15 Cara Merawat Kucing Norwegian Forest Bagi Pemula

Cara merawat kucing norwegian forest

Cara merawat kucing Norwegian forest harus dilakukan dengan baik. Terlebih, jenis kucing ini dikenal sangat aktif dan mencintai kebebasan. Lantaran, kucing ini mudah sekali beradaptasi di lingkungan mana pun. Bahkan kucing ini juga mudah bergaul dengan hewan peliharaan lain seperti anjing. Tak heran pecinta binatang lebih memilihnya untuk melengkapi koleksi peliharaan.

Cara merawat kucing norwegian forest
Kucing Norwegian Forest

Agar mampu merawat kucing Norwegian dengan baik, Anda perlu memiliki informasi cara merawat kucing Norwegian yang lengkap. Mulai dari asal usul, ciri khas, hingga perawatan khusus yang dibutuhkan.

Tujuannya untuk menjaga kesehatan dan keberlangsungan hidup kucing. Apalagi jika Anda adalah pemula yang baru mencoba untuk memeliharanya. Penjelasan berikut ini bermanfaat untuk pemula termasuk juga Anda.

Asal Usul Dan Ciri Khas Kucing Norwegian

Ciri Khas Norwegian Forest
Kucing Norwegian Forest

Seperti namanya, kucing ini berasal dari Norwegia. Kucing ini juga disebut bernama kucing Norwegian Forest. Sejarah asal usul kucing ini memang sangat panjang. Terbukti, kucing ini sudah menjadi legenda dan dongeng dalam Mitologi Nordik. Namun, ada yang menyebut kucing berasal dari Turki dan masih terkait dengan kucing Siberia di Rusia.

Kucing Norwegian Forest mempunyai ukuran dan panjang tubuh terbesar di antara jenis kucing lain. Kucing ini juga dipenuhi bulu lebat berlapis. Umumnya, bagian tulang dan struktur tubuh sangat kuat dengan otot baik. Ciri khas paling menarik dari Norwegian yakni bentuk wajah segitiga dengan dagu kuat, Sehingga leher terlihat lebih kokoh.

Bagian kaki kucing lebih panjang di kaki belakang daripada kaki depan. Hal ini membuat Norwegian lebih menarik. Bulunya yang lebat juga seperti mantel tebal hingga bagian ekor. Namun, bulu ini tetap halus saat disentuh. Bahkan menjadi salah satu alasan kucing ini cocok dijadikan hewan peliharaan untuk menemani Anda setiap hari.

Cara Mudah Merawat Kucing Norwegian

Kucing Norwegian Forest
Kucing Norwegian Forest

Dalam merawat kucing Norwegian forest tidak jauh berbeda dengan jenis kucing peliharaan lain. Terlebih sebagai kucing peliharaan, Anda tentu menginginkan perawatan terbaik. Tujuannya agar kucing tetap cantik, lucu, menggemaskan, energik, dan sehat. Ciri khas kucing ini sangat berpengaruh pada cara perawatannya. Berikut ini cara mudah merawat kucing Norwegian forest. Simak penjelasan selengkapnya.

1. Rajin menyisir atau menyikat bulu

Norwegian mempunyai bulu lebat sehingga harus rajin-rajin dibersihkan. Anda bisa menyisir atau menyikat bulu dengan sisir atau sikat khusus kucing. Lakukan ini setiap hari atau minimal dua kali dalam sepekan. Umumnya, Norwegian cukup sensitif saat dibersihkan atau dilakukan perawatan. Jadi, Anda harus menyisir atau menyikat bulunya dengan lembut dan hati-hati.

2. Rutin menyikat gigi

Norwegian cenderung membutuhkan perawatan ekstra pada bagian mulut. Anda dianjurkan menyikat gigi Norwegian sekali dalam sepekan dalam perawatan kucing Norwegian forest yang benar. Ini untuk mencegah penyakit periodonta yang menyerang gusi, tulang dan jaringan ikat untuk menahan gigi. Anda bisa menggunakan sikat gigi khusus untuk menyikat giginya. Tambahkan juga obat untuk membantu membersihkan kuman dan bakteri mulut.

3. Rutin membersihkan mata

Norwegian memiliki mata cukup sensitif. Matanya sering terlihat kotor di bagian sudut. Anda bisa membersihkannya ketika melihat ada kotoran tersebut.

Caranya, Anda bisa mengambil kain lembut bekas tetapi harus dalam kondisi normal. Lalu membuat kain tersebut lembab dengan bantuan air. Kemudian membersihkan sudut mata termasuk kotoran yang menempel secara perlahan.

4. Memeriksakan telinga

Pemeriksaan telinga termasuk hal penting dalam merawat kucing Norwegian forest yang penting dan bisa dilakukan setiap kali Anda melihat kucing mulai gelisah.

Telinga memang menjadi salah satu area rentan kotoran dan kuman. Anda bisa memanfaatkan kain lembut yang belum digunakan untuk membersihkan mata. Selain itu, Anda juga bisa membersihkannya dengan kapas lembut dan lembab.

5. Menghilangkan kotoran dalam telinga

Penggunaan cotton bud memang harus dihindari untuk menghilangkan kotoran dalam telinga kucing. Cotton bud malah membawa kotoran masuk di saluran telinga.

Oleh karenanya, Anda bisa mengunakan kain atau kapas lembut. Kemudian mencelupkannya ke dalam air hangat yang telah dicampurkan sari cuka. Kotoran telinga akan menempel pada kain atau kapas tersebut.

6. Memastikan kebersihan tempat pembuangan kotoran

Dalam urusan merawat kucing Norwegian forest sangat perlu memperhatikan kebersihan. Pasalnya, kucing ini sangat higienis dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan mencakup kebutuhannya terhadap tempat pembuangan kotoran. Kucing ini tidak membuang kotorannya ketika tempat kotoran kurang higienis, sehingga pastikan kotak kotorannya rutin dibersihkan.

7. Membersihkan tempat kotoran

Anda wajib membersihkan tempat kotoran setelah kucing buang air dalam merawat kucing Norwegian yang harus diterapkan. Usahakan untuk ganti pasir dengan pasir baru. Pastikan Anda membuang area pasir yang terkena kotoran agar tidak menimbulkan bau. Setelah itu, Anda bisa menjemur pasir sisa yang tidak terkena kotoran sebelum menambahkan pasir baru.

8. Memasukkan vitamin pada minuman

Norwegian mempunyai bulu lebat yang harus dirawat. Bulu ini bisa tetap terjaga dengan bantuan asupan vitamin. Anda bisa memasukkan vitaman pada minumannya. Hal ini juga bisa dilakukan untuk jenis vitamin lain seperti vitamin kesehatan atau obat ketika kucing sakit. Anda tidak perlu khawatir karena minumannya tidak akan berubah rasa vitamin.

9. Menghindari kucing keluar rumah sendiri

Norwegian lebih baik dipelihara dalam ruangan. Hal ini untuk mencegah terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan. Misalnya, diserang kucing lain, bertengkar, tertabrak, atau dicuri orang. Ini bisa membuat Anda kecewa saat sesuatu terjadi. apalagi saat mengingat harga kucing yang lumayan mahal.

Tips Mudah Bagi Pemula

Norwegian Forest
Norwegian Forest

Sebagai penjelasan lebih lengkap terkait cara merawat kucing Norwegian, Anda akan mendapatkan informasi mengenai tipsnya. Tips berikut ini benar-benar sangat praktis dan mudah dilakukan untuk pemula. Terlebih tipsnya juga terkait dengan perawatan kucing setiap hari. Mulai dari kucing bangun hingga tidur lagi. Bahkan mulai dari makanan hingga kotorannya. Simak penjelasan berikut.

1. Tempat tidur

Norwegian tetap membutuhkan tempat tidur hangat walau berbulu lebat. Anda bisa menggunakan kain lembut dengan sedikit busa. Anda juga bisa membeli tempat tidur khusus kucing agar lebih praktis dan mudah.

Usahakan tempat tidur dalam kondisi bersih agar bulu tidak rusak. Selain itu, ganti kain pelapis tempat tidur minimal setiap pekan.

2. Pemberian makanan

Norwegian cukup mudah dalam hal pemberian makanan. Namun, tetap saja untuk menjaga bulu lebatnya dibutuhkan makanan bernutrisi. Anda perlu membuat diet serius untuknya.

Daging wajib menjadi makanan utama. Lalu diimbangi dengan sereal, sayuran, produk susu dan vitamin. Semua makanan dapat diperoleh dengan mudah. Bahkan praktis sebagai cara merawat kucing Norwegian.

3. Pemberian minuman

Pemberian minuman untuk Norwegian sangat mudah. Anda hanya perlu meletakkan semangkuk air bersih di sebelah mangkuk makanannya. Perhatikan, Anda harus memberikan air minum yang sudah matang.

Jika air berasal dari air galon maka Anda tetap harus mendidihkannya terlebih dahulu. Hal ini untuk menghilangkan kuman dan bakteri yang bisa mengancam kesehatan sehingga sangat penting dalam cara merawat kucing Norwegian.

4. Merawat bulu

Anda harus melakukan perawatan terhadap bulu kucing. Hal ini karena bulu kucing cepat kusut dan membentuk gumpalan kotoran. Anda perlu menyisirnya setiap hari dengan hati-hati agar tidak rontok. Jika tidak sempat maka Anda bisa menggunakan jari-jari Anda. Usahakan untuk tetap menjaga kebersihan agar kotoran tidak kembali lagi menempel di bulu.

5. Vaksinasi

Selain pemberian vitamin, Anda juga perlu melakukan vaksinasi pada kucing dalam merawat kucing Norwegian selanjutnya. Ada tiga vaksin utama untuk kucing, yaituvaksin antibodi, vaksin jamur dan vaksin rabies. Setelah melakukan tiga vaksin tersebut, Anda tetap bisa memberikannya setiap tahun sesuai kebutuhan. Anda cukup membawa kucing ke dokter hewan terdekat untuk mendapatkan pelayanan vaksinasi terbaik.

6. Membawa kucing pada lingkungan lebih luas

Pada dasarnya kucing Norwegian sangatlah mobile. Kucing ini suka berjalan-jalan atau bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Anda bisa membawa kucing pada lingkungan lebih luas. Sehingga kucing dapat menyalurkan energinya. Jika Anda lelah mengajak berkeliling maka biarkan kucing melakukan sendiri. Namun, Anda tetap harus mengawasi setiap gerak dan langkahnya.

Cara merawat kucing Norwegian forest bagi pemula bukan hal yang mudah. Namun, kucing ini memiliki daya tarik khusus yang mampu membuat Anda jatuh cinta. Sehingga setiap perawatan dapat diberikan dengan penuh rasa sayang. Selain itu, kucing ini juga memiliki bulu lebat yang indah dan lembut sehingga bisa dielus-elus dengan penuh manja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *