8 Cara Merawat Kucing Scottish Fold Yang Dianjurkan

cara merawat kucing scottish fold

Ciri khas dari kucing ini yang sangat mudah dikenali adalah telinganya yang tampak terlipat ke bawah. Hal tersebut membuat kucing ini terlihat begitu lucu dan menggemaskan. Selain Scottish Fold, kucing lain yang juga memiliki telinga terlipat adalah kucing American Curl. Hanya saja, telinga kucing American Curl terlipat ke atas atau ke belakang. Berikut adalah tips mengenai cara merawat kucing Scottish Fold untuk Anda.

Asal-usul Kucing Scottish Fold

Asal usul scottish fold
Kucing Scottish Fold

Pertama kucing scottish fold kali ditemukan pada tahun 1961 di sebuah peternakan di Pertshire, Skotlandia. Kucing tersebut bernama Susie. Telinganya terlipat karena mutasi genetik alami yang ia alami. Telinga yang terlipat itu kemudian menurun ke setengah dari keturunannya.

Ras kucing ini sebenarnya sudah terdaftar di Governing Council of the Cat Fancy (GCCF) yang bermarkas di Inggris. Akan tetapi, karena terkait etika tentang kesehatan, statusnya dicabut di tahun 1971. Namun hal tersebut tidak menyurutkan pembiakan Scottish Fold di negara lain, seperti di Amerika Serikat.

Ketika baru dilahirkan, telinga anak kucing Scottish Fold belum dalam keadaan terlipat. Pelipatan telinganya biasanya terjadi sekitar minggu ketiga, yang dimulai dari bagian tepi luar dekat pangkal telinga.

Gen yang berperan dalam lipatan telinga ini merupakan gen dominan autosomal yang tidak lengkap. Gen tersebut berpengaruh terhadap perkembangan tulang di seluruh bagian tubuh kucing dan tidak berhubungan dengan jenis kelamin.

Jika kucing di dalam kucing itu terdapat dua salinan gen dominan autosomal, maka ia bisa terkena masalah kesehatan yang serius. Agar kucing bisa tetap hidup normal, ia seharusnya memiliki satu salinan gen saja (heterozigot). Meski begitu, kucing tetap memiliki risiko terkena arthritis saat ia dewasa.

Agar kucing Scottish Fold tidak menjadi homozigot, maka kucing ini seharusnya disilangkan dengan jenis lain, misalnya dengan kucing British Shorthair.

Akan tetapi, cara ini banyak ditentang oleh dokter hewan sebab kucing itu akan menderita osteochondrodysplasia yang mungkin menyakitkan. Oleh karena itu, hingga kini pembiakan kucing Scottish Fold masih menjadi perdebatan.

Begini Ciri Fisik Kucing Scottish Fold

Kucing Scottish Fold

Sebelum mengetahui cara merawat kucing Scottish Fold, Anda perlu mengetahui dulu ciri fisik kucing ini. Beberapa ciri fisik yang khas dari kucing Scottish Fold antara lain sebagai berikut.

1. Postur Tubuh Kucing

Bentuk postur tubuh kucing Scottish Fold adalah medium dan cenderung berbentuk bulat. Nah, postur tersebut membuatnya terihat lebih gemuk. Biasanya berat kucing jantan bisa mencapai 6 kg, dan kucing betina bisa mencapai 4 kg.

2. Bentuk Kepala dan leher

Untuk kucing Scottish Fold ini memiliki kepala yang bulat dan telinganya terlipat ke depan. Tulang pipi kucing ini terlihat kokoh dengan mata yang bulat dan lebar. Selain itu, kucing ini memiliki leher yang pendek. Bentuk fisik ini membuat kucing Scottish Fold semakin tampak begitu menggemaskan.

3. Ekor dan Bulu

Ekor kucing ini akan menyesuaikan dengan bentuk tubuh dengan bulu sedang, karena memang umumnya Scottish Fold memang berbulu sedang. Ada berbagai pola warna bulunya, seperti solid, smoke, bicolor, tricolor, tabby, shaded, dan spots. Warna bulunya pun beragam, mulai dari putih, hitam, abu, cokelat, dan krem.

Berbagai Jenis Kucing Scottish Fold

Agar bisa menggunakan cara merawat kucing Scottish Fold yang tepat, Anda perlu tahu juga jenis kucing Scottish Fold sebagai berikut.

1. Jenis Folded Ear

Folded Ear

Ciri khas kucing ini adalah telinga yang terlipat ke depan dan menghadap ke bawah akibat mutasi gen spontan yang dialaminya.

2. Jenis Straight Ear

Kucing Scottish Fold Straight Ear
Straight Ear

Berbeda dengan jenis folded ear, kucing Scottish Fold Straight Ear ini tidak memiliki telinga yang terlipat. Karena kondisi telinganya yang seperti itu, biasanya ia kurang diminati dibandingkan jenis folded ear.

CaraMerawat Kucing Scottish Fold

cara merawat kucing scottish fold
Kucing Scottish Fold

1. Rajin Menyikat Bulunya

Pada umumnya kucing scottish fold memiliki bulu yang lebat, baik kucing Scottish Fold short hair maupun long hair. Cara merawat kucing Scottish Fold yang memiliki short hair adalah dengan rutin menyikat bulunya seminggu sekali. Sedangkan untuk yang memiliki long hair, sebanyak dua kali seminggu. Perawatan tersebut berguna untuk mencegah hairball.

2. Rajin Memotong Kuku Kucing

Setiap beberapa minggu sekali, Anda perlu memotong kuku kucing. Jangan lupa juga siapkan scratching post agar dia tidak merusak benda di rumah Anda saat menggarukkan kuku.

3. Menyikat Gigi Kucing

Tidak kalah penting, sikat gigi kucing Anda minimal seminggu sekali. Kebersihan telinga juga sangat perlu dijaga. Anda bisa memeriksa setiap minggu untuk mengecek apakah ada tanda infeksi atau iritasi.

4. Melatih Mengguanak Litter-Box

Tidak sulit melatih kucing Scottish Fold untuk menggunakan litter box. Jaga kebersihan litter box-nya supaya kucing tetap mau memakainya. Ganti pasir di litter box setidaknya satu kali dalam seminggu.

5. Menjadikannya Kucing Rumahan

Awasi kucing Anda ketika ia berada di luar. Namun untuk meminimalisir risiko infeksi, serangan hewan lain, hingga kecelakaan, Anda bisa menjadikannya kucing indoor saja.

6. Mengajak Bermain

Cara merawat kucing Scottish Fold yang tidak kalah penting adalah memberinya perhatian dan sering mengajaknya bermain. Anda bisa mengajaknya bermain menggunakan permainan teaser atau fetch (mengambil sesuatu). Untuk menyalurkan nalurinya dalam memanjat, Anda bisa menyediakan pohon kucing.

Perlu kamu ketahui bahwa kucing Scottish Fold juga dikenal santai, tenang, dan ramah dengan hewan peliharaan lain. Kalaupun Anda memiliki anak kecil di rumah, Anda tidak perlu khawatir karena kucing ini juga bisa mudah akrab dengan anak Anda.

7. Memberikan Makanan Yang Tepat

Lantas bagaimana untuk makanan yang harus diberikan pada kucing Scottish Fold? Anda bisa memberikan jenis makanan yang sama seperti makanan kucing lainnya.

Baik dry food maupun wet food bisa diberikan pada kucing ini. Karena kucing merupakan hewan karnivora, maka akan lebih baik jika menghindari makanan yang mengandung cukup banyak biji-bijian.

Kebutuhan makan ini juga harus disesuaikan dengan usia kucing Anda ya. Jadi pastikan nutrisinya tercukupi, namun tidak membuatnya obesitas. Meski kucing yang gemuk tampak semakin menggemaskan, obesitas bisa menimbulkan masalah kesehatan pada kucing.

8. Melakukan Grooming

Untuk menjaga bulunya agar tetap sehat dan terawat, jangan lupa untuk rutin melakukan grooming. Lakukan pemberian vaksin agar kucing Anda memiliki daya tahan tubuh yang kuat dan tidak mudah sakit.

Masalah Kesehatan yang Umumnya Dialami

Dalam perawatan kucing Scottish Fold berkaitan juga dengan mengatasi masalah kesehatan yang umumnya dialami oleh kucing imut ini. Kepemilikan gen liptan pada kucing ini membuatnya sangat rentan terhadap penyakit sendi degeneratif.

Saat Anda mengadopsi kucing, Anda mungkin bisa dulu memeriksakannya apakah ia memiliki ekor, sendi, atau gerakan kaki yang kaku. Kalau terdapat ciri itu, mungkin saja kucing tersebut terkena penyakit osteochondrodysplasia.

Bukan hanya itu, kucing Scottish Fold diketahui mempunyai rentang umur tipikal. Kalau Anda menginginkan kucing Anda sehat, jangan lupa lakukan vaksinasi dan pemeriksaan rutin sebagai pencegahan dari penyakit.

Harga Kucing Scottish Fold

Dibanding jenis kucing lain, kucing Scottish Fold dikenal memiliki harga yang cukup mahal. Biasanya kucing ini yang berumur 3 bulan dijual dengan harga sekitar 3-6 juta rupiah. Untuk kucing dewasa bisa lebih mahal, harganya bisa mencapai 6-9 juta rupiah.

Akan tetapi harga juga disesuaikan dengan kondisi kucing ya. Kalau kucing Scottish Fold yang Anda adopsi sudah memiliki sertifikat, maka harganya akan semakin mahal. Demikian juga dengan kucing yang divaksin, harganya juga semakin mahal.

Untuk kucing Scottish Fold Ukraine asli yang berusia 1 tahun 3 bulan, biasanya dihargai dengan harga Rp25.000.000. Untuk yang kucing asli betina dengan bulu short hair berusia 3 bulan dan dengan Ped-CFA, harganya Rp16.500.000. Begitu juga untuk kucing Scottish Fold jantan berusia 3 bulan dengan Ped-CFA, harganya juga mencapai Rp16.500.000.

Untuk yang berusia 6 bulan dan dengan Ped-CFA, harganya sedikit lebih murah, yakni Rp13.000.000. Sedangkan untuk yang non-Ped dan berusia 3 bulan harganya Rp8.000.000. Untuk anak kucing Scottish Fold berusia 2 bulan, di Indonesia harganya Rp7.500.000. Kalau yang sudah disilangkan dengan kucing exotic short hair, harganya Rp2.500.000 untuk yang berusia 5 bulan.

Karena memang sedikit sulit dikembangbiakan, maka tidak heran jika harga kucing ini menjadi mahal. Apakah Anda tertarik untuk memiliki kucing Scottish Fold? Kalau memang sudah memilikinya, jangan lupa untuk melakukan cara merawat kucing Scottish Fold dengan benar ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *