6 Cara Merawat Kucing Baru Diadopsi atau Beli

Cara merawat kucing baru beli

Sebagai pecinta kucing pastinya Anda akan gembira jika memiliki kucing baru di rumah. Tetapi, Anda perlu ingat bahwa merawat kucing baru berbeda dengan perawatan kucing yang sudah lama berada di rumah. Nah, bagi Anda yang sedang kedatangan kucing baru, berikut ini cara merawat kucing baru yang mudah untuk dipraktikkan.

Cara merawat kucing baru beli
Kucing

Kedatangan kucing baru tentunya harus Anda persiapkan agar kucing menjadi lebih betah dan menjadi lebih sehat. Selain itu, persiapan yang maksimal juga dapat mempermudah kucing untuk beradaptasi. Ketika kucing mampu beradaptasi dengan baik, kucing akan terhindar dari stres.

Cara Merawat Kucing Baru Paling Mudah

Agar kucing cepat beradaptasi di rumah, Anda perlu melakukan perawatan intensif pada kucing. Selain itu, perawatan pada kucing baru juga akan mendekatkan Anda pada kucing, sehingga kucing cepat nurut pada Anda.
Untuk membantu Anda dalam merawat kucing baru, beberapa tips di bawah ini bisa Anda coba.

1. Berikan Tempat yang Nyaman

Agar kucing cepat beradaptasi di lingkungan barunya, Anda bisa memberikan kandang yang nyaman untuk kucing. Jika kucing cepat beradaptasi di lingkungan barunya, kucing akan lebih cepat akrab dan nurut pada Anda. Selain itu, kucing juga terhindar dari risiko stres yang dapat menurunkan daya tahan tubuh kucing.

Untuk mempermudah, Anda bisa menanyakan kebiasaan tidur kucing pada pemilik sebelumnya. Selain itu, perhatikan pula suhu ruangan tempat kucing tinggal. Beberapa jenis kucing cenderung harus ditempatkan di ruang ber-AC agar kesehatannya terjaga.

Selain suhu, Anda juga harus memperhatikan kenyamanan kucing saat tidur. Cara merawat kucing baru ini terbilang cukup efektif untuk membuat kucing nyaman di tempat barunya. Terlebih kucing menyukai tempat yang nyaman dan hangat saat tidur.

Anda bisa menyiapkan kasur kecil yang sudah diberikan sprei yang lembut. Jika Anda tidak memiliki kasur kecil, Anda bisa menggunakan handuk atau bekas pakaian yang sudah tidak dipakai sebagai alas tidur kucing.

Jika sebelum datang ke rumah, kucing lebih sering ditempatkan di kandang, Anda bisa menyiapkan kandang yang sudah dilengkapi dengan tempat makan minum dan bak pasir. Tetapi jika kucing cenderung lebih sering ditempatkan secara bebas, Anda tidak perlu menyediakan kandang dan biarkan kucing mengeksplorasi rumah.

Meskipun kucing baru Anda tidak ditempatkan di kandang, Anda tetap harus mewaspadainya. Hal ini karena kucing belum mengenal tempat barunya dan dikhawatirkan kucing akan kabur dari rumah.

2. Berikan Nutrisi yang Seimbang

Cara merawat kucing baru agar kucing dapat tumbuh sehat, Anda perlu memberikan kucing makanan bernutrisi tinggi. Ada baiknya Anda mengetahui nutrisi apa saja yang diperlukan kucing untuk menjaga kesehatan. Kucing cenderung lebih banyak membutuhkan protein untuk kesehatan tubuhnya. Selain itu, kucing juga memberikan kalsium untuk tulang yang lebih sehat.

Anda bisa memberikan makanan kucing dengan membuatkan makanan rumahan untuk kucing. Jika Anda memberikan makanan rumahan, ada baiknya Anda menghindari pemberian garam pada masakan. Pemberian garam pada kucing akan menyebabkan risiko bulu rontok. Selain itu, hindari juga memberikan nasi pada kucing untuk meminimalisir risiko diabetes pada kucing.

Untuk masakan rumahan, Anda bisa menggunakan beragam jenis daging maupun ikan tanpa ditambahi bahan makanan lain. Selain daging, kacang-kacangan juga sangat baik untuk pertumbuhan kucing karena kaya akan protein. Anda bisa tempe yang direbus, dikukus, maupun digoreng untuk dimakan kucing.

Jika Anda tidak memiliki waktu untuk memasak makanan untuk kucing, Anda bisa memberikan dry food maupun wet food. Agar kucing lebih cepat beradaptasi, Anda bisa menanyakan merek makanan kucing yang biasa kucing makan.

Untuk pemberian makan kucing, Anda bisa tempatkan makanan kucing di tempat makannya lengkap dengan air yang sudah masak. Hindari memberikan makanan terlalu banyak agar makanan kucing tidak dikerubungi semut. Cara merawat kucing baru ini terbilang cukup efektif dan hemat karena Anda tidak perlu membuang makanan.

Jika Anda ingin mengganti merek makanan dengan merek yang lain, Anda bisa mengenalkan merek makanan baru secara bertahap. Hindari memberikan makanan dengan merek baru secara langsung.

Pertama yang harus dilakukan adalah dengan memberikan merek makanan lama dengan proporsi lebih banyak dibanding merek baru. Jika kucing cocok dan tidak ada gangguan pencernaan, Anda bisa mengurangi proporsi merek makanan lama hingga kemudian tergantikan dengan merek makanan baru.

3. Mandikan Kucing Secara Teratur

Agar tubuh kucing tetap terjaga, Anda perlu memandikan kucing secara teratur. Untuk pertama kali memandikan kucing mungkin Anda sedikit akan kerepotan, terlebih jika Anda belum sepenuhnya mengenali karakter kucing.

Sebelum Anda memandikan kucing, ada baiknya Anda mempersiapkan berbagai perlengkapan mandi kucing. Perlengkapan mandi kucing yang perlu Anda siapkan adalah sampo kucing, sisir kucing, hair dryer, dan handuk.

Untuk sampo kucing, Anda bisa memilih jenis sampo sesuai kebutuhan. Di pet shop sendiri biasanya terdapat sampo kucing anti jamur, anti kutu, dan sampo yang sudah dilengkapi dengan conditioner. Selain perlengkapan mandi tersebut, Anda juga bisa melengkapinya dengan menggunakan parfum kucing hingga sikat gigi kucing.

Untuk memandikan kucing, Anda bisa menggunakan air hangat suam-suam kuku. Hindari menggunakan air yang cukup panas untuk mencegah kerontokan bulu kucing.

Cara merawat kucing baru yang satu ini memerlukan kesabaran saat Anda memandikan kucing. Anda perlu berhati-hati karena biasanya kucing akan mencakar bahkan menggigit Anda karena pada dasarnya kucing tidak menyukai air.

4. Jaga Kebersihan Kandang

Kandang menjadi salah satu faktor kesehatan kucing yang harus Anda jaga. Anda perlu membersihkan kandang kucing secara teratur tiap minggunya. Selain kandang terbebas dari bau, kucing juga akan terbebas dari risiko infeksi penyakit.

Untuk membersihkan kandang kucing, pastikan kandang dalam keadaan yang kering sebelum ditempati oleh kucing. Kandang yang lembab akan memicu pertumbuhan jamur yang akan menyebabkan bulu kucing menjadi rontok.

Kebersihan bak pasir juga harus Anda jaga. Anda bisa membersihkan bak pasir setelah kucing buang kotoran. Selain itu, pastikan bak pasir dalam kondisi yang kering.

Anda bisa menggunakan serokan pasir untuk mencegah tangan Anda berbau dan terkena kotoran kucing. Agar pasir tidak berbau, Anda bisa menggunakan pasir gumpal wangi ataupun menyemprotkan pasir menggunakan minyak wangi khusus untuk pasir.

5. Cek Kesehatan Kucing

Untuk mengetahui kesehatan kucing, Anda perlu memeriksakan kesehatan kucing ke dokter hewan. Di klinik dokter hewan, biasanya kucing akan diperiksa keberadaan parasit di tubuhnya, seperti kutu, jamur, dan cacing.

Jika terdapat parasit pada tubuh kucing, dokter akan meresepkan obat tertentu untuk kucing. Cara merawat kucing baru ini memang cukup menguras biaya. Tetapi Anda tidak perlu khawatir karena kucing yang rutin dibawa ke dokter hewan akan terjaga kesehatannya.

Anda juga perlu melakukan vaksinasi untuk kucing Anda. Vaksinasi pada kucing sangat diperlukan untuk mencegah beragam penyakit yang dapat membahayakan nyawa kucing. Untuk jadwal vaksinasi kucing, Anda harus berkonsultasi dengan dokter hewan.

6. Sering Mengajak Bermain Kucing

Kucing baru memerlukan waktu untuk beradaptasi dengan tempat barunya. Anda berperan penting untuk membuat kucing mudah beradaptasi dan nurut. Untuk memperkuat ikatan Anda dengan kucing, sering-seringlah mengajak kucing Anda bermain bersama. Anda bisa menggunakan mainan bola kerincingan ataupun tongkat mainan kucing.

Agar kucing mudah beradaptasi, Anda juga bisa menyiapkan mainan pada kandang kucing. Mainan pada kandang kucing akan menghilangkan stres pada kucing yang membuatnya sulit untuk beradaptasi.

Anda juga bisa menyiapkan tempat cakaran kucing. Meskipun terlihat sepele, aktivitas saat kucing mencakar dapat menghilangkan kulit mati pada kuku kucing, sehingga Anda tidak perlu lagi untuk memotong kuku kucing. Selain itu, sofa di rumah Anda juga terbebas dari cakaran kucing.

Selain itu, Anda juga bisa menggendong kucing ataupun mengelus-elus bulu kucing. Aktivitas ini akan membuat kucing lebih nyaman dengan Anda. Agar tidak terkena cakaran ataupun gigitan kucing, hindari berinteraksi dengan kucing saat kucing dalam keadaan yang lapar.

Cara merawat kucing baru bukanlah hal yang sulit. Anda hanya memerlukan ketelatenan dan membuat kucing betah dengan lingkungan barunya. Agar proses perawatan kucing baru di rumah Anda dapat berjalan lancar, ada baiknya Anda mengenali karakter kucing terlebih dahulu untuk mencegah risiko terkena gigitan maupun cakaran kucing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *