7 Cara Merawat Kucing Maine Coon Mudah & Praktis

Cara Merawat Kucing Maine Cone

Maine coon merupakan jenis kucing ras tertua di dunia yang memiliki harga yang cukup mahal. Meskipun begitu banyak pecinta kucing yang rela mengeluarkan banyak uang untuk bisa memelihara jenis kucing ini. Anda harus mengetahui cara merawat kucing maine coon yang benar agar kucing tetap sehat dan menggemaskan.

Cara Merawat Kucing Maine Cone
Kucing Maine Cone

Perawatan kucing maine coon perlu dibedakan dengan merawat kucing jenis lain. Selain karena bulunya yang panjang, kucing maine coon bukanlah jenis kucing yang berasal dari negara tropis. Maine cone merupakan kucing hias populer di Indonesia. Oleh karena itu agar tak salah langkah, Anda perlu mempelajari cara perawatan kucing maine coon agar sehat.

Panduan Merawat Kucing Maine Coon

Kucing Maine Coon
Kucing Maine Coon

Memahami cara merawat kucing maine coon yang tepat jelas akan membuat kucing bertubuh jumbo ini makin sehat. Seperti apa? Berikut penjelasan yang bisa diterapkan.

1. Berikan Makanan yang Bernutrisi Tinggi

Kucing maine coon merupakan kucing ras dengan ukuran tubuh yang sangat besar dibandingkan dengan jenis kucing lainnya. Inilah yang membuat kucing maine coon mendapatkan julukan sebagai kucing raksasa.

Karena postur tubuhnya yang tinggi dan besar, nutrisi yang diperlukan untuk perkembangan kucing juga berbeda dengan jenis kucing lainnya. Kucing maine coon membutuhkan makanan yang banyak mengandung lemak, protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral.

Anda bisa memberikan makanan khusus kucing yang mengandung protein tinggi. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan makanan rumahan dengan mengolah daging yang sudah dimasak terlebih dahulu. Ada baiknya, Anda tidak memberikan garam pada daging yang dimasak untuk menjaga kesehatan bulu kucing.

Cara merawat kucing maine coon yang sudah dewasa dengan yang masih anakan tentu saja berbeda. Anakan kucing membutuhkan protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan kucing dewasa. Anda bisa memberikan makanan kemasan khusus anak kucing yang lebih banyak mengandung protein untuk menunjang perkembangan kucing.

Selain makanan, minuman untuk kucing juga harus Anda perhatikan. Hindari memberikan minuman dari air keran langsung untuk mencegah mikroba masuk ke tubuh kucing. Selain harus memberikan air yang sudah masak, ada baiknya Anda juga rutin mengganti air minum kucing untuk mencegah infeksi pada kucing.

2. Jaga Kebersihan Kandang

Kebersihan kandang menjadi faktor yang penting untuk kesehatan kucing sekaligus cara merawat kucing maine coon paling penting. Setidaknya Anda harus membersihkan kandang setiap hari. Hal ini untuk mencegah kucing terinfeksi beragam mikroorganisme, termasuk jamur yang akan mengganggu kesehatan bulu kucing.

Untuk membersihkan kandang kucing, Anda cukup menyemprot kandang dengan air mengalir. Agar tidak meningkatkan risiko kucing terkena jamur, Anda harus memastikan kandang benar-benar kering sebelum memasukkan kucing ke dalam kandang.

Tetapi jika Anda menggunakan ruangan sebagai kandang kucing. Anda bisa membersihkan kandang setiap hari dan ada baiknya untuk menyemprotkan cairan desinfektan ke kandang kucing. Pastikan pula kandang tidak dalam kondisi lembab yang akan memicu pertumbuhan jamur.

Selain kandang, Anda juga harus membersihkan bak pasir kotoran kucing. Anda bisa menggunakan serok khusus untuk mengambil kotoran dan bekas pipis kucing. Jika Anda ingin berhemat, Anda bisa menjemur pasir yang terkena pipis hingga kering.

Pasir kotoran dengan kondisi yang lembab akan memicu pertumbuhan jamur. Anda harus menghindari bak pasir yang lembab karena akan membuat kulit kucing lebih rentan terkena jamur.

3. Mandikan Kucing dengan Rutin

Karena kucing maine coon merupakan jenis kucing yang memiliki bulu panjang, Anda harus membersihkan tubuh kucing secara rutin. Setidaknya, Anda bisa memandikan kucing dua hari sekali untuk menjaga kebersihan tubuh kucing.

Kucing maine coon merupakan jenis kucing yang takut dengan air. Anda perlu berhati-hati saat memandikan kucing agar tidak terkena gigitan dan cakaran kucing.

Cara merawat kucing maine coon inilah yang akan membuat bulu kucing terlihat indah dan jauh dari risiko jamur. Anda bisa menggunakan sampo khusus kucing yang berfungsi untuk melembutkan bulu kucing agar tampak lebih indah dan berkilau.

Selain itu, ada baiknya Anda juga menggunakan air hangat dengan temperatur yang tepat. Air yang terlalu panas akan membuat bulu kucing rusak dan cenderung memiliki risiko kerontokan.

Untuk mengeringkan bulu kucing setelah mandi juga harus dipastikan bulu kucing benar-benar kering untuk mencegah pertumbuhan jamur. Anda bisa menggunakan hair dryer untuk mengeringkan bulunya sambil disisir agar bulunya cepat kering.

Harap diperhatikan dan berhati-hati saat mengeringkan bulu kucing menggunakan hair dryer. Kucing biasanya akan terganggu dengan suara hair dryer yang akan menimbulkan risiko Anda terkena cakaran atau gigitan kucing.

4. Rawat Kesehatan Bulunya

Kucing maine coon memiliki bulu yang panjang dan perlu Anda rawat agar bulu kucing tetap indah. Biasanya masalah utama yang terjadi pada kucing berbulu panjang adalah jamur. Jamur pada kucing akan membuat bulu kucing menjadi rontok hingga kucing mengalami kebotakan. Tak jarang beberapa jamur pada kucing bisa menular pada manusia.

Agar kesehatan bulu kucing terjaga dan tetap terawat, Anda harus memastikan bulu kucing dalam keadaan lembab karena itu merupakan cara merawat kucing maine coon yang penting. Selain itu, pastikan pula keadaan kandang tetap kering, sehingga tidak ada jamur yang tumbuh di tubuh kucing.

Agar bulu kucing tidak cepat kusut, Anda bisa menyisir bulu kucing secara rutin. Sebaiknya, menyisir bulu kucing dilakukan setiap hari. Selain menghindarkan kucing dari risiko bulu kusut, menyisir rambut juga menjadi terapi tersendiri bagi kucing. Kucing akan menjadi lebih rileks, sehingga terhindar dari stres.

Memberikan vitamin kucing untuk kesehatan bulu juga sangat penting. Anda bisa memasukkan vitamin pada makanan ataupun minumannya. Dengan memberikan vitamin bulu untuk kucing akan membuat bulu kucing tampak indah dan tidak terlihat kusam.

5. Ajak Main Kucing dan Sering Berinteraksi dengan Kucing

Cara merawat kucing maine coon yang akan menjadi aktivitas favorit Anda adalah dengan mengajaknya bermain. Anda bisa memberikan mainan dengan kerincingan yang bisa dimainkan oleh kucing.

Selain bermain bersama kucing, Anda juga harus memperbanyak interaksi dengan kucing. Anda bisa memberikan kasih sayang kepada kucing dengan cara mengelus-elus kepala dan tubuh kucing.

Kasih sayang pada kucing juga bisa Anda tunjukkan dengan cara menggendong kucing. Meskipun kucing maine coon termasuk jenis kucing yang enggan digendong lama, Anda harus menggendong kucing dengan posisi yang tepat agar kucing merasa nyaman berada dalam gendongan Anda.

Dengan berinteraksi dan mengajak bermain kucing, kucing juga terbebas dari stres dan merupakan cara merawat kucing maine coon yang utama. Sehingga kedua belah pihak sama-sama diuntungkan.

6. Cek Kesehatan Kucing

Memiliki harga yang cukup mahal, Anda harus memperhatikan kesehatan kucing secara berkala. Anda bisa memeriksakan kondisi kesehatan kucing secara umum ke dokter hewan.

Selain itu, pastikan vaksinasi yang diberikan kepada kucing lengkap. Anda bisa bertanya kepada dokter hewan, jadwal vaksinasi kucing agar kesehatan kucing tetap terjaga. Cara merawat kucing maine coon memang terbilang cukup mahal. Meski begitu, kesehatan kucing akan terbayar dengan kelucuan tingkah laku kucing yang Anda pelihara.

Selain itu, penting pula untuk memberikan obat cacing secara rutin kepada kucing. Anda bisa membeli obat cacing untuk kucing di petshop dan memberikannya sesuai dosis yang ada pada kemasan.

Jika kucing mengalami tanda-tanda sedang sakit, ada baiknya Anda segera membawanya ke dokter hewan. Hal ini untuk mengantisipasi penyebab penyakit kucing menular ke kucing lain yang Anda pelihara.

7. Berikan Kandang yang Luas

Ukuran tubuhnya yang tinggi dan besar harus seimbang dengan ukuran kandang yang Anda siapkan. Terlebih bagi anakan kucing maine coon yang membutuhkan tempat yang luas untuk bermain. Selain itu, ada baiknya pula Anda memberikan tempat loncatan kucing agar otot kucing tetap terlatih dan menjadi semakin kuat.

Dengan ukuran kandang yang luas akan membuat kucing mudah bergerak aktif. Kandang yang luas juga akan menghindarkan kucing dari risiko stres, terlebih jika Anda baru saja mendatangkan kucing ke kandang barunya.

Dengan memahami cara merawat kucing maine coon dengan benar akan membuat kucing Anda tumbuh dengan sehat dan tetap aktif beraktivitas. Agar tidak salah dalam menjaga kesehatan kucing, Anda bisa berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter hewan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *