14 Cara Merawat Kucing Hutan Untuk Pemula Agar Jinak

Cara Merawat Kucing Hutan

Salah satu jenis kucing yang bisa Anda peliharaan di rumah adalah jenis kucing hutan. Meski terkesan liar, ternyata jenis kucing hutan banyak yang menyukainya. Agar kucing hutan yang Anda pelihara menjadi lebih jinak, Anda perlu mengetahui cara merawat kucing hutan.

Cara Merawat Kucing Hutan
Kucing Hutan

Pada dasarnya, ada beragam jenis kucing hutan yang dapat dipelihara. Kucing bengal menjadi salah satu jenis kucing yang banyak dipelihara oleh para pecinta kucing. Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui agar tak salah dalam melakukan perawatan kucing bengal.

Cara Merawat Kucing Hutan Bagi Pemula

Beberapa orang beralasan dalam memilih kucing sebagai binatang peliharaan karena tingkahnya yang lucu dan menggemaskan. Tetapi, ternyata ada jenis kucing yang dianggap kurang lazim dipelihara, seperti kucing hutan.

Selain karena berasal dari hutan, kucing hutan memiliki karakteristik yang berbeda dengan jenis kucing pada umumnya. Meskipun begitu, Anda tetap bisa memelihara jenis kucing hutan jika memperhatikan betul cara merawat kucing hutan yang tepat, seperti berikut:

1. Pelajari Karakteristik Kucing Hutan

Kucing hutan memiliki karakteristik yang berbeda dengan jenis kucing peliharaan yang lain. Sifat aslinya cenderung lebih liar. Selain itu, biasanya kucing hutan lebih aktif dan lebih suka tertarik untuk bermain dengan air.

Selain mempelajari karakteristik kucing hutan secara umum, Anda juga harus mengetahui sifat dari kucing hutan yang dipelihara. Jika kucing hutan yang Anda pelihara sudah dewasa, Anda bisa menanyakan sifat kucing kepada pemilik sebelumnya.

2. Berikan Nutrisi yang Tepat

Kucing hutan merupakan jenis kucing besar yang memiliki tulang kokoh dan otot yang kuat. Untuk menjaganya, kucing memerlukan nutrisi yang tepat untuk tubuhnya. Untuk itulah cara merawat kucing hutan yang paling mendasar adalah memberikan makanan berprotein tinggi untuk si kucing.

Selain bisa memberikan makanan khusus kucing, Anda juga bisa memberikan daging pada kucing. Ada baiknya Anda memberikan daging yang sudah masak kepada kucing untuk menghindari kontaminasi bakteri yang berbahaya untuk kesehatan kucing.

3. Jaga Kebersihan Kandang

Salah satu cara merawat kucing hutan yang tepat adalah dengan menjaga kebersihan kandang kucing. Anda bisa membersihkan kandang kucing dengan rutin seminggu sekali. Selain itu, bersihkan pula tempat kotoran kucing untuk mencegah penyakit pada kucing dan menjaga udara agar tidak berbau.

Anda bisa menyemprotkan kandang kucing dengan air mengalir dan menjemur kandang di bawah sinar matahari. Cara ini akan menghilangkan mikroorganisme yang berbahaya, sehingga kucing Anda tidak mudah terserang penyakit.

4. Jaga Kebersihan Tubuh Kucing

Kucing hutan merupakan jenis kucing yang tidak takut dengan air. Hal ini dapat mempermudah Anda untuk membersihkan tubuh kucing dengan memandikannya secara rutin. Terlebih jika kucing Anda lebih suka bermain, pastinya akan membuat tubuhnya lebih kotor.

Dengan memandikan kucing, akan membuat tubuh kucing menjadi lebih bersih. Anda bisa menggunakan jenis sampo khusus kucing agar bulu kucing lebih terawat.

5. Ajak Kucing Bermain Bersama

Kucing hutan merupakan kucing yang aktif. Agar kucing hutan lebih dekat dengan Anda, mengajak kucing bermain merupakan cara merawat kucing hutan supaya makin akrab. Anda bisa menyiapkan mainan khusus kucing ataupun membuat bangku-bangku yang bisa dinaikki oleh kucing.

Selain membuat kucing akrab dengan Anda, kucing juga akan terhindar dari stres. Inilah yang akan membuat daya tahan tubuh kucing meningkat dan kucing terhindar dari serangan penyakit.

6. Lakukan Vaksinasi

Kucing hutan termasuk jenis kucing yang rentan dengan penyakit. Agar kucing tetap sehat dan lincah, Anda perlu memberikan vaksinasi kepada kucing. Agar tak salah langkah, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter hewan, vaksin apa saja yang dibutuhkan oleh kucing hutan.

7. Perhatikan Kesehatan Kucing

Karena kondisi kucing yang rentan dengan penyakit, Anda bisa memeriksakan kucing secara rutin ke dokter hewan. Biasanya akan ada pemeriksaan rutin secara bulanan maupun tahunan. Jika terdapat hal-hal mencurigakan mengenai kondisi kucing, Anda bisa langsung mengubungi dokter hewan.

Selain itu, ada baiknya Anda juga menghindari memberikan obat-obatan di luar resep dari dokter hewan. Cara merawat kucing hutan ini memang terlihat lebih mahal. Meski begitu, Anda tidak akan menyesal menjaga kesehatan kucing, karena kucing jenis ini termasuk jenis kucing yang jarang dipelihara oleh sebagian besar orang.

Cara Menjinakkan Kucing Hutan dengan Mudah

Kucing hutan memiliki karakteristik yang lebih liar dibanding jenis kucing peliharaan pada umumnya. Meskipun begitu, Anda bisa membuat kucing hutan menjadi lebih jinak dan nurut. Selain cara merawat kucing hutan seperti di atas, beberapa tips dan cara untuk membuatnya makin jinak berikut, bisa dicoba:

1. Siapkan Kandang yang Luas

Kucing hutan akan lebih senang bermain dan terlihat lebih aktif. Untuk mendukung aktivitas kucing, Anda bisa mempersiapkan kandang dengan ukuran yang besar. Jika Anda memiliki ruangan kosong di dalam rumah, Anda juga bisa memanfaatkan ruangan tersebut menjadi kamar kucing.

Selain ukuran yang luas, Anda juga perlu menyiapkan mainan di kandangnya. Agar mirip dengan suasana yang ada di hutan, Anda bisa meletakkan tempat garukan kuku di kandangnya. Beberapa tempat pijakan di dinding juga akan membantu kucing melompat, sehingga kucing masih merasa berada di alam bebas seperti saat melompati dahan pohon.

2. Bantu Kucing Beradaptasi dengan Lingkungannya

Cara merawat kucing hutan yang paling penting adalah membuat kucing mudah beradaptasi dengan lingkungan. Cara ini cukup penting, terlebih jika kucing hutan Anda bukanlah jenis kucing ternak.

Anda bisa memanipulasi lingkungan tempat tinggalnya menjadi seperti hutan. Selain itu, ada baiknya Anda tidak mengurung kucing secara terus-menerus di dalam kandang. Kucing yang sering dikurung di dalam kandang akan meningkatkan risiko kucing menjadi stres dan menjadi rentang terhadap penyakit.

3. Sering Ajak Kucing Bermain Bersama

Agar kucing hutan menjadi lebih ramah dengan Anda, mengajak bermain bersama menjadi cara merawat kucing hutan yang efektif. Anda bisa memberikan bola kepada kucing ataupun menggunakan kemoceng untuk dimainan kucing.

Selain dapat membuat kucing lebih jinak, mengajak kucing bermain bersama juga akan menghindarkan kucing dari risiko stres. Menariknya, bermain bersama kucing akan membuat perasaan Anda menjadi lebih baik serta dapat mengurangi stres karena banyaknya aktivitas ataupun beragam masalah.

4. Sering Berinteraksi dengan Kucing

Pada dasarnya kucing merupakan hewan yang cukup dekat dengan manusia. Meskipun jenis kucing hutan merupakan jenis kucing yang lebih liar, Anda tidak perlu takut untuk berinteraksi bersama dengan kucing.

Selain mengajak kucing bermain, Anda juga bisa mengelus-elus kepala dan badan kucing. Untuk pertama kalinya, Anda kemungkinan kucing akan menggigit ataupun mencakar. Cara merawat kucing hutan ini dapat membuat kucing merasa nyaman, kucing akan lebih jinak dan lebih senang berada di dekat Anda.

Jika kucing sudah mulai terbiasa dengan lingkungan rumah, Anda bisa mengajak kucing tidur bersama di satu tempat tidur. Sebelumnya, pastikan tubuh kucing bersih agar tidak ada kutu, jamur, ataupun mikroba yang menempel di tubuh kucing.

5. Menyuapi Kucing

Meski kucing hutan lebih suka menggigit, Anda tiak perlu ragu dan khawatir untuk menyuapi kucing. Agar tidak tergigit, Anda bisa memberikan daging dengan potongan yang tebal untuk dimakan kucing.

Menyuapi kucing hutan secara langsung akan membuat kucing nyaman dengan Anda. Selain itu, menyuapi kucing juga dapat meningkatkan kepercayaan kucing pada Anda. Inilah yang akan membuat kucing hutan lebih jinak dan lebih mudah untuk dilatih.

6. Biarkan Kucing Mengeksplorasi Rumah

Kucing hutan tergolong kucing yang sangat aktif. Jenis kucing hutan merupakan jenis kucing yang suka dengan kebebasan. Ada baiknya Anda mengurangi intensitas mengurung kucing dalam jangka waktu yang lama. Biarkan kucing berkeliling ke seluruh penjuru rumah agar kucing lebih mengenal lingkungannya dan menghindarkan kucing dari stres.

7. Sering Gendong Kucing

Kucing merupakan hewan yang manja kepada pemiliknya. Meski jenis kucing hutan akan menolak untuk digendong pertama kalinya, Anda bisa menggendongnya saat kucing dalam keadaan lebih tenang.

Menggendong kucing akan memperkuat ikatan Anda dengan kucing. Selain itu, kucing akan menjadi lebih percaya dengan Anda dan tentunya akan menjadi lebih jinak.

Cara merawat kucing hutan bukanlah sesuatu yang sulit bukan? Untuk mempermudah, Anda bisa mempersiapkan beragam perlengkapannya terlebih dahulu dan mempelajari karakteristik kucing hutan agar Anda lebih siap dan kucing menjadi lebih cepat jinak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *