11 Cara Merawat dan Mengobati Kucing Lumpuh

Merawat kucing lumpuh

Merawat kucing lumpuh adalah perbuatan yang sangat mulia. Namun dalam merawat kucing tidak boleh dilakukan sembarangan dan mending diserahkan ke ahlinya jika Anda tidak telaten.

Merawat kucing lumpuh
Kucing Lumpuh Sedang Dirawat

Akan tetapi jika Anda penyabar dan penyayang binatang, maka kucing lumpuh bisa dirawat sendiri. Sedangkan caranya bisa dilihat pada list berikut yang berisi cara merawat kucing lumpuh. Sedangkan di akhir nanti akan dijelaskan tentang cara mengobatinya. Ini penjelasan lengkapnya:

Cara Merawat Kucing Lumpuh

Jika memiliki kucing lumpuh rawat dengan baik. Berikut ini adalah cara-cara yang dapat Anda lakukan dalam perawatan kucing yang mengalami lumpuh :

1. Beri Makanan Yang Bergizi

Cara merawat kucing yang lumpuh yang pertama adalah beri makanan yang bergizi dan disukainya. Biasanya kucing yang lumpuh kesulitan untuk mencari makan sendiri. Maka dari itu, Anda harus menyiapkan makanannya dan juga minumnya.

Jika kucing yang lumpuh tetap berselera makan tentu kesehatannya tetap bagus. Bukan tidak mungkin karenanya, kelumpuhan yang di alami bisa sembuh.

Jika kucing lumpuh secara permanen Anda harus tetap menyayanginya. Memberikan makanan bergizi secara teratur adalah bukti Anda penyayang binatang yang bisa menjadi amal pahala yang besar.

Maka dari itu, bagaimanapun kondisi kucing tetap rawat dengan baik. Termasuk memberinya makanan yang sehat, bergizi dan memang disukainya. Jika kucing justru ditelantarkan maka Anda berdosa karena kucing lumpuh juga mahluk tuhan.

Atas dasar itu, kalau memang ingin mempelajari cara merawat kucing lumpuh secara benar, maka mulai persiapkan makanan yang bergizi untuknya. Jika kucing Ras, Anda bisa membeli makanannya di toko perlengkapan dan perawatan kucing.

2. Mengatur Pola Makan

Kucing yang sedang lumpuh tentu malas untuk bergerak. Mencari makanan sekalipun enggan untuk dilakukannya. Tugas Anda adalah mengatur pola makan si kucing agar tetap ideal. Maksudnya kadar pakan tidak terlalu sedikit dan juga tidak terlalu banyak.

Jika terlalu sedikit, kucing akan mengalami kekurangan nutrisi yang berbahaya bagi kesehatannya. Jika kadar pakan terlalu banyak juga berbahaya. Karena di kala itu, kucing tidak aktif sehingga dikhawatirkan terjadi kelebihan kalori.

Pola makan yang baik untuk kucing lumpuh ialah berikan makanan tiga kali sehari. Sedangkan porsinya separuh dari yang biasa diberikan kepadanya. Porsinya boleh ditambah jika kucing sudah mulai nyaman.

3. Buat Alas Kucing Yang Empuk dan Hangat

Kucing yang sedang lumpuh harus diberikan waktu tidur yang cukup. Maka dalam merawat kucing lumpuh berikutnya, persiapkan alas tempatnya istirahat yang nyaman dan hangat. Kalau perlu pilih handuk yang lembut atau kain yang memang disukainya.

Sekadar saran kalau bisa kucing jangan diselimuti karena ia tidak begitu suka hal tersebut. Bisa-bisa ia akan beranjak pergi dengan tertatih-tatih karena sudah tidak nyaman di tempat tersebut.

Silakan hamparkan saja biar dijadikan alasnya untuk tidur. Setelah itu biarkan ia mengatur sendiri posisi tidur yang disukainya. Jangan coba membantunya karena dikhawatirkan menyentuh tubuh yang sakit atau lumpuh.

4. Jangan Suka Mengangkat Kucing

Langkah merawat kucing lumpuh selanjutnya adalah jangan suka mengangkat kucing sekalipun untuk memindahkannya ke tempat yang lebih nyaman. Lebih baik dekatkan tempat tersebut dan biar ia yang pindah sendiri.

Kucing disebut lumpuh karena ada masalah dengan kaki dan tangannya. Namun rasa sakitnya bisa terasa hingga ke sekujur tubuhnya. Maka dari itu, mengangkat tubuhnya justru membuat ia merasa kesakitan.

Sedangkan kalau kandangnya didekatkan, kucing akan beringsut sendiri dengan gerakan yang ia pilih sendiri. Kecuali hewan ini memang tidak bisa bergerak sama sekali sehingga Anda perlu membantunya.

5. Cek Kesehatannya Secara Rutin

Merawat kucing lumpuh yang terakhir adalah cek kesehatannya secara rutin. Minimal bawa ke dokter hewan satu bulan sekali dan bisa dikurangi menjadi dua bulan sekali jika kondisinya sudah stabil.

Tindakan ini dilakukan semata untuk mengetahui kondisi si kucing. Apakah dari kelumpuhannya tersebut timbul gangguan lain atau tidak. Selain itu, supaya perkembangan kelumpuhannya bisa dideteksi apakah sudah sembuh atau sebaliknya.

Lakukan perawatan ini sampai kucing benar-benar sembuh. Minimal sampai hewan ini tidak lagi merasa sakit dan rewel akibat kelumpuhannya.
Jika ada rekomendasi obat yang harus diberikan kepada kucing, maka Anda harus memberikannya dengan rutin. Minimal sesudah makan dengan cara diberikan langsung atau dicampurkan pada makanannya.

Cara Mengobati Kucing Yang Lumpuh

Perawatan untuk kucing yang lumpuh memang perlu dilakukan. Namun, tindakan pengobatan yang benar juga harus diterapkan supaya ia tidak terlalu lama menahan sakit.

Nah di bawah ini akan dijelaskan cara mengobati kucing yang sedang lumpuh. Silakan dilakukan dengan berkelanjutan, sabar dan berdoa atas kesembuhannya. Ini dia cara-cara pengobatan yang dimaksud:

1. Jangan Dibiarkan Beringsut Sendiri

Cara mengobati kucing lumpuh yang pertama dan merupakan langkah selanjutnya dalam merawat kucing lumpuh adalah jangan dibiarkan ia beringsut sendiri. Anda harus tetap membantunya terutama ketika ia ingin membuang kotoran atau kencing.

Biasanya kucing lumpuh yang meminta bantuan pemiliknya ia akan mengeong dan sedikit beringsut dengan menahan rasa sakit. Jika Anda menemukan hal seperti ini, segera bantu ia untuk berjalan.

Perhatian semacam ini yang membuat proses penyembuhan kucing lumpuh semakin cepat. Karena ia tidak banyak bergerak sehingga obat yang diberikan bisa bekerja maksimal.

2. Segera Bawa Ke Dokter Hewan

Jika kucing lumpuh disebabkan oleh kecelakaan, langkah merawat kucing lumpuh yang paling benar adalah segera bawa ke dokter hewan. Supaya segera dilakukan tindakan yang tepat sebelum kelumpuhannya bertambah parah.

Kucing lumpuh yang dibiarkan sampai parah membuatnya sulit bergerak selama-lamanya. Tentu kasihan jika hewan ini harus mengalami kelumpuhan permanen yang menyakitkan.

Maka dari itu, lakukan langkah cepat dengan membawa kucing untuk pengobatan. Ini lebih berpeluang sembuh dibandingkan Anda melakukan pengobatan sendiri.

3. Memberikan Obat Sesuai Dosis dan Aturan Pakai

Kucing yang lumpuh harus diobati dengan obat khusus. Silakan tanyakan ke dokter hewan untuk mengetahui obat apakah yang tepat untuknya.

Jika sudah mendapatkan obatnya pastikan Anda memberikan kepada kucing sesuai dosis dan aturan pakai yang dianjurkan. Karena ia berbeda dengan manusia yang imunnya lebih kuat. Dikhawatirkan jika salah dosis, justru muncul penyakit yang lainnya.

Jika langsung membeli obat dari petshop tanyakan terlebih dahulu kepada penjualnya tentang obat kucing lumpuh yang tepat. Beritahukan pula apa jenis kucing yang akan minum obat tersebut.

Memberikan obat sesuai dosis dan teratur adalah langkah pengobatan kucing lumpuh yang paling penting. Karena benda inilah yang membantunya mengatasi kelumpuhan dari dalam.

4. Dilakukan Operasi

Terkadang kelumpuhan pada kucing hanya bisa diobati dengan operasi. Baik operasi penyambungan maupun pengangkatan (amputasi).

Maka dari itu, jika Anda memang cinta pada kucing yang sudah dipelihara dalam waktu lama, lebih baik patuhi dokter hewan jika memang harus dilakukan operasi. Karena ini terkait langsung dengan keselamatan hewan peliharaan yang lucu tersebut.

Tindakan operasi biasanya dilakukan pada kucing yang kelumpuhannya sudah parah. Termasuk lumpuh akibat hantaman benda keras yang membuat struktur tulangnya patah atau retak.

5. Melatih Kucing Berdiri Dengan Mainan

Untuk mengobati kucing yang lumpuh agar kembali bisa berdiri adalah melatihnya dengan menggunakan mainan. Silakan angkat mainan yang disukai di atas tubuhnya, maka biarkan ia yang sedang berusaha untuk menggapainya.

Aktivitas ini bisa merangsang kucing untuk berdiri dengan baik. Memang di awalnya susah, tetapi lama kelamaan ia akan terbiasa. Maka dari itu, lakukan latihan ini terus menerus tanpa rasa putus asa.

Pastikan latihan berdiri untuk kucing yang lumpuh diterapkan jika sudah mendapatkan izin dari dokter hewan yang merawatnya. Karena dikhawatirkan jika kondisi kaki dan tangannya masih belum kuat, maka cedera yang dialaminya akan semakin parah.

6. Melatih Berjalan

Cara mengobati kucing lumpuh yang terakhir adalah melatihnya untuk berjalan. Caranya dengan mengangkat tubuhnya terlebih dahulu. Jika tidak ada perlawanan darinya, berarti tubuhnya sudah tidak sakit lagi.

Selanjutnya mulai dengan menyentuh kaki si kucing dengan lembut. Jika responnya juga tenang, mulai digerakkan perlahan ke depan dengan tangan Anda yang lain tetap menopang tubuhnya.

Merawat kucing lumpuh apalagi mengobatinya adalah tindakan yang sangat mulia. Tuhan pasti mencatatnya sebagai amal ibadah dengan pahala yang sudah menanti Anda. Tentunya syarat perawatan harus ikhlas dan sabar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *