12 Cara Merawat Kucing Liar Agar Nurut

Cara Merawat Kucing Liar

Apakah Anda ingin mengambil kucing di jalanan? Meski masih liar, ternyata beberapa kucing ada yang terlihat bersih dan terawat. Anda bisa menjadikan kucing liar menjadi kucing peliharaan yang nurut. Untuk mempermudah Anda berikut cara merawat kucing liar.

Cara Merawat Kucing Liar
Ilustrasi Kucing Liar

Di Indonesia terdapat banyak populasi kucing yang hidup bebas di jalanan. Meski masih liar, ternyata sebagian besar kucing yang hidup di jalanan termasuk jenis kucing kampung. Jika kucing terawat dengan baik, kucing yang liar lama-kelamaan akan menjadi kucing penurut.

Cara Merawat Kucing Liar untuk Pemula

Pada dasarnya, perawatan kucing liar hampir sama dengan perawatan kucing lainnya. Yang pasti, buat kucing liar jadi lebih sehat supaya tidak menularkan penyakit ke kucing lain di dalam rumah. Bagaimana caranya? Ini ulasannya!

1. Mandikan Kucing

Hal pertama dalam cara merawat kucing liar jika ingin menjadikannya sebagai kucing peliharaan adalah dengan memandikan kucing. Anda perlu berhati-hati saat memandikan kucing, karena kucing kampung akan memberontak saat terkena air.

Gunakan air hangat kuku agar bulu kucing tidak rontok. Jika Anda menemukan kutu pada tubuh kucing, Anda bisa menggunakan shampo kucing anti kutu agar tidak menular ke kucing Anda yang lain.

2. Berikan Makanan Bernutrisi Tinggi

Kucing liar biasanya makan sembarang apa saja yang ditemukan. Bahkan terkadang kucing liar lebih suka berburu hewan kecil seperti tikus atau burung kecil.

Agar kucing menjadi lebih sehat, Anda bisa memberikan makanan dengan nutrisi yang diperlukan oleh kucing. Untuk permulaan Anda bisa memberikan daging yang sudah masak. Sambil diberikan daging masak atau wet food, Anda juga bisa memberikan dry food, sehingga kucing akan terbiasa memakan dry food saat Anda tidak memiliki stok daging.

Selain makanan, Anda juga bisa memberikan vitamin yang diperlukan kucing untuk memelihara kesehatan tubuhnya. Cara merawat kucing liar ini sangat penting, meskipun pada dasarnya daya tahan kucing liar lebih baik dibandingkan kucing ras.

3. Biarkan Kucing Bebas di Rumah

Kucing liar merupakan kucing yang tidak suka dikekang atau dikurung dalam kandang. Agar kucing tidak stres, cara merawat kucing liar yang tepat adalah membiarkannya lepas untuk mulai mengeksplorasi rumah. Ada baiknya Anda tetap mengawasi kucing karena biasanya kucing liar akan bergerak aktif dan berisiko untuk merusak perabot rumah.

Selain itu, kucing jantan yang sudah dewasa juga akan melakukan spraying untuk menandai wilayah kekuasaannya. Ada baiknya Anda tetap mengawasi kucing dan langsung membersihkan bekas spraying karena akan menimbulkan bau yang tidak sedap.

4. Berikan Mainan

Kucing yang berada di lingkungan baru cenderung akan stres dan harus beradaptasi. Agar kucing tidak stres dan betah di rumah, Anda bisa menyediakan aneka mainan kucing di dalam rumah. Anda juga bisa mengajak kucing bermain, agar kucing lebih dekat dengan Anda.

Garukan khusus untuk kucing bisa Anda berikan dan letakkan di tempat yang strategis. Hal ini untuk mencegah kucing menggaruk kukunya secara sembarang. Terlebih jika kucing menggaruk sofa yang akan membuat sofa Anda menjadi rusak.

5. Cek Kesehatan Kucing

Cara merawat kucing liar yang paling penting adalah dengan mengecek kondisi kesehatan kucing secara keseluruhan. Mengecek kesehatan kucing dapat memberikan informasi kesehatan kucing secara keseluruhan.

Biasanya kucing akan dicek kondisi bulunya, apakah terdapat jamur pada kulit atau kutu. Selain itu, mengecek mata ataupun telinga juga dapat memberikan informasi mengenai kesehatan kucing.

6. Ajari Kucing untuk Tidak Buang Air Sembarang

Karena terbiasa hidup di lingkungan bebas, umumnya kucing liar akan suka buang air secara sembarang. Agar Anda tidak kerepotan membersikan kotoran dan pipis kucing, cara merawat kucing liar berikutnya adalah dengan menyediakan bak pasir untuk tempat kotoran kucing.

Anda bisa menunjukkan bak pasir kepada kucing dengan cara meletakkan kucing di atas bak pasir. Jika kucing menggaruk-garuk pasir, kucing akan mengetahui tempat untuk buang air. Agar kucing mau buang air di bak pasir, ada baiknya Anda memisahkan bak pasirnya dengan bak pasir milik kucing peliharaan Anda.

7. Berikan Kasih Sayang

Memberikan kasih sayang kepada kucing liar adalah cara merawat kucing liar terpenting agar dia makin bahagia, sehingga daya tahan tubuh kucing tetap terjaga. Anda bisa mengelus-elus kepala kucing dan menggendongnya agar kucing merasa nyaman dengan Anda.

Cara Menjinakkan Kucing Liar

Salah satu yang membedakan antara kucing liar dan kucing peliharaan adalah karakteristik kucing. Meskipun beberapa kucing liar sudah terbiasa berinteraksi dengan manusia, Anda tetap harus waspada, karena ada kemungkinan kucing menggigit dan mencakar saat kucing merasa dirinya tidak aman.

Agar kucing liar yang Anda temukan bisa nurut, Anda perlu menjinakkan kucing untuk bisa dijadikan sebagai binatang peliharan. Cara merawat kucing liar agar menjadi jinak ini dapat Anda lakukan sendiri dan tetap waspada karena sifat asli kucing yang sudah terbiasa hidup bebas.

1. Kenali Karakter Kucing

Kucing liar memiliki karakter yang berbeda dengan kucing rumahan. Jika kucing liar yang Anda temukan terlihat bersih dan terawat, bukan berarti kucing akan mudah dipegang. Beberapa kucing liar cenderung akan menghindari manusia dan akan menggigit ketika dipegang.

Saat Anda mengambil kucing liar untuk dijadikan kucing peliharaan, Anda perlu memperhatikan karakter kucing tersebut. Ada baiknya Anda menghindari kucing yang kurang nyaman berdekatan dengan manusia untuk meminimalisir terkena gigitan atau cakaran dari kucing.

2. Perhatikan Bahasa Tubuh Kucing

Anda bisa mengenali bahasa tubuh kucing dengan melihat bentuk ekornya. Hal ini bisa terlihat jika ekor kucing panjang. Jika kucing liar yang Anda temukan memiliki ekor yang pendek, Anda bisa mengenali bahasa tubuh kucing melalui mata kucing.

Kucing yang menunjukkan rasa persahabatan akan membulatkan pupil matanya. Jika pupil mata kucing terlihat mengecil, kucing cenderung akan menghindar dan lari.

Selain melihat dari bentuk tubuh kucing, Anda juga bisa mengenali kucing dengan melihat tingkah laku kucing. Kucing yang ramah akan mendekati Anda saat diberikan makanan ataupun ketika Anda memegangnya.

3. Siapkan Tempat Bermain

Agar kucing menjadi lebih jinak, Anda bisa menyiapkan tempat bermain yang luas. Cara merawat kucing liar memang terbilang harus telaten, terlebih Anda harus menyiapkan lingkungan yang mirip dengan lingkungan tempat tinggal kucing sebelumnya.

Selain tempat yang luas, Anda juga harus menyiapkan berbagai mainan untuk kucing. Dengan adanya mainan di ruangan kucing akan membuat kucing lebih betah. Ketika kucing sudah mulai betah dengan lingkungan barunya akan membuat kucing lebih jinak dan nurut.

4. Sering Gendong dan Mengelus Kucing

Kucing merupakan hewan yang senang berada di dekat manusia. Agar kucing menjadi jinak dan lebih nurut pada Anda, menggendong dan mengelus kepala kucing agar kucing menjadi lebih nyaman. Agar tidak terkena gigitan ataupun cakaran kucing, sebelum Anda menggendong ataupun mengelus kepala kucing, pastikan kucing dalam kondisi yang tenang.

Selain itu, perhatikan pula apakah kucing sedang lapar atau sudah kenyang. Ketika dalam keadaan lapar, kucing cenderung akan menjadi liar. Jadi, sebelum Anda menggendong atau mengelus kucing, Anda perlu memberikan makanan kepada kucing terlebih dahulu.

Dengan menggendong dan mengelus, ini merupakan cara merawat kucing liar yang bertujuan mempererat bonding Anda dengan kucing. Hal ini akan membuat kucing menjadi lebih jinak. Ketika kucing menjadi jinak, kucing akan lebih dekat dengan Anda dan lebih mudah nurut ketika diperintah.

5. Sering Ajak Kucing Bermain

Baik anakan kucing ataupun kucing dewasa merupakan kucing yang senang diajak bermain bersama. Anda bisa menggunakan kemoceng ataupun tali untuk bermain bersama kucing.

Selain dapat memperkuat ikatan Anda dengan kucing, mengajak kucing bermain juga dapat mengurangi stres pada kucing. Kucing yang stres cenderung akan menurun daya tahan tubuhnya yang berakibat mudahnya penyakit menyerang tubuh kucing. Saat kucing bermain juga akan melatih otot kucing menjadi lebih kuat.

Manfaat lainnya juga bisa Anda dapatkan ketika sedang bermain dengan kucing. Bermain dengan kucing akan membuat mood Anda menjadi lebih baik, sehingga baik untuk mengurangi risiko stres.

Cara merawat kucing liar membutuhkan ketelatenan agar kucing menjadi lebih nurut pada Anda. Untuk menghindari penyakit yang dibawa oleh kucing, ada baiknya Anda mengecek kondisi kesehatan kucing agar tidak tertular penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *