12 Cara Merawat Kucing Ras Secara Umum

Cara merawat kucing ras

Cara merawat kucing ras baik memang berbeda dengan kucing biasa namu sebernarnya tidak terlalu sulit. Namun membutuhkan ketelatenan dan kesabaran dalam perawatannya. Sebab, kucing peranakan semacam ini sensitif pada perlakukan kasar yang risikonya justru membuatnya tidak patuh bahkan sakit.

Untuk membantu Anda yang ingin memelihara kucing ras maka lewat artikel berikut, akan kami paparkan beberapa cara merawat kucing ras yang bisa Anda terapkan:

Cara merawat kucing ras
Kucing Ras

1. Membangun Keakraban dengan Si Kucing

Cara merawat kucing ras yang pertama adalah membangun keakraban dengan si kucing. Maksudnya ialah Anda harus memiliki banyak waktu untuk merawatnya atau sekadar bermain-main dengannya.

Kucing ras tidak begitu suka pembiaran apalagi ditinggalkan sendirian dalam waktu lama. Jika ini yang dialaminya, tentu ia akan mengalami gangguan mental yang bisa berakibat pada penurunan berat badan.

Selain itu, kucing ras lebih suka pada perlakukan yang lembut dibandingkan kucing yang lain. Makanya, jika memelihara hewan ini sempatkan untuk mengelus atau menggendongnya supaya mereka makin patuh.

2. Membuat Kandang yang Tepat

Jika ingin memelihara kucing ras, beri perawatan dengan cara merawat kucing ras yang maksimal. Salah satunya ialah membuat kandang yang tepat serta nyaman.

Kandang yang nyaman untuk kucing ras bukan yang mewah tetapi sempit. Justru kandang semacam ini yang membuatnya jengah sehingga berpindah ke tempat yang lain. Lebih baik pilih kandang sederhana tetapi luas.

Minimal kucing bisa bergerak dengan leluasa saat ia bermain.
Pastikan kandang itu cukup nyaman dan memiliki litter box, supaya kucing betah. Berikan juga alas empuk untuk tidurnya.

3. Menjaga Pola Makan

Kucing ras tidak sama dengan kucing kampung yang aktif. Maka dari itu, pola makannya harus benar-benar dijaga atau berat tubuhnya akan melar kronis (obesitas).

Pola Makan yang baik untuk kucing ras adalah dua kali sehari, tidak lebih dan tidak kurang. Berikan pada pagi hari dan sore hari saja untuk mencegahnya kekenyangan sehingga masih bisa bermain dengan lincah.

Jika pola pemberian makan di atas tidak dilakukan, dikhawatirkan kucing akan mengalami perut begah. Dampaknya ialah ia akan malas bergerak dan lebih banyak duduk diam.

Lama kelamaan kucing akan mengalami obesitas yang beresiko merugikan kesehatannya. Apalagi jika makanan yang dikonsumsinya tidak mengandung banyak protein. Maka dari itu terapkan cara merawat kucing ras yang terkait dengan makanan gizi untuk kucing.

4. Memberi Makanan yang Tepat

Kucing ras harus disokong dengan makanan-makanan yang tepat dan bergizi. Di antaranya adalah makanan dengan kandungan protein mencapai 40%. Kadar ini cocok untuk kucing ras jantan sedangkan yang betina cukup 30% saja.

Makanan dengan kadar protein di atas sesuai dengan keaktifannya yang mana kucing jantan tentu lebih agresif dibandingkan yang betina. Ini juga akan berpengaruh pada bobot tubuhnya yang mana ras jantan akan memiliki tubuh 5,5 kg sedangkan yang betina 3,5 kg.

Bobot tubuh kucing ras di atas sudah ideal dan jangan lebih atau kurang. Karena jika lebih sudah tergolong obesitas, sedangkan kalau kurang berarti hewan ini mengalami mal stunting.

5. Menyediakan Ruang Tempat Bermain

Kucing ras adalah hewan yang sangat suka bermain. Maka dari itu, pemiliknya harus membuat ruang khusus yang di dalamnya dipenuhi dengan benda-benda yang bisa dibuat mainan.

Kucing jenis ini juga suka memanjat. Maka jangan heran kalau pergerakannya begitu aktif dan lincah. Karena alasan ini, maka siapkan ruang bermain yang ada tempat panjatannya supaya ia lebih nyaman di sana.

Membuat ruang khusus untuk bermain bisa membuat kucing ras betah di rumah. Karena ia tidak akan pergi keluar hanya untuk menyalurkan hasrat alaminya tersebut. Si pemilik juga mudah untuk melakukan perawatan dan pengawasan kepadanya.

6. Memandikan Kucing dengan Rutin

Semua kucing ras baik jenis Anggora dan Persia tidak begitu suka dengan air. Maka dari itu hewan ini malas mandi kecuali dimandikan oleh majikannya. Ini juga termasuk perawatan kucing ras yang harus dilakukan.

Memandikan kucing ras berfungsi untuk menghilangkan kotoran pada bulunya. Karena jika kotoran tersebut tertelan bisa menimbulkan penyakit. Selain itu kuman yang ada di dalamnya bisa membuat bulunya rontok.

Maka dari itu, perawatan yang selanjutnya ialah mandikan kucing ras dengan rutin. Jangan lupa pasca dimandikan harus dilakukan penjemuran agar ia tidak kedinginan.

7. Memotong Kuku dengan Rutin

Jika ingin melihat kucing ras tetap sehat, lakukan perawatan maksimal kepadanya. Salah satunya dengan memotong kukunya dengan rutin.
Kuku kucing adalah tempat kotoran yang harus dibersihkan setiap waktu. Namun kalau tidak ada waktu untuk melakukannya potong saja jika dirasa kuku sudah terlalu panjang.

Memotong kuku kucing dengan rutin juga untuk mencegah si pemiliknya tercakar. Terutama pada saat bermain atau telanjur menyentuh ketika hewan ini sedang marah.

Karena alasan inilah maka memotong kuku kucing masuk ke dalam cara perawatan kucing ras. Silakan dilakukan dengan lembut pada saat hewan ini sedang tidur atau dalam keadaan tenang.

8. Bawa Kucing ke Klinik Hewan

Cara merawat kucing ras yang selanjutnya adalah membawa kucing ke klinik hewan. Tujuannya ialah supaya bisa dideteksi kondisi kesehatannya. Apakah sedang sakit atau sehat-sehat saja.

Lakukan pemeriksaan kucing ras minimal 3 bulan sekali. Jika ada gejala penyakit bisa ditingkatkan menjadi dua bulan sekali. Ini untuk mencegah penyakit bertambah parah dan kronis.

Membawa kucing ke klinik hewan juga termasuk rasa sayang pemilik pada hewan peliharaannya. Tentu ini akan menjadi pahala yang besar karena Anda dianggap sebagai penyayang binatang.

9. Menyisir Bulu Kucing Satu Minggu Sekali

Jika kucing ras sudah jinak maka jangan lupa untuk menyisir bulunya secara rutin minimal satu minggu sekali atau sehabis mandi. Pastikan sebelumnya buku kucing disampo terlebih dahulu. Supaya kotoran dan kutu yang menempel bisa hilang. Jika sudah selesai baru dilakukan penyisiran dengan menggunakan sisir yang lembut dan tumpul.

Pastikan penyisiran bulu kucing dilakukan dengan lembut dan pelan. Karena dikhawatirkan bulu akan rontok kalau penyisirannya kasar dan terlalu keras. Tentu hewan ini tidak cantik lagi jika bulunya tipis karena banyak yang rontok.

Sekadar saran gunakan sampo yang memang khusus kucing ras. Karena produk ini yang paling tepat dibandingkan sampo jenis lain. Jika sudah baru lakukan penyisiran secara teratur dan rutin.

10. Berikan Vaksin Kucing

Kucing ras lebih rentan diserang penyakit dibandingkan kucing kampung biasa. Maka dari itu, pemiliknya harus memberikan vaksin secara teratur sesuai anjuran dokter hewan.

Fungsi vaksin bagi kucing ras adalah untuk meningkatkan imunitasnya. Sehingga ia lebih kebal pada penyakit dan bakteri. Biasanya yang tergolong vaksin yang sering diberikan adalah obat cacing.

Obat cacing berfungsi untuk menyehatkan pencernaan kucing ras. Karena di dalamnya mengandung zat yang bekerja sebagai diuretik atau pengencer. Maka dari itu, jika ia diberikan vaksin ini BAB dan pipisnya lebih lancar.

11. Menyiapkan Pasir untuk Alas Kucing

Cara merawat kucing ras yang berikutnya ialah mempersiapkan pasir untuk alas kucing. Fungsinya supaya ia bisa BAB dan pipis di sana tanpa harus keluar dari kandangnya.

Jangan lupa untuk selalu mengganti pasirnya setiap waktu. Karena dikhawatirkan kotoran dan kencing yang menempel di sana membuat kucing ras tidak nyaman.

Lakukan pergantian pasir minimal tiga hari atau satu minggu sekali. Pastikan ketika melakukannya kucing ras sedang tidak tidur. Karena jika istirahatnya terganggu, ia akan marah bahkan pergi meninggalkan kandangnya.

Untuk mendapatkan pasir khusus kucing ras silakan beli di PetShop terdekat. Karena produk ini lebih bersih dan halus dibandingkan jenis pasir yang biasa. Harganya memang cukup mahal, tetapi sangat efektif untuk membuat bulu kucing ras tidak mudah kotor.

12. Buat Tempat Makan dan Minum Khusus

Sejatinya, kucing ras bisa mencari makanannya sendiri. Jadi pemiliknya tidak perlu mengantarkannya ke depan kandang.
Yang terpenting adalah persiapkan wadah makanan dan minumannya saja.

Pastikan wadah makanan dan minuman kucing tidak terlalu cekung supaya lidah kucing mudah menjangkaunya.

Cara merawat kucing ras yang sudah dijelaskan di atas bisa dilakukan jika pemiliknya tidak terlalu sibuk. Tetapi jika sangat sibuk lebih baik jangan memeliharanya daripada ia terlantar. Jadi, mantapkan diri Anda untuk merawat si kucing atau sebaliknya.

About Nesya Damayanti

Dari kecil memang suka kucing. Sekarang nulis blog ini sebagai kegiatan rutin setelah lulus dari kuliah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *