Cara Merawat Kucing Munchkin Untuk Pemula

Cara merawat kucing munchkin

Pernahkah Anda melihat kucing dengan kaki yang lebih pendek dibandingkan kucing pada umumnya? Kucing itu merupakan jenis kucing Munchkin. Kakinya yang pendek memang menjadi ciri khas dari kucing jenis ini. Kalau Anda seorang pemula dalam memelihara kucing dan ingin memiliki kucing Munchkin, baca dulu ulasan cara merawat kucing Munchkin berikut.

Sejarah dan Kontroversi Kucing Munchkin

Cara merawat kucing munchkin
Kucing Munchkin

Mari berkenalan dulu dengan kucing satu ini sebelum mengulas terkait cara merawat kucing Munchkin. Sejarah kehadiran kucing ini terbilang panjang, bahkan ada kontroversi terkait dengan kaki pendeknya.

Kaki pendek yang dimiliki oleh kucing Munchkin berasal dari mutasi genetik secara alami. Ras anjing juga ada yang memiliki kaki pendek, yakni anjing Dachshund dan Welsh Corgi. Namun kucing Munchkin tidak memiliki masalah pada tulang belakang, berbeda dengan anjing Dachshund dan Welsh Corgi.

Pada tahun 1940-an, seorang dokter hewan di Inggris berhasil menuliskan keturunan kucing berkaki pendek. Ketika Perang Dunia II garis keturunan tersebut menghilang. Akan tetapi, kucing berkaki pendek ini kembali ditemukan pada tahun 1953 di Stalingrad.

Tahun 1983, di Louisana ditemukan seekor kucing berkaki pendek yang dinamakan Blackberry miliki seorang bernama Hochenedel. Keturunan dari kucing tersebut tidak semuanya berkaki pendek, melainkan ada juga sebagian yang berkaki normal seperti kucing pada umumnya.

Hochenedel kemudian memberikan salah satu keturunan Blackberry yang bernama Toulouse kepada temannya. Dari Toulouse itulah lahir kucing Munchkin yang berkaki pendek dilahirkan. Kemudian pada tahun 2003, TICA memberikan status Championship pada kucing ini.

Akan tetapi, ada perdebatan mengenai etis tidaknya mengakui Munchkin sebagai salah satu ras kucing. Mereka yang menentang beralasan bahwa mutasi genetik tidak seharusnya dipromosikan, karena itu bisa mendatangkan konsekuensi buruk untuk kesehatan kucing. Namun mereka yang mendukung membuktikan bahwa tidak terdapat masalah kesehatan spesifik pada Munchkin. Munchkin tetap bisa hidup normal meski kakinya pendek.

Begini Karakter dari Kucing Munchkin

Ketika duduk, posisi duduk kucing Munchkin akan seperti posisi duduk kelinci. Kucing Munchkin bisa mencapai berat 3-4 kilogram, namun bisa lebih berat lagi untuk kucing betina ketika hamil. Panjang kaki depan dengan belakang tidak sama, sehingga badannya tampak bungkuk. Berikut ciri-ciri lainnya dari kucing Munchkin.

1. Wajah dan matanya tampak bulat sempurna

Kucing Munchkin memiliki wajah yang tampak bulat sempurna. Hal tersebut membuat kucing ini semakin tampak menggemaskan. Dengan bentuk wajah demikian, bulu-bulu halus di wajah kucing ini tampak rapi.

Selain itu, mata kucing ini juga bulat sempurna dan tidak bersudut. Dengan kelopak mata yang kecil, bentuk bulat matanya tampak semakin jelas. Warna matanya pun jernih, sehingga tidak heran kucing Munchkin disebut memiliki mata yang indah.

2. Memiliki postur badan yang gemuk

Ketika lahir, kucing Munchkin akan tampak lebih gemuk dibanding kucing pada umumnya. Jadi selain memliki bentuk wajah dan mata yang bulat, badan kucing ini juga tampak bulat. Semakin terlihat menggemaskan, bukan?

3. Lincah dan periang

Kucing Munchkin termasuk kucing yang lincah dan senang sekali bermain. Untuk menghiburnya, Anda bisa memberikannya berbagai mainan kucing, seperti tikus mainan atau bola warna-warni. Selain itu, karena mudah beradaptasi, kucing Munchkin tidak mudah stres meski Anda ajak pindah ke tempat baru.

Belajar Merawat Kucing Munchkin

Kucing Munckin
Kucing Munckin

Anda sudah mengetahui sejarah, kontroversi, hingga masalah kesahatan yang mungkin menimpa kucing munchkin. Lalu bagaimana cara merawat kucing Munchkin, terutama untuk para pemula? Begini caranya.

1. Siapkan semua kebutuhan kucing

Sebelum memelihara kucing, pastikan Anda telah menyiapkan beberapa kucing, seperti tempat makan, tempat minum, litter box, pasir, dan keperluan mandi. Selain itu, jangan lupa juga siapkan makanan kucing, multivitamin, suplemen, dan juga kandang. Untuk minum kucing, lebih baik berikan air yang sudah direbus ya.

2. Menyiapkan perawatan khusus untuk anak kucing

Karena masih dalam masa pertumbuhan, anak kucing memerlukan gizi dua kali lipat lebih banyak dibandingkan yang diperlukan oleh kucing dewasa. Kebutuhan nutrisi tersebut sebenarnya paling utama diperoleh dari ASI. Akan tetapi jika anak kucing yang Anda pelihara itu tanpa induk, Anda harus menyediakan susu kucing untuknya.

Ketika usia anak kucing Munchkin sudah mencapai 5-6 minggu, Anda bisa mulai memberikan wet food sebanyak 4 kali dalam sehari. Saat kucing Anda sudah memasuki usia lebih dari 2 bulan, Anda bisa mulai memberikan dry food. Selain itu, Anda juga bisa membuat sendiri makanan kucing dari bahan baku ikan, daging, ataupun telur.

3. Memandikan kucing minimal sebulan sekali

Kucing sebenarnya bisa mandi sendiri dengan melakukan grooming. Meski begitu, Anda tetap butuh untuk memandikannya, setidaknya satu kali dalam sebulan. Lebih baik lagi kalau Anda memandikannya dua kali dalam sebulan, terutama untuk kucing Munchkin yang berbulu panjang.

4. Sering mengajak kucing bermain

Seperti yang sudah dibahas, kucing Munchkin memiliki karakter yang lincah dan senang bermain. Oleh karena itu, sebisa mungkin Anda mengajaknya bermain, terutama ketika Anda sedang berada di rumah. Agar kucing tidak merasa bosan, Anda juga bisa mengajaknya jalan-jalan di lingkungan perumahan Anda.

5. Rutin memeriksakan kesehatan kucing

Cara merawat kucing Munchkin yang juga tidak kalah penting adalah rutin mengecek kesehatannya ke dokter. Anda juga harus telaten untuk memotong kuku, membersihkan telinga dan mulutnya agar tetap bersih dan sehat. Selain itu, lakukan vaksinasi pada kucing agar daya tahan tubuhnya terhadap penyakit lebih kuat.

Rekomendasi Makanan untuk Kucing Munchkin

Untuk melengkapi ulasan mengenai cara merawat kucing Munchkin, berikut beberapa rekomendasi makanan yang bisa Anda berikan ke kucing kesayangan Anda.

1. Me-O Cat Food

Me-O sangat mudah ditemukan di supermatket maupun minimarket. Harganya terjangkau dan memiliki banyak varian rasa, seperti rasa sapi, ayam, tuna, dan salmon. Nutrisi di dalamnya pun lengkap, mulai dari vitamin C, D, serta omega 3 dan 6.

2. Friskies Meaty Grills

Harga makanan kucing ini terbilang terjangkau, namun memilik kualitas yang bagus. Berbagai kandungan nutrisi, seperti protein, vitamin, dan mineral terkandung di dalamnya. Kalau kucing Anda mengalami masalah pencernaan, Anda bisa memilih makanan ini.

3. Whiskas

Whiskas merupakan salah satu merk makanan kucing yang paling terkenal. Meski harganya terjangkau, kandungan nutrisi di dalamnya sudah lengkap untuk perkembangan kucing Anda. Ada banyak varian rasa yang bisa Anda pilih, mulai dari tuna, ikan laut, dan ikan makarel.

4. Maxi Premium Cat Food

Dengan bentuk kibble bulat dan tidak keras, produk satu ini mudah dikonsumsi oleh kucing Anda. Terdapat dua varian rasa yang tersedia, yakni rasa ayam dan tuna. Nutrisi di dalamnya juga lengkap, mulai dari omega 3 dan 6, vitamin, kalsium, dan lysine.

Itulah beberapa cara merawat kucing Munchkin, terutama untuk Anda yang pemula. Ternyata merawat kucing Munchkin tidak sulit, bukan?

Masalah Kesehatan pada Kucing Munchkin

Agar tidak salah dalam cara merawat kucing Munchkin, Anda perlu juga mengethui masalah kesehatan yang mungkin menimpa kucing Munchkin.

Studi yang telah dilakukan saat ini belum menemukan masalah kesehatan tertentu pada kucing ini karena kaki pendeknya. Jika Anda telaten merawat dan memberi vaksin, maka Munchkin tetap bisa hidup normal.

Perlu diketahui juga bahwa gen penghasil kaki pendek pada kucing Munchkin merupakan autosom dominan. Gen tersebut tidak ada hubungannya dengan jenis kelamin kucing, serta anaknya bisa mewarisi dari salah satu atau kedua induk.

Sayangnya, gen yang seperti ini justru bisa membuat embrio mati dalam rahim, jika diwarisi dari kedua induk. Oleh karena itu, perkawinan pada kucing Munchkin biasanya dilakukan dengan kucing jenis lain, tidak dengan sesamanya.

Berapa Harga Jual Kucing Munchkin?

Kucing Munchkin memang sangat menggemaskan, oleh karena itu tidak heran jika tetap banyak yang ingin memeliharanya meski harus mengeluarkan uang.

Di Indonesia sendiri, harga jual kucing Munchkin berkisar antara Rp1.000.000 – Rp7.000.000. Namun harga jual tersebut relatif tidak stabil, tergantung pada permintaan masyarakat.

Kucing Munchkin betina yang berusia 3 bulan biasanya dihargai Rp6.500.000. Untuk yang berusia 2,5 bulan dihargai sekitar Rp5.000.000. Kucing Munchkin jantan yang sudah berusia 7 bulan dihargai dengan Rp4.000.000.

Semakin besar usia kucingnya, biasanya harga yang ditawarkan akan semakin murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *