11 Cara Merawat Kucing Sakit Tulang Belakang

Cara mearawat kucing sakit tulang belakang

Apakah Anda memiliki kucing yang sedang mengalami cedera tulang belakang? Kondisi kucing yang seperti ini pastinya membuat Anda menjadi khawatir bukan? Nah, agar kucing yang Anda dapat sembuh sediakala, berikut cara merawat kucing sakit tulang belakang.

Perawatan Kucing Sakit Tulang Belakang

Cara mearawat kucing sakit tulang belakang
Kucing Sakit Tulang Belakang

Bagi Kucing yang mengalami sakit pada tulang belakangnya akan merasa tidak nyaman dengan keadaannya. Kucing akan cenderung lebih banyak diam dan tidak seaktif biasanya. Agar kucing tidak merasakan sakit yang terlalu lama, perawatan yang diberikan kepada kucing harus lebih intensif.

Merawat kucing dengan baik atau kucing yang sedang mengalami sakit tulang belakang akan membuat kucing lebih cepat pulih. Selain itu, juga untuk mencegah infeksi ataupun komplikasi yang membuat kondisi kucing menjadi semakin parah.

Hal ini tentunya bukan hal yang Anda inginkan bukan? Agar kucing Anda tetap sehat dan bisa bergerak dengan lincah, Anda bisa membawa kucing ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih intensif. Meskipun sudah ada penanganan dari dokter, Anda tetap harus melakukan perawatan yang tepat agar kucing lebih cepat sembuh.

Sebelum Anda mengetahui cara merawat kucing sakit tulang belakang, ada baiknya Anda mengetahui ciri-cirinya. Kucing yang mengalami sakit tulang belakang biasanya tidak mampu menopang tubuhnya. Selain itu, kucing juga enggan untuk dipegang dan terlihat gemetar saat kucing berdiri.

1. Lihat Penyebab Kucing Sakit Tulang Belakang

Agar perawatan yang Anda lakukan menjadi lebih maksimal, ada baiknya Anda mengetahui penyebab tulang belakang kucing yang sakit. Anda bisa melihat punggung kucing dengan lebih teliti.

Jika ada bagian tulang punggung kucing yang menonjol, bisa jadi ada masalah pada tulang belakang kucing, seperti infeksi atau cedera. Anda bisa membawa kucing ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Tulang kucing yang menonjol dikarenakan adanya fraktur tulang belakang yang jika tidak langsung ditangani akan memperparah kondisi kucing.

2. Menutupinya dengan Perban

Agar tulang belakang kucing tidak mengalami infeksi terlalu parah, Anda bisa menutup tulang belakang kucing dengan menggunakan perban. Memang saat pertama menggunakan perban, kucing akan merasa kurang nyaman. Kucing akan merasa gatal karena belum terbiasa menggunakan perban di tubuhnya.

Agar kucing tidak merasa terganggu dengan perban yang dipakainya, ada baiknya Anda menghindari memakaikan perban ke seluruh punggung kucing. Anda bisa membalut tubuh kucing di tempat yang sakit saja. Gunakan perban steril untuk menghindarkan dari infeksi.

Untuk membuat kucing merasa nyaman dengan perban yang membalutnya dan mencegah infeksi, ada baiknya Anda mengganti perban kucing secara rutin. Anda bisa mengganti perban setiap 2 hari sekali atau ketika perban kucing kotor dan basah.

3. Tidak Membalut Punggung Terlalu Kencang

Agar kucing cepat pulih dari sakit tulang belakang, ada baiknya Anda tidak membalut punggung terlalu kencang. Membalut tubuh kucing dengan perban yang terlalu kencang akan membuat kucing merasa kurang nyaman.

Dengan merawat kucing sakit tulang belakang ini juga akan mencegah kucing terkena infeksi yang akan memperburuk keadaannya.

Membalut kucing yang terlalu kencang akan membuat kucing susah bergerak. Hal ini justru akan membahayakan kesehatan kucing dan akan memperlama kesembuhan kucing.

4. Konsultasikan dengan Dokter Hewan

Agar penyembuhan kucing dapat berjalan lebih cepat, Anda bisa memeriksakan kucing langsung ke dokter hewan. Dokter akan memeriksa tulang belakang kucing apakah terdapat cedera atau infeksi.

Penanganan yang dilakukan oleh dokter hewan akan membantu kucing memperoleh perawatan sakit tulang belakang yang tepat. Jika sakit yang kucing derita terlalu parah, biasanya dokter akan memberi saran untuk membawa kucing ke rumah sakit hewan untuk dirawat lebih intensif.

Anda bisa menanyakan lebih lanjut mengenai penyebab kucing sakit tulang belakang ke dokter hewan. Dengan mengetahui penyebab sakit tulang belakang pada kucing bisa menjadi referensi cara pencegahan sakit tulang belakang kucing.

Untuk kondisi tertentu, dokter akan membuatkan resep obat yang dapat membantu meringankan hingga menyembuhkan rasa sakit pada tulang belakang kucing. Anda bisa memberikan obat pada kucing agar kucing cepat pulih dan bisa beraktivitas seperti biasanya.

5. Jangan Biarkan Kucing Beraktivitas Secara Berlebihan

Cara merawat kucing sakit tulang belakang ini cukup sederhana. Anda hanya perlu membatasi gerakan kucing. Kucing yang terlalu banyak bergerak akan menambah rasa sakit pada tulang belakangnya.

Anda bisa meletakkan kucing di ruangan tertutup yang tidak banyak perabotannya. Ruangan yang kosong akan membantu kucing untuk beristirahat lebih banyak dan tidak banyak bergerak.

Dengan membiarkan kucing beristirahat dan tidak banyak bergerak akan membantu pemulihan sakit tulang belakang kucing menjadi lebih cepat. Selain itu, hindari kucing untuk melompat agar rasa sakit pada tulang belakang kucing tidak semakin parah.

6. Berikan Obat Pengurang Rasa Sakit

Saat berkonsultasi pada dokter, kucing akan diberi obat yang akan meredakan rasa sakit pada tulang belakang kucing. Anda bisa memberikan obat sesuai dengan dosis yang dokter anjurkan. Jika Anda kesulitan memberikan obat secara oral, Anda bisa mencampurkan obat pada makanan kucing.

Agar kesehatan kucing tidak semakin memburuk kondisinya, hindari memberikan obat di luar resep dokter. Selain itu, jangan memberikan obat untuk manusia agar kucing tidak merasakan sakit yang parah. Cara merawat kucing sakit tulang belakang ini sebaiknya diperlukan konsultasi dengan dokter agar sakit yang kucing alami menjadi lebih cepat sembuh.

7. Sering Ganti Perban Kucing

Agar tidak menimbulkan infeksi pada kucing, Anda harus mengganti perban kucing secara rutin. Saat mengganti perban, usahakan bagian tubuh kucing bersih dari debu. Setelah bersih, Anda bisa membalut tulang belakang kucing untuk mengurangi rasa sakit.

8. Lakukan X-Ray

Jika penyebab tulang belakang kucing belum diketahui, Anda bisa melakukan x-ray untuk mendeteksi permasalahan pada tulang belakang kucing. Sebelum melakukan pemeriksaan x-ray, ada baiknya Anda berkonsultasi kepada dokter untuk mencari alternatif dalam penyembuhan tulang belakang kucing.

9. Berikan Nutrisi Seimbang untuk Kucing

Agar proses penyembuhan sakit tulang belakang kucing berjalan cepat, Anda perlu memberikan asupan nutrisi yang baik untuk kucing. Jika Anda memberikan makanan kemasan, ada baiknya Anda memeriksa kandungan gizi untuk kucing.

Anda juga bisa memberikan makanan rumahan yang Anda olah sendiri untuk kucing. Perhatikan jumlah protein dan lemak untuk makanan kucing. Anda juga perlu menakar porsi makan kucing agar makanan yang Anda siapkan bisa langsung habis oleh kucing.

Untuk merawat kucing sakit tulang belakang ini juga akan membuat daya tahan tubuh kucing menjadi semakin meningkat. Dengan daya tahan tubuh kucing yang baik akan menghindarkan kucing dari ancaman infeksi sekaligus membuat sakit tulang belakang kucing menjadi lebih cepat sembuh.

10. Lakukan Perawatan Lanjutan

Jika sakit tulang belakang kucing tak kunjung sembuh bahkan menjadi semakin parah, Anda bisa segera membawa kucing ke klinik hewan. Selain akan mendeteksi penyebab sakit tulang kucing yang tak kunjung sembuh, kucing juga akan mendapatkan perawatan lanjutan dari tenaga ahli.

Perawatan yang lebih intensif ini diperlukan kucing agar kucing cepat pulih dan tidak mengalami komplikasi yang semakin parah. Dokter hewan akan memberikan perawatan yang ekstra dan langsung menangani masalah utama yang dialami oleh kucing. Setidaknya kucing akan dirawat langsung oleh dokter dan membutuhkan waktu hingga kucing dinyatakan pulih.

Penanganan masalah utama akan mempercepat proses penyembuhan sakit tulang belakang kucing. Selain itu, kucing tidak mengalami efek samping akibat penanganan yang kurang tepat. Perawatan oleh dokter secara lanjutan dan lebih intensif akan membuat kucing merasa nyaman dan terbebas dari rasa sakit tulang belakang.

11. Lakukan Operasi Discectomy

Operasi ini menjadi alternatif cara terakhir untuk menyembuhkan sakit tulang belakang kucing. Hal ini dikarenakan operasi memiliki banyak risiko yang akan dialami oleh kucing.

Dalam proses pembedahan tulang belakang kucing tidak selamanya bisa dikatakan berhasil. Risiko terparah dari operasi ini adalah memungkinkan kucing akan mengalami cacat, bahkan bisa meninggal.

Sebelum melakukan operasi, biasanya dokter akan menganalisis kemungkinan keberhasilan operasi tulang belakang kucing. Anda bisa memikirkan dampak jangka panjangnya sebelum memutuskan untuk melakukan operasi pada kucing Anda.

Merawat sakit tulang belakang kucing dengan benar akan mempercepat proses penyembuhannya. Agar tidak terjadi masalah pada kucing Anda, ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter mengenai penanganan sakit tulang belakang kucing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *