14 Cara Merawat Kucing Musim Hujan Terpercaya!

Merawat Kucing Saat Musim Hujan

Saat musim hujan kucing lebih rentang terserang penyakit yang umumnya disebabkan oleh bakteri maupun virus. Selain itu daya tubuh kucing juga dapat menurun saat udara lembab dan dingin ketika musim hujan. Adapun cara merawat kucing musim hujan dapat dilakukan dengan benar dengan panduan ulasan kali ini.

Merawat Kucing Saat Musim Hujan
Ilustrasi Kucing Saat Hujan

Virus maupun bakteri juga banyak bertebaran ketika musim hujan. Beberapa penyakit kucing musim hujan seperti deman, flu kucing, distemper dan lainnya bisa saja menyerang kucing yang kamu pelihara.

Ketika musim hujan kucing rentang terserang penyakit oleh karena itu harus dilakukan pencegahan dan perawatan yang benar. Sebagai pemilik tentu harus paham hal yang harus dilakukan ketika musim hujan tiba.

Jika kamu belum tahu, berikut ini adalah cara untuk merawat kucing saat musim hujan tiba.

1. Pastikan Kucing Sudah Divaksinansi

Melakukan vaksin pada kucing secara rutin paling tidak setahun sekali akan efektif menjaga kesehatan kucing saat musim hujan tiba. Vaksin dapat melawan bakteri maupun virus secara efektif yang saat ini jumlahnya ada 10 yang terdokumentasi.

Jika kucing tidak divaksin maka akan rentang terserang penyakit yang diakibatkan oleh virus maupun bakteri. Pada musim hujan pastikan kucing sudah divaksin, apalagi kucing ras.

Pada musim hujan kucing juga rentang terserang penyakit yang ditimbulkan oleh hewan lain yang sakit. Vaksin merupakan cara efektif dalam merawat kucing pada saat musim hujan.

2. Berikan Kucing Banyak Air Putih

Banyak minum pada saat musim sangat penting bagi kucing untuk menjaga daya tahan tubuh kucing. Meskipun pada musim hujan banyak air namun selalu sediakan kucing air bersih yang cukup sehingga kucing tidak minum sembarang.

Selalu jaga kebersihan air yang digunakan untuk minum kucing. Jika air yang digunakan untuk minum kucing kotor maka bisa menimbulkan penyakit pada kucing. Segera ganti dengan air bersih!.

3. Berikan Makanan Protein Tinggi

Makanan yang mengandung protein tinggi sangat dibutuhkan kucing untuk kesehatan sang kucing. Pada saat musim hujan tiba daya tahan kucing cenderung menurun. Memberikan makan sehat dan mengandung protein tinggi dapat meningkatkan daya tahan tubuh kucing.

Sejatinya kucing adalah hewan karnivora yang membutuhkan banyak protein. Berikan makanan khusus untuk kucing kemudian bisa juga menambahkan daging maupun ikan untuk kucing.

Jangan memberikan nasi untuk kucing secara berlebihan dan jangan paksa kucing untuk makan nasi kalau kucing tidak mau memakannya. Nasi bisa menyebabkan melemahkan daya tahan tubuh kucing. Sejatinya kucing adalah pemakan daging maupun ikan yang mengandung protein tinggi.

4. Selalu Jaga Kebersihan Kandang Kucing

Kebersihan kandang adalah faktor penting dalam memelihara kucing saat musim hujan atau musim kemarau. Jika kandang kucing kotor maka bisa menimbulkan banyak penyakit.

Usahakan kandang selalu dalam keadaan bersih dan hangat sehingga kucing nyaman di kandangnya. Jika kucing buang kotoran dikandang segera buang. Ganti pasir pada kandang kucing jika memang sudah kotor agar tidak bau.

5. Periksa Kesehatan Kucing Secara Reguler

Memeriksa kesehatan kucing secara reguler sangat penting untuk kucing ketika musim hujan. Pada saat musim hujan banyak terjadi penyebaran bakteri dan virus. Jika kucing dilakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin maka bisa efektif dalam menjaga kesehatan kucing.

Periksa kucing ke dokter hewan terpercaya sehingga hasilnya maksimal. Dengan usaha sungguh-sungguh dalam menjaga kesehatan kucing maka kucing akan selalu sehat walaupun musim hujan.

6. Hindarkan Kucing Dari Angin Malam

Kucing saat musim hujan dengan udara lembab dan dingin mudah terserang pilek, demam dan radang paru. Untuk itu jangan biarkan kucing berada di udara dingin karena berisiko terserang berbagai penyakit.

Jangan biarkan kucing terkena udara malam yang lembab dan dingin karena daya tahan tubuh kucing bisa menurun. Selain itu keadaan seperti itu bisa memicu kucing terserang penyakit seperti jamur maupun scabies.

Udara lembab saat malam hari tidak baik untuk kesehatan kucing apalagi musim hujan. Dalam merawat kucing saat musim hujan dibutuhkan perlakuan khusus. Jangan biarkan kucing tidur diluar rumah sehingga terkena angin malam yang lembab.

7. Batasi Kucing Bermain Di Luar rumah

Pada musim hujan selain udara lembab lingkungan di luar rumah juga banyak genangan air. Tempat lembab dan basah dapat menimbulkan jamur pada kulit kucing. Selain keadaan seperti itu juga bisa menyebabkan scabies dan kutu pada kucing.

Pastikan membawa kucing ke tempat yang kering ketika mengajak kucing ke luar saat musim hujan. Segera ajak kucing masuk ke ruangan jika hujan tiba-tiba datang.

Jika pagi hari cerah ajak kucing keluar untuk mendapatkan sinar matahari pagi. Hal tersebut bagus untuk menjaga kesehatan tubuh dan bulu kucing.

8. Berikan Makanan Basah

Untuk makanan basah dianjurkan diberikan ke kucing saat musim hujan karena mengandung protein yang tinggi. Namun untuk makanan basah hanya bertahan 2 jam saja dalam penyajiannya. Jika makanan basah lebih dari 2 jam maka segera buang karena sudah basi dan tak sehat untuk kucing.

Berikan makanan basah untuk kucing sesuai dengan porsinya disesuaikan dengan umur kucing. Jangan membiarkan makanan basah menumpuk dikandang saat musim hujan karena mudah basi tak rentang dihinggapi oleh bakteri.

9. Memberikan Vitamin dan Suplemen Kucing

Memberikan vitamin untuk kucing saat musim hujan bertujuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh kucing. Daya tahan tubuh kucing yang meningkat maka akan meningkatkan kekebalan tubuh kucing dalam menghadapi serangan virus dan bakteri.

Vitamin maupun suplemen untuk kucing bisa diperoleh dari madu dengan takaran 1 sendok dalam sehari. Madu terbukti dapat meningkatkan daya tahan tubuh pada kucing. Kapsul minyak ikan yang kaya omega-3 dan vitamin E sangat baik untuk kesehatan tubuh dan bulu kucing.

Untuk suplemen antibodi maupun suplemen penambah nafsu makan kucing bisa didapatkan didapatkan di dokter hewan. Untuk merawat kucing di musim hujan bisa dilakukan dengan menambah vitamin maupun suplemen untuk kucing. Dengan begitu daya tahan tubuh kucing menjadi kuat sehingga kucing tidak mudah sakit.

10. Latih Kucing Agar Lebih Aktif

Kucing yang aktif akan lebih sehat karena fungsi dari pada metabolisme berjalan lancar, sama seperti manusia. Ajak kucing bermain atau jalan-jalan sehingga ia mendapat udara segar dan terhindar dari stres.

Matahari pada hari juga bisa membuat kucing sehat. Kamu bisa mengajaknya jalan-jalan di pagi hari sehingga kamu dan kucingmu bisa berolahraga bersamaan.

11. Mencegah Kucing Kontak Langsung Dengan Manusia atau Hewan Yang Sakit

Resiko penularan penyakit saat musim hujan sangat tinggi tidak hanya untuk manusia melainkan untuk kucing juga. Jika kamu sedang terserang flu atau batuk hindari kontak langsung dengan kucing. Jangan menggendong atau bermain dengan kucing ketika sedang flu.

Jauhkan juga kucing dengan hewan peliharaan lainnya yang sakit. Penularan penyakit sangat mudah terjadi ketika kucing bercampur dengan hewan lain yang sakit. Menjaga kesehatanmu sangat penting agar kamu bisa selalu bermain dengan kucing.

12. Jangan Sering Dimandikan

Mandikan kucing cukup 2 kali dalam sebulan pada saat musim hujan. Gunakan air hangat dan shampo ketika memandikan kucing kemudian segera kering kucing.

Ketika akan memandikan kucing selalu periksa suhu tubuh kucing. Gunakan shampo yang bisa membasi kutu dan jamur pada kucing. Jamur sering menyerang kucing pada saat musim hujan.

13. Jangan Biarkan Kucing Tidur di Lantai Tanpa Alas

Lantai pada saat musim hujan lebih lembab dari pada biasanya oleh karena itu jangan biarkan kucing tidur di lantai tanpa alas. Lantai yang lembab bisa memicu jamur pada kulit kucing. Latih kucing untuk bermain atau rebahan di lantai yang menggunakan alas.

Kucing yang tidur di lantai dengan tanpa alas akan memicu gangguan saluran pernapasan. Pneumonia adalah penyakit radang paru-paru yang menyerang kucing yang disebabkan bakteri. Lantai kotor dan lembab bisa menjadi pemicu kucing terjangkit bakteri ini. Oleh karena itu berikan alas atau kandangkan kucing ketika ia tidur.

14. Lakukan Pencegahan Agar Kucing Tidak Terserang Penyakit.

Pepatah mengatakan “Mencegah lebih baik dari pada mengobati“. Hal perlu diterapkan dalam merawat kucing saat musim hujan. Jangan biarkan kucing terserang penyakit ketika musim hujan tiba. Beberapa penyakit dapat dicegah agar kucing tidak terjangkit penyakit tersebut.

Beberapa penyakit yang biasanya menyerang kucing diantaranya adalah demam dan flu. Penyakit tersebut dapat dicegah dengan berusaha meningkatkan daya tahan tubuh kucing dan pemberian vaksin secara rutin.

Musim hujan dengan cuaca lembab dapat menyebabkan kucing terserang jamur. Agar kucing terhindar dari jamur kamu harus berusaha keadaan kandang selalu dalam keadaan kering dan bersih.

Perawatan yang benar dan sungguh-sungguh bisa mencegah kucing terserang penyakit saat musim hujan. Selalu luangkan waktu untuk memperhatikan kesehatan kucing sehingga kucing tetap sehat meskipun musim hujan.

Dengan melakukan perawatan kucing ketika musim hujan dengan baik maka kesehatan kucing dapat selalu terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *