Cara Merawat Kucing Kampung Agar Sehat dan Gemuk

Cara merawat kucing kampung

Kucing kampung merupakan salah satu jenis kucing yang paling banyak ditemukan di Indonesia. Meskipun banyak jenis kucing lain yang menjadi primadona, bukan berarti kucing kampung tidak memiliki daya tarik. Agar kucing kampung Anda menjadi lebih sehat dan gemuk, Anda bisa memperhatikan cara merawat kucing kampung yang baik.

Cara merawat kucing kampung
kucing Kampung | Image Source : kucingdomestikindonesia.blogspot.com

Perawatan kucing kampung menjadi lebih gemuk dan memiliki bulu halus hanya soal ketelatenan dan ketekunan dari Anda sebagai pemilik kucing. Dengan merawat kucing kampung dengan baik akan membuat kucing gemuk, sehat, penurut, dan tidak liar. Tak jarang, kini banyak kontes kucing kampung yang bisa Anda ikuti untuk meningkatkan popularitas kucing kampung.

Cara Merawat Kucing kampung Agar Cepat Gemuk

Meskipun kucing kampung tidak memiliki bulu yang lebat, tetapi ketika kucing dalam keadaan gemuk akan sangat menggemaskan. Anda bisa membuat kucing kampung Anda lebih gemuk dengan waktu yang singkat dengan ketelatenan Anda dalam merawat kucing kampung. Berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk membuat kucing cepat gemuk:

1. Menambah Nafsu Makan Kucing

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menambah nafsu makan kucing. Anda bisa menggunakan makanan kucing berkualitas tinggi, seperti Royal Canin. Meskipun makanan merek ini memiliki harga yang cukup mahal, tetapi cukup efektif untuk menaikkan berat badan kucing.

Selain menggunakan makanan kemasan berkualitas tinggi, Anda juga bisa memberikan ikan tanpa bumbu yang sudah matang kepada kucing Anda. Kucing kampung cenderung lebih menyukai ikan ataupun daging karena memiliki bau yang khas yang akan membuat nafsu makan kucing semakin bertambah.

2. Tidak Memberikan Nasi secara Berlebihan

Sebagian orang cenderung lebih banyak mencampurkan nasi dengan daging atau ikan agar kucing cepat kenyang dan gemuk. Hal ini tidak sepenuhnya benar. Kucing tidak memerlukan banyak karbohidrat untuk aktivitasnya sehari-hari. Selain itu, karbohidrat yang dikonsumsi secara berlebihan oleh kucing dan jangka waktu yang lama akan mengakibatkan kelebihan gula pada tubuh kucing.

3. Memberikan Makanan Berprotein Tinggi

Makanan berprotein tinggi merupakan makanan dengan nutrisi terbaik untuk kucing. Dengan memberikan makanan berprotein tinggi akan membuat kucing Anda menjadi lebih gemuk. Anda bisa memberikan jenis protein hewani ataupun protein nabati dengan cara dimasak terlebih dahulu.

Daging atau ikan menjadi makanan favorit bagi kucing kampung. Selain karena kucing merupakan hewan karnivora, daging dan ikan menjadi makanan yang paling dibutuhkan karena kandungannya yang tinggi protein.

Meskipun daging dan ikan disukai oleh kucing, ada baiknya Anda merebus, mengukus, atau menggoreng terlebih dahulu sebelum diberikan kepada kucing untuk mencegah adanya infeksi mikroorganisme dari makanan yang belum matang.

Selain daging dan ikan, Anda juga bisa memberikan tempe rebus atau tempe goreng untuk kucing. Tempe menjadi salah satu makanan yang baik untuk kucing karena dapat membantu metabolisme tubuh kucing.

4. Memberikan Makanan yang Tepat

Cara merawat kucing kampung selanjutnya adalah dengan memberikan makanan yang tepat. Terlebih dahulu Anda harus mengetahui kondisi kucing Anda. Kucing yang sedang hamil, menyusui, dan anakan kucing membutuhkan makanan dengan protein yang lebih tinggi untuk menunjang pertumbuhannya. Selain itu pemberian makanan untuk kondisi kucing tertentu akan membuat kucing lebih sehat dan berat badan kucing tetap terjaga.

Pemberian makanan untuk kucing juga sebaiknya disesuaikan dengan berat badan kucing. Pertambahan berat badan kucing dan usia kucing akan berpengaruh dengan jumlah makanan yang diberikan kepada kucing. Meskipun begitu, frekuensi pemberian makanan kucing semakin berkurang seiring bertambahnya usia kucing.

5. Vitamin untuk Kucing

Vitamin menjadi salah satu nutrisi yang baik untuk menambah nafsu makan kucing, menjaga daya tahan kucing, dan membuat bulu kucing menjadi lebih indah. Anda bisa memberikan minyak ikan untuk dicampur dengan makanan ataupun diberikan langsung ke kucing Anda. Selain minyak ikan, Anda juga bisa membeli vitamin penambah nafsu makan di pasaran.

6. Memberikan Susu Kucing

Susu khusus kucing menjadi nutrisi tambahan untuk kucing Anda. Biasanya susu khusus kucing merupakan susu yang rendah laktosa dan tinggi protein. Beberapa produk susu kucing banyak dijual di pasaran dalam bentuk bubuk yang sudah terjaga tingkat higienitasnya.

Protein merupakan kandungan gizi yang baik untuk membuat kucing untuk membantu pertumbuhan kucing dan menambah berat badan kucing. Selain itu, dengan memberikan susu kucing akan mencegah kucing Anda terhindar dari risiko diare dibanding dengan pemberian susu yang biasa diminum manusia.

7. Memberikan Obat Cacing secara Teratur

Cacingan merupakan salah satu masalah kesehatan yang kerap dialami oleh kucing kampung. Ketika kucing Anda mengalami cacingan, maka sebagian besar nutrisi yang dikonsumsi oleh kucing Anda akan diambil cacing dan mengakibatkan kucing menjadi lebih kurus.

Anda bisa memberikan obat cacing secara rutin 3 bulan sekali. Beberapa produk obat cacing di pasaran bisa Anda temui dalam berbagai bentuk, baik tablet maupun drop. Berikan obat cacing sesuai dosis yang dianjurkan dalam kemasan. Sebelum memberikan obat cacing, ada baiknya Anda mengetahui berat badan kucing untuk mengetahui dosis obat cacing yang akan diberikan.

8. Ajak Kucing Makan Setelah Bermain

Kucing yang masih muda biasanya lebih banyak bermain. Kucing akan kehilangan banyak tenaga setelah beraktivitas. Untuk memulihkan tenaganya, Anda bisa memberikan makanan ataupun camilan khusus untuk kucing. Dengan memberikan makanan langsung setelah kucing beraktivitas akan membantu memulihkan tenaga kucing, sehingga kalori yang terbuang bisa langsung diganti dan berat badan kucing tidak berkurang.

9. Sering Mengajak Bermain Kucing

Mengajak kucing bermain akan membuat mood kucing menjadi baik. Ketika mood kucing membaik akan mempengaruhi nafsu makan kucing. Menjaga mood kucing setidaknya akan membuat kucing Anda memiliki nafsu makan yang baik, sehingga tubuh kucing menjadi lebih gemuk.

10. Menggunakan AC (Air Conditioner)

Menempatkan kucing di ruangan ber-AC akan membuat kucing nyaman dan cenderung bermalas-malasan. Hal ini akan membuat aktivitas kucing hanya makan dan tidur. Ketika kucing kampung berkurang aktivitasnya akan membuat kucing menjadi lebih cepat gemuk.

Selain itu, kondisi ruangan ber-AC akan mencegah kondisi bulu kucing lembab. Dengan kondisi bulu kucing yang tetap kering inilah yang akan membuat kucing terbebas dari segala penyakit kulit yang mudah menginfeksi kucing kampung, seperti scabies ataupun adanya kutu kucing.
Cara Merawat Kucing Kampung Agar Tetap Sehat

Cara Agar Kucing Kampung Selalu Sehat

Meskipun kucing bertambah gemuk dengan waktu yang relatif singkat, Anda tetap harus menjaga kucing kampung Anda tetap dalam kondisi yang sehat. Hal ini dikarenakan kucing kampung yang sehat akan memiliki daya tahan yang kuat dan jarang sakit, sehingga kucing tidak akan kehilangan berat badan. Agar kucing kampung Anda tetap sehat, Anda bisa melakukan beberapa perawatan kucing kampung berikut ini.

1. Vaksinasi

Vaksinasi sebagai bagian dari cara merawat kucing kampung merupakan salah satu cara mencegah penyakit terbaik untuk kucing kampung. Dengan vaksinasi akan membantu meningkatkan daya tahan tubuh kucing dan dapat menghindarkan kucing dari berbagai penyakit.

Vaksinasi pada kucing kampung bisa diberikan sejak kucing berusia 6 minggu. Di usia 6 minggu ini daya tahan tubuh kucing masih rentan, sehingga membutuhkan proteksi khusus agar kucing kampung Anda tetap sehat. Beberapa vaksinasi pada kucing tergantung dari usia saat kucing akan diberikan. Anda bisa memberikan vaksin distemper, rabies, hepatitis, parainfluenza, leptospira, parvo, dan corona.

2. Hindari Memberikan Makanan yang Masih Mentah

Pada umumnya, kucing kampung lebih menyukai makanan yang memiliki bau amis dibanding makanan yang sudah dimasak, seperti ikan mentah atau daging mentah. Meskipun begitu, ada baiknya Anda menghindari makanan yang masih mentah untuk diberikan ke kucing Anda. Hal ini dikarenakan banyaknya mikroorganisme berbahaya yang dapat menginfeksi kucing Anda.

3. Memandikan Kucing

Cara merawat kucing kampung yang berikutnya adalah dengan memandikan. Meskipun kucing memiliki kebiasaan untuk menjilati bulunya, ada baiknya Anda memandikan kucing Anda secara rutin 2 minggu sekali. Hal ini dapat membersihkan bagian tubuh kucing yang tidak dapat dijangkau, seperti bagian wajah kucing, leher, dan punggung kucing. Sehingga kucing menjadi lebih sehat dan jarang terserang penyakit.

Anda bisa memandikan kucing dengan menggunakan air hangat yang tidak terlalu panas untuk mencegah bulu kucing rontok. Agar semakin bersih, Anda bisa menggunakan shampo khusus kucing untuk menjaga keindahan bulu kucing dibanding menggunakan shampo manusia.

4. Membersihkan Kuku dan Telinga Kucing

Meskipun kucing merupakan hewan yang lucu, tetapi naluri kucing yang merupakan hewan liar tidak bisa dihindarkan. Untuk mencegah Anda terkena cakaran kucing, Anda bisa memotong kuku kucing dengan menggunakan alat pemotong kuku khusus. Selain dapat membersihkan kuku kucing dari kotoran, membersihkan kuku kucing secara rutin dapat menghindarkan kucing dari infeksi berbahaya.

Selain kuku, telinga kucing juga harus sering dibersihkan. Pembersihan telinga kucing dapat menggunakan cotton bud dan baby oil. Membersihkan telinga kucing secara rutin akan membuat kucing lebih sehat dan terhindar dari kutu telinga kucing.

5. Cek Kesehatan Kucing Secara Berkala

Pemeriksaan secara berkala dapat membantu Anda untuk mengetahui status kesehatan kucing Anda. Anda bisa mengetahui kesehatan umum kucing dengan pemeriksaan bulann dan pemeriksaan organ kucing dengan pemeriksaan tahunan. Dengan pemeriksaan kesehatan kucing secara berkala akan mengantisipasi kemungkinan hal-hal yang dapat membahayakan jiwa kucing Anda.

6. Jaga Kebersihan Lingkungan

Lingkungan menjadi faktor penting yang mempengaruhi kesehatan kucing. Tempat bermain, tempat untuk tidur kucing, dan tempat kotoran kucing diharapkan bersih dari kotoran atau pipis kucing. Dengan lingkungan yang bersih akan membuat kucing lebih sehat dan terjaga daya tahan tubuhnya. Anda bisa membersihkan tempat kotoran kucing setiap hari agar tidak menimbulkan penyakit untuk kucing dan menjaga udara tetap segar.

7. Memberikan Minuman yang Higienis

Tak hanya makanan yang higienis saja yang diberikan kepada kucing, minuman juga harus diberikan dan diganti setiap hari. Hal ini untuk mencegah adanya mikroorganisme yang berkembang dalam tempat minum kucing. Minuman yang diberikan untuk kucing sebaiknya merupakan air matang yang sudah terbebas dari kontaminasi yang dapat membahayakan jiwa kucing Anda.

Selain memberikan minuman yang higienis, tempat minum kucing juga harus sering dibersihkan untuk menghindari adanya lumut ataupun parasit yang bersarang di dalamnya. Pembersihan tempat minum air dan tempat makan kucing akan menghindarkan kucing dari beberapa penyakit infeksi yang membuat kucing rentan terserang penyakit.

Nah, itulah cara merawat kucing kampung yang bisa Anda lakukan. Dengan ketelatenan dalam perawatan akan membuat kucing kampung Anda lebih gemuk, sehat, dan tidak kalah dengan kucing jenis lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *