenal lingkungan baru dan Anda. Begitu juga sebaliknya.

4. Membiasakan makanan rumahan

Cara merawat kucing untuk pemula tidak bisa terlepas dari rutinitas memberikan makanan. Pemberian makanan kemasan secara terus menerus juga kurang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan kucing. Sehingga Anda perlu membiasakan kucing untuk memakan makanan rumahan. Namun, ini baru bisa dilakukan setelah kucing berusia 8-10 bulan. Mulailah memberikan nasi dan susu.

5. Belajar memandikan

Memandikan menjadi salah satu aktivitas cara merawat kucing untuk pemula yang utama. Tujuannya, menghilangkan kuman dan bakteri dari tubuh kucing. Anda hanya perlu memandikannya saat kucing mulai bau atau terlihat kotoran menempel di bulu yang hanya bisa dibersihkan dengan mandi. Anda bisa menggunakan air dingin agar bulu tidak rusak dan kulit tidak iritasi.

6. Menyikat bulu secara teratur

Jika memandikan bisa dilakukan sesekali maka menyikat perlu dilakukan secara teratur. Menyikat bulu berfungsi menghilangkan rambut mati, kotoran, dan kuman yang menempel. Selain itu, menyikat dapat meningkatkan kedekatan Anda dengan kucing. Bahkan Anda bisa lebih mengenal karakter kucing sebelum rutin memandikannya. Anda bisa menggunakan sikat khusus agar kucing merasa nyaman.

7. Sering berinteraksi

Kedekatan Anda dan kucing peliharaan perlu secepat mungkin dibangun dengan sering berinteraksi. Kedekatan ini akan menimbulkan sifat jinak kucing. Sehingga kucing mampu menuruti segala perintah Anda di hari-hari berikutnya. Interaksi bisa dilakukan dengan kebiasaan bermain atau jalan-jalan keluar. Anda bisa menggunakan mainan yang aman dan pergi dengan pengikat khusus kucing.

8. Menerapkan kebiasaan hidup

Bagian tersulit dari cara merawat kucing untuk pemula yakni menerapkan kebiasaan hidup. Anda bisa mencoba mengajarkan kebiasaan ini. Mulai dari membuang kotoran pada tempatnya, makan hingga tidur. Caranya, amati waktu-waktu si kucing melakukan kebiasaan tersebut. Kemudian pada waktu-waktu tersebut arahkan kucing ke tempatnya. Misalnya, di waktu tidur masukkan kucing dalam kandangnya.

9. Konsisten pada aturan dengan tegas

Anda perlu bersikap konsisten terhadap cara merawat kucing untuk pemula dengan tegas. Terlebih setelah mengajarkan kucing untuk menerapkan kebiasaan hidup sesuai tempatnya. Bersikap tegas juga harus dilakukan terhadap perilaku buruk kucing. Ketika kucing menunjukkan perilaku buruk, Anda juga bisa menerapkan hukuman. Namun, perhatikan untuk tetap mengutamakan hal baik dan buruk.

Tip Merawat kucing
Kucing Makan

10. Mempersiapkan segala perlengkapan kucing

Hal penting yang harus Anda lakukan dalam memelihara kucing sebagai pemula yakni mempersiapkan segala perlengkapan memelihara kucing.

Perlengkapan ini tentu harus bisa menunjang kehidupan kucing selama dipelihara oleh Anda. Mulai dari kandang, tempat membuang kotoran, tempat minum dan makan, mainan hingga pet cargo. Semua perlengkapan tersebut perlu disiapkan sebelum kedatangan kucing peliharaan.

11. Menjalankan vaksinasi

Vaksinasi wajib dilakukan pada kucing peliharaan Anda, khususnya sebelum kucing dibawa pulang untuk dipelihara. Vaksinasi berguna menghindarkan kucing dari virus dan penyakit. Sehingga kucing lebih kebal terhadap penyakit dan tidak membawa penyakit berbahaya.

Anda bisa menanyakan vaksin yang sudah diberikan pada kucing sebelum memeliharanya.

12. Memilih kucing dengan karakter lebih adaptif

Memilih kucing yang tepat memang sangat penting bagi pemula. Pada bagian sebelumnya, Anda telah mengetahui langkah dan tips menentukan kucing peiharaan. Sebaiknya, pilih kucing dengan karakter lebih adaptif. Hal ini mampu mempermudah kegiatan merawat serta memeliharanya. Selain itu, keahlian merawat Anda yang belum mumpuni tidak terlalu berpengaruh besar terhadap kucing.

13. Melakukan konsultasi ke dokter hewan atau para ahli

Tips ini penting sekali untuk pemula seperti Anda. Konsultasikan ke dokter hewan atau ahlinya terkait perawatan terhadap kucing. Anda akan diberikan arahan terkait kebersihan kucing hingga kesehatan. Mulai dari kebersihan gigi, kuku, hingga telinga. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan pengalaman terkait area rentan kucing yang harus ekstra dibersihkan.

Cara merawat kucing untuk pemula tampaknya tidak sesulit yang Anda pikirkan di awal. Beberapa tips dan informasi terkait kucing juga sudah banyak menyebar. Anda juga bisa melakukan konsultasi agar lebih memperdalam keahlian merawat kucing. Intinya, selama Anda terus belajar dan tidak berhenti maka kesuksesan memelihara kucing sudah di depan mata.

About Nesya Damayanti

Dari kecil memang suka kucing. Sekarang nulis blog ini sebagai kegiatan rutin setelah lulus dari kuliah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *