8 Cara Merawat Kucing Peaknose Agar Menjadi Sehat

Cara Merawat Kucing Persia Peaknose

Cara merawat kucing peaknose tergolong susah-susah gampang. Pasalnya, kucing ini merupakan salah satu dari jenis kucing persia ini memiliki bulu tebal. Sehingga membutuhkan perawatan khusus. Di Indonesia sendiri, kucing peaknose sangat diminati. Alhasil, sudah banyak yang paham dan mengerti cara melakukan perawatan kucing peaknose agar menjadi sehat.

Cara Merawat Kucing Persia Peaknose
Kucing Persia Peaknose

Seperti ciri khas jenis kucing persia, kucing peaknose memiliki bulu yang tebal. Kucing peaknose mempunyai bentuk kepala bulat yang membuatnya terlihat unik, lucu, imut, dan menggemaskan. Selain itu, kucing ini juga mempunyai hidung pesek. Namun, justru hidung pesek inilah yang menentukan seberapa mahal harga kucing tersebut.

Harga kucing persia peaknose memang istimewa. Hal tersebut karena peaknose dinilai dari seberapa pesek kondisi hidung. Semakin pesek hidung maka semakin mahal harganya. Umumnya, harga peaknose sekitar 3-5 juta rupiah. Namun, ketika hidungnya sangat pesek harga peaknose mampu mencapai 15 juta rupiah. Harga fantastik ini cukup pantas dengan wajah menggemaskannya.

Cara Merawat Kucing Peaknose

Kucing Persia Peaknose
Kucing Persia Peaknose

Bagi pecinta kucing, cara merawat kucing peaknose memang jauh lebih ribet. Terlebih tubuh peaknose diselimuti oleh bulu tebal dan panjang. Hal ini menjadi dasar utama untuk memilih treatment. Selain itu, cara merawat peaknose juga memperhatikan aktivitas kucing sehari-hari. Jika kucing tidak sering terpapar debu maka perawatannya berbeda dengan yang sering.

Dengan memahami cara merawat kucing peaknose secara tepat, jelasakan berdampak pada kondisi si kucing. Peaknose bisa tetap menarik dengan bulu lembut seperti sutra. Bahkan peaknose bisa tampak lebih segar dan semakin menggemaskan. Beberapa cara berikut harus Anda ikuti dengan benar. Sehingga kesalahan perawatan peaknose tidak terjadi pada kucing kesayangan Anda. Simak selengkapnya.

1. Rutin membersihkan bulu

Hal pertama dalam cara merawat kucing peaknose yakni rutin membersihkan bulu. Seperti yang sudah diketahui, sebagai jenis kucing persia tentu bulu peaknose paling diodalakan. Oleh karena itu, setiap hari lakukan rutinitas membersihkan bulu. Caranya dengan menyisir atau menyikat bulu peaknose. Minimal menghilangkan bulu yang menggumpal.

Bulu yang menggumpal bisa mengakibatkan kerontokan dan menampung debu serta kotoran pembawa penyakit. Anda bisa membersihkan ini dengan menyeka bulu peaknose menggunakan tisu bayi. Bulu akan seketika rapi dan indah. Bahkan terhindar dari debu sekaligus kotoran penyakit.

2. Membersihkan telinga dalam jangka waktu tertentu

Telinga menjadi salah satu bagian tubuh penting bagi kucing. Wajah menggemaskan peaknose juga akan semakin imut dengan kondisi telinga yang baik. Apalagi telinga termasuk area bersarang kuman dan bakteri. Oleh karena itu dalam cara merawat kucing peaknose, pastikan telinga harus dibersihkan dalam jangka waktu tertentu. Minimal bersihkan telinga peaknose satu kali dalam sepekan.

Hal ini dapat membantu merawat kebersihan kucing. Selain itu, kucing juga akan terjaga kesehatannya dan tidak mudah terserang penyakit. Bahkan tidak menjadi perantara penularan penyakit. Alhasil, Anda bisa bermain bersama peaknose kesayangan dengan tenang, aman, dan nyaman.

3. Ingat untuk selalu memotong kuku

Setiap kucing selalu identik dengan kegiatan mencakar, termasuk juga peaknose. Kucing ini juga senang mencakar semua benda atau dinding. Umumnya, mencakar berfungsi untuk mengasah ketajaman dan pertumbuhan kuku. Namun sebagai hewan peliharaan, keberadaan kuku yang tajam akan sangat mengganggu. Terutama bagi Anda yang takut terkena cakaran hingga menimbulkan bekas luka.

Oleh karena itu, salah satu cara merawat kucing peaknose yang terpenting adalah Anda harus ingat untuk selalu memotong kuku peaknose. Namun, perhatikan agar tidak memotong kuku terlalu pendek bahkan sampai habis. Hal ini akan menyakiti peaknose dan membuatnya terluka. Dalam kondisi luar biasa, kehilangan kuku juga bisa menimbulkan infeksi pada kucing.

4. Menjaga kebersihan kandang

Kebersihan kandang menjadi salah satu bagian penting dari cara merawat kucing peaknose. Setidaknya satu bulan sekali, cuci bersih kandang. Caranya, keluarkan kucing dan pernak-pernik yang ada dalam kandang. Kemudian cuci kandang termasuk pernak-perniknya dengan sabun antiseptik pada air mengalir. Selanjutnya, semprot menggunakan disinfektan. Terakhir, keringkan kandang beserta pernak-perniknya.

Anda bisa memilih hari libur untuk melakukan pembersihan total pada kandang. Pada hari yang sama, Anda juga bisa memandikan kucing bahkan melakukan vaksinasi. Sehingga kucing dan kandang kembali dalam kondisi bersih. Umumnya, kandang terutama bagian pembuangan kotoran membutuhkan pembersihan ekstra. Hal ini karena peaknose kurang nyaman pada area kotor.

Cara Menjaga Kesehatan Peaknose

Peaknose
Peaknose

Semua rangkaian cara merawat kucing peaknose yang dilakukan bertujuan juga agar kucing peaknose tetap sehat. Cara menjaga kesehatan peaknose ini tidak terlepas dari cara merawat yang benar. Peaknose yang mendapat perawatan benar otomatis terjaga kesehatannya. Bahkan bisa jauh lebih sehat dari sebelumnya. Peaknose sehat bisa terlihat dari kelincahan dan nafsu makan yang tinggi.

Hal pertama yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk memelihara peaknose yakni cara merawat agar peaknose menjadi sehat. Pasalnya, setiap jenis kucing persia mempunyai cara berbeda agar tetap sehat. Jadi, cara perawatan agar kucing peaknose sehat berbeda dari cara perawatan jenis persia lain. Berikut cara merawat peaknose agar menjadi sehat.

1. Memberikan asupan vitamin

Selain diberikan asupan makanan bergizi, cara merawat kucing peaknose yang wajib dilakukan adalah pemberian vitamin rutin. Vitamin berfungsi memelihara daya tahan tubuh, meningkatkan selera makan, dan melebatkan serta melembutkan bulu. Anda bisa membuat jadwal pemberian vitamin secara berkala agar asupan vitamin tidak berlebihan. Di samping itu, upayakan untuk memberikan vitamin sesuai rekomendasi dokter.

Jika peaknose yang Anda pelihara bukan sekadar hewan peliharaan maka pemberian asupan vitamin semakin penting. Pemberian vitamin akan membuat peaknose semakin cantik dan menggemaskan. Selain itu, peaknose juga sehat dan lebih gembul dengan bulu semakin tebal. Bukan hal mustahil, peaknose Anda akan menyabet gelar juara dalam kontes kucing.

2. Melakukan pemberian vaksin dan obat cacing

Vaksin merupakan zat yang dimasukkan dalam tubuh untuk menjaga tubuh kucing agar terlindungi dari serangan berbagai virus. Sementara itu, obat cacing merupakan obat yang memiliki fungsi membunuh cacing jahat yang masuk dalam tubuh kucing. Vaksin dan obat cacing sangat berguna untuk menjaga kesehatan peaknose.

Pemberian vaksin dan obat cacing ini menjadi salah satu cara merawat kucing peaknose yang cukup penting. Terlebih saat peaknose baru dilahirkan atau baru Anda adopsi sebagai hewan peliharaan di rumah. Hal ini untuk menjaga kesehatan dan mencegah penularan penyakit berbahaya. Jangan sampai peaknose kesayangan justru mati akibat virus atau cacing.

3. Rutin check up kesehatan secara berkala

Satu hal yang tidak boleh dilewatkan dalam cara merawat kucing peaknose adalahrutin melakukan check up kesehatan. Anda bisa mencari dokter hewan terpercaya untuk melakukan check up kesehatan pada peaknose kesayangan. Jadwalkan secara rutin selama 3 bulan sekali. Meskipun kucing terlihat baik-baik saja dari luar tapi check up bisa lebih memastikan secara paripurna.

Check up kesehatan membantu untuk mendeteksi penyakit yang tidak tampak oleh mata tanpa bantuan alat. Check up kesehatan juga berguna menjaga pertumbuhan dan perkembangan kucing secara normal. Selain itu, Anda juga bisa melakukan pencegahan terhadap wabah virus yang mungkin mengancam kesehatan peaknose. Sebaiknya, check up dilakukan dengan dokter yang sama.

4. Treatment khusus jamur

Peaknose termasuk jenis kucing yang rawan terkena jamur, khususnya jamur kulit. Hal ini karena bulu tebal peaknose membuat kulit tubuh menjadi lebih basah dan lembab sehingga disukai jamur. Treatment khusus mencegah jamur bisa Anda lakukan di rumah perawatan kucing, klinik hewan atau rumah praktek dokter hewan langganan.

Jika peaknose sudah terserang jamur maka lakukan perawatan intensif. Salah satu treatment yang bisa dilakukan dengan mandi khusus jamur. Anda bisa melakukannya sendiri setelah mendapat arahan dari dokter atau menyerahkan langsung pada ahlinya. Proses mandi khusus jamur tidak berlangsung lama. Namun, harus melakukan pemeriksaan rutin hingga dinyatakan bebas jamur.

Cara merawat kucing peaknose agar menjadi sehat memang cukup menantang. Namun demi peaknose kesayangan, cara-cara tersebut tidaklah sulit. Apalagi jika sudah melihat betapa lucu dan menggemaskannya tingkah si kucing. Anda pasti rela melakukan perawatan agar peaknose tetap lincah dan sehat. Bahkan saat harus mengeluarkan biaya cukup mahal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *