11 Cara Merawat Kucing Kampung Agar Nurut

Cara merawat kucing kampung jadi nurut

Memiliki kucing kampung yang jinak dan nurut sungguh sangat menyenangkan. Pasalnya, mereka hewan yang lucu dan menggemaskan. Tentu rasa sayangnya akan semakin bertambah jika hewan ini juga penurut. Ironisnya cara merawat kucing kampung agar nurut dan jinak tidaklah gampang.

Cara merawat kucing kampung jadi nurut
2 ekor Kucing Kampung

Jika Anda tidak tahu cara merawat kucing yang baik, jangankan untuk patuh dan nurut justru kucing tidak akan terlihat menggemaskan. Yang ada kucing terlihat kurus dan kusam.

Atas dasar itu, di bawah ini akan dijelaskan tentang cara merawat kucing yang baik. Sedangkan di akhir nanti juga akan diurai tentang tips membuat kucing penurut terutama untuk kucing kampung. Mari dimulai saja, ini dia penjelasan lengkapnya:

Cara Merawat Kucing Kampung Yang Benar

Untuk kucing jenis kampung dibutuhkan perawatan yang benar. Karena hewan ini lebih rentan sakit terutama yang memeliharanya dari bayi. Nah, untuk Anda yang ingin merawat kucing kampung, ini dia caranya:

1. Dimandikan dengan Rutin

Cara merawat kucing kampung agar nurut yang pertama adalah kucing dimandikan dengan rutin. Pastikan pemandiannya tidak terlalu sering atau minimal 1 minggu sekali saja.

Kucing kampung dimandikan semata agar bulunya bersih. Selain itu, juga membuat tubuh kucing sehat. Karena sebagian besar kuman menempel di bulu kucing yang harus dibersihkan setiap saat.

Selain itu, kucing yang tidak pernah dimandikan biasanya di bulunya penuh jamur. Ini yang membuat bulu halusnya mudah rontok. Jadi wajar jika kucing malas mandi bulunya tidak kunjung lebat.

2. Menyisir Bulu Kucing dengan Lembut

Yang indah dari hewan kucing, bukan hanya bentuk tubuh dan raut mukanya saja. Tetapi bulunya juga menjadi alasan mengapa hewan ini begitu menggemaskan. Maka dari itu, cara merawat kucing kampung agar nurut selanjutnya adalah selalu menjaga kesehatan dan kerapian bulu kucing. Caranya dengan menyisirnya secara rutin.

Jika Anda memelihara kucing kampung pastikan menyisirnya dengan lembut. Jika perlu, silakan gunakan sisir bergigi jarang dan tumpul supaya tidak melukai kulitnya. Pastikan pula tidak menyisir ketika bulu kucing sedang basah, agar tak rontok.

3. Menjaga Psikologi Si Kucing

Segala jenis kucing, apalagi kucing kampung memiliki psikis tidak seimbang. Maka dari itu, kucing jenis ini mudah stres yang bisa mengganggu kesehatannya.

Karena alasan inilah jangan sekali-kali memukul kucing kampung atau membentaknya dengan keras. Karena ini bisa membuat psikis-nya semakin tidak seimbang yang efeknya membuat kucing depresi.

Jika ingin memiliki kucing kampung yang sehat dan tetap menggemaskan perlakukan dia dengan baik. Karena ini yang membuat psikologinya lebih tenang dan nyaman. Setelah itu silakan ajak dia bermain dan jauhkan dari hewan yang membuatnya takut. Karena sekalipun kucing kampung yang terbiasa hidup liar, mereka tetap memiliki rasa takut.

4. Memberi Makanan yang Tepat

Cara merawat kucing kampung agar nurut yang selanjutnya adalah memberi makanan dan minuman yang tepat. Karena asupan yang baik menjadi penentu kesehatan tubuh si kucing.

Sejatinya kucing kampung tidak pilih-pilih makanan. Berbeda dengan kucing jenis lain yang harus diberikan makanan khusus. Sekalipun demikian, asupan nutrisi untuk kucing kampung juga harus diperhatikan. Artinya makanan boleh asal tetapi tidak juga sembarangan.

Kucing kampung suka semua jenis ikan. Tetapi ikan yang proteinnya bagus adalah ikan kukus. Jika tidak menemukannya silakan diberikan ikan lele, teri, bandeng dan pindang yang protein dan lemaknya juga cukup ideal.

5. Menjaga Kesehatan Kucing

Kucing adalah mahluk yang bernyawa sehingga bisa sakit dan mati. Karena itulah dibutuhkan perawatan khusus terkait dengan kesehatan hewan ini.

Caranya dengan menjaga pola makan serta selalu mengontrol kesehatan tubuhnya. Jangan malu membawa kucing Anda ke dokter hewan minimal 3 bulan sekali. Karena ini sebentuk perawatan yang bisa membuat kucing tetap sehat.

Cara Menjinakkan Kucing Kampung Agar Menjadi Penurut

Setelah perawatan dilakukan maksimal, dan kucing sudah sehat, maka baru dilakukan penjinakan. Tujuannya adalah supaya kucing lebih nurut pada pemiliknya. Nah, berikut beberapa tips menjinakkan kucing kampung yang bisa dicoba:

1. Kenali Karakter Kucing Terlebih Dahulu

Cara merawat kucing kampung agar nurut dan jinak yang pertama adalah kenali karakter kucing terlebih dahulu. Hal ini membutuhkan pengamatan serius yang bisa Anda lakukan di rumah.

Karakter kucing yang perlu dipelajari adalah sifatnya saat stres, marah, lapar, sakit dan selainnya. Jika ini sudah diketahui dengan baik, maka proses penjinakan menjadi lebih mudah.

2. Amankan Kucing Dari Benda-Benda Berbahaya

Yang namanya kucing kampung pasti lebih aktif dibandingkan jenis yang lain. Karena ini jenis kucing liar yang memang memiliki sifat hidup mandiri di lingkungan bebas.

Namun jika Anda berniat memahami cara untuk membuat kucing kampung menjadi nurut, letakkan di dalam rumah. Untuk pertama kali memang tidak betah. Bahkan beberapa kali dia mencoba untuk kabur dengan menaiki benda-benda yang ada di dekatnya.

Tugas Anda adalah mengamankan kucing dari benda-benda yang membahayakan. Seperti barang pecah belah, benda yang bisa meledak, benda bersuhu panas dan tajam, serta benda berbahaya yang lainnya.

3. Buat Ruang Khusus Tempat Kucing Bermain

Langkah selanjutnya adalah buat ruang khusus tempat kucing bermain. Lalu letakkan beberapa benda yang sekiranya kucing menyukainya. Seperti bola warna-warni, gantungan kunci, mainan plastik, dan selainnya.

Biarkan kucing berinteraksi dengannya sendirian. Baru jika kucing sudah lebih tenang dan betah tinggal di ruang tersebut, Anda bisa menemaninya untuk bermain.

Ruang khusus tempat bermain berfungsi untuk mengurangi keliaran kucing kampung. Sehingga dia lebih mudah untuk dijinakkan dan diarahkan. Karena jika kucing kampung masih liar, proses membuatnya menjadi penurut sangat sulit. Bahkan terkesan tidak mungkin untuk dilakukan.

Oleh sebab itu, silakan bangun ruang khusus untuk tempatnya bermain. Biarkan kucing nyaman di situ sehingga enggan untuk meninggalkannya. Tahapan ini penting dalam cara merawat kucing kampung agar nurut agar kucing perlahan meninggalkan sifat liarnya.

4. Mengusap Kepala Si Kucing

Jika kucing sudah tenang, mulai dekati dia dengan lembut dan penuh kasih sayang. Caranya dengan mengelus kepalanya secara perlahan-lahan. Perlakuan ini ternyata membuatnya aman dan menjadikannya lebih penurut.

Jika kucing masih ingin menghindar, pindahkan usapan pada seluruh badannya kecuali ekor. Karena semua kucing apalagi kucing kampung tidak suka di pegang ekornya. Yang ada dia akan marah bahkan bisa mencakar Anda.

Silakan lakukan usapan di seluruh badan dengan lembut. Biasanya kucing tidak menghindar jika diperlakukan seperti itu. Jika dia mulai bergerak, sejatinya cuma ingin berpindah tempat saja. Lepaskan dulu baru lakukan usapan kembali di tempat yang membuatnya ia nyaman.

5. Ajak Kucing Bermain

Untuk Membuat kucing kampung jinak dan penurut yang selanjutnya adalah mengajaknya bermain. Namun sebelumnya harus diketahui terlebih dahulu mainan apa yang disukainya. Setelah itu silakan mainkan benda tersebut berdua.

Jika tips ini berhasil dilakukan, biasanya kucing lebih dekat dengan Anda. Karena baginya, Anda adalah orang yang membuatnya nyaman dan senang. Bahkan hewan ini tetap mau sekalipun Anda mengajaknya lari, main lompat tali, main bola dan selainnya.

Jika dalam merawat kucing kampung agar bisa nurut sudah sampai di tahap ini dan berhasil, berarti sebentar lagi kucing akan jinak dan menjadi penurut. Anda tinggal menjaganya tetap dalam kondisi tersebut untuk waktu yang lama. Yang terpenting interaksi dengan kucing harus ditingkatkan.

6. Mengajak Kucing Berjalan-jalan

Untuk merawat kucing kampung menjadi penurut yang terakhir adalah mengajaknya berjalan-jalan. Bawa ia ke tempat yang nyaman seperti taman, lapangan, dan tempat yang sekiranya membuatnya tertarik.

Jangan lupa beri perhatian penuh kepadanya ketika sedang bermain di tempat tersebut. Ini untuk membangun keakraban antara Anda dengan si kucing kampung.

Sebelum membawanya berjalan-jalan, pastikan kucing sudah jinak. Karena jika masih liar, bisa jadi Anda akan kehilangannya. Oleh sebab itu, silakan terapkan dulu semua langkah di atas, baru ajak ia bermain di ruang terbuka.

Jika melihat uraian di atas, sepertinya cara merawat kucing kampung agar nurut tidak terlalu sulit. Namun dibutuhkan perhatian ekstra dan ketelatenan yang maksimal. Ini wajar mengingat Anda akan mengubahnya dari kucing kampung yang liar menjadi kucing rumah yang jinak.

One thought on “11 Cara Merawat Kucing Kampung Agar Nurut

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *