7 Cara Merawat Kucing Baru Lahir Tanpa Induk

Merawat Kucing Lahir Tanpa Induk

Cara merawat kucing baru lahir tanpa induk memang tergolong hal yang susah-susah gampang. Selain kucing baru lahir rentan mengalami kematian, perawatan yang diperlukan juga berbeda dengan perawatan kucing pada umumnya. Agar anak kucing tetap bisa bertahan hidup, Anda perlu melakukan perawatan khusus seperti ulasan berikut ini.

Merawat Kucing Lahir Tanpa Induk
Ilustrasi Merawat Anak Kucing Tanpa Induk

Perawatan Kucing Baru Lahir Tanpa Induk

Jika Anda menemukan anak kucing baru lahir yang ada, Anda bisa merawat kucing tersebut di rumah dengan ekstra dan penuh kasih sayang. Hal ini membutuhkan ketelatenan agar anak kucing bisa bertahan hidup dengan dewasa.

Berbeda jika Anda membeli anakan kucing yang sudah disapih oleh indukannya. Selain usianya yang sudah cukup tepat untuk dipelihara, risiko untuk mengalami kematian juga relatif lebih kecil.

Agar anakan kucing yang Anda pelihara dapat bertahan hidup lebih lama, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam perawatan kucing baru lahir tanpa induk. Berikut ini cara merawat anakan kucing agar dapat bertahan hidup.

1. Jaga Suhu Lingkungan

Anak kucing masih rentan dengan suhu udara yang dingin. Agar suhu tubuhnya tetap stabil dan selalu hangat, Anda perlu membuat hangat di lingkungan sekitar kucing.

Jika anak kucing yang sedang Anda rawat masih berusia di bawah 1 bulan, Anda perlu membuatkan inkubator mini untuk kucing. Caranya adanya dengan meletakkan kucing di dalam sebuah box yang diberikan lampu kuning kecil yang akan membuat suhu lingkungan di sekitar kucing menjadi lebih hangat.

Tak hanya memerlukan lampu saja untuk menghangatkan kucing, Anda juga perlu selimut untuk alas tidur kucing. Gunakan selimut yang lembut agar kucing merasa nyaman seperti berada dekat dengan induknya.

Untuk perawatan kucing baru lahir tanpa induk ini cukup penting karena suhu lingkungan menjadi penentu kelangsungan hidup anak kucing. Anda perlu memastikan kondisi box yang kucing tempati selalu dalam keadaan hangat dan kondisi suhu tubuh kucing tidak sampai menurun.

Selain itu, Anda juga perlu membersihkan box kucing secara rutin karena kitten yang baru lahir belum bisa buang kotoran di tempatnya. Dengan rajin dibersihkan, anakan kucing ini bakal sehat.

2. Berikan Susu Khusus Kucing

Kucing baru lahir belum bisa makan produk makanan kucing ataupun daging. Kucing akan mulai belajar makan jika usianya lebih dari 2 bulan.

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya, Anda bisa memberikan susu khusus kucing kepada anakan kucing yang belum mampu mencerna makanan. Hal ini untuk mencegah gangguan pencernaan pada anak kucing. Biasanya gangguan pencernaan yang umum dialami oleh anak kucing adalah diare.

Diare pada anak kucing cukup berbahaya. Hal ini akan menyebabkan kucing menjadi dehidrasi dan berisiko tinggi untuk mengalami kematian.

Gangguan pencernaan pada anak kucing juga bisa terjadi karena nutrisi yang salah. Kesalahan yang umum terjadi saat perawatan anak kucing baru lahir adalah pemberian susu tinggi laktosa.

Untuk mencegahnya, Anda harus ingat dalam cara merawat kucing baru lahir tanpa induk yakni hindari memberikan susu untuk manusia, terutama susu kental manis yang mengandung laktosa. Anda bisa memberikan susu khusus kucing yang banyak dijual di petshop.

Untuk media pemberian susu, Anda bisa memberikan dot khusus kucing atau menggunakan sendok kecil yang permukaannya lembut. Pastikan selalu membersihkan peralatan minumnya supaya terhindar dari kuman.

3. Bersihkan Mata Kucing

Cara merawat kucing baru lahir yang di tinggal induknya hal harus rutin Anda lakukan adalah membersihkan mata kucing. Mata kucing yang bersih akan membuat kucing mudah melihat sekitarnya.

Anda cukup menggunakan kapas yang sudah dibasahi dengan air hangat untuk membersihkan kotoran pada mata kucing. lakukan kegiatan ini setiap pagi atau jika kotoran pada mata kucing sudah menumpuk.

Kotoran yang sudah menumpuk akan semakin mengeras dan membuat kotoran sulit untuk dibersihkan. Kotoran yang mengeras ini akan susah dibersihkan menggunakan kapas dan Anda harus menggunakan obat tetes mata kucing untuk membuat kotoran mata kucing melunak.

Membersihkan kotoran pada mata kucing ini tidak hanya untuk kucing baru lahir saja. Cara merawat kucing umur 1, 2, 3 bulan juga harus dilakukan pembersihan mata kucing, meskipun pada usia lebih dari 1 bulan kotoran kucing tidak terlalu banyak.

4. Bantu Anak Kucing untuk Buang Air

Kucing baru lahir biasanya akan buang air jika dirangsang induknya. Induk kucing akan menjilat anus anaknya, sehingga anak kucing akan terangsang untuk pipis dan mengeluarkan kotoran. Biasanya induk kucing akan menjilat anus anaknya sebelum dan setelah menyusui.

Karena anakan kucing yang Anda pelihara tanpa induk, tentunya Anda perlu menstimulasi kucing untuk bisa buang air. Anda bisa menggosok dubur dengan menggunakan kapas yang sudah dibasahi dengan air hangat.

Menstimulasi anak kucing agar bisa buang air harus dilakukan dengan satu arah dari kemaluan menuju anus. Dalam merawat kucing baru lahir tanpa induk, coba hindari menggosok secara bolak-balik untuk menghindari infeksi di sekitar kemaluan anak kucing.

Selain itu, perhatikan pula warna urin kucing. Anak kucing yang sehat akan memiliki urin yang berwarna lebih jernih. Jika urin kucing berwarna agak keruh, kemungkinan anak kucing mengalami dehidrasi dan memerlukan perhatian khusus.

Cara merawat kucing baru lahir tanpa induk ini memerlukan ketelatenan dan Anda juga harus memperhatikan volume urin untuk melihat risiko dehidrasi. Untuk mengantisipasi dehidrasi pada anak kucing, Anda bisa memberikan susu lebih sering meski dengan jumlah yang sedikit.

5. Latih Pergerakan Kucing

Setelah kucing dapat membuka matanya dan tidak ada kotoran pada matanya, Anda bisa melatih pergerakan kucing. Latihan ini bisa Anda lakukan ketika usia kucing lebih dari 3 minggu.

Dengan adanya latihan pergerakan untuk anak kucing akan membantu otot-otot kakinya menjadi lebih kuat. Dengan adanya latihan ini akan membantu anak kucing lebih cepat berjalan karena adanya stimulasi untuk ototnya.

Cara merawat kucing baru lahir tanpa induk yang bisa Anda lakukan adalah dengan memberikan mainan pada kucing ketika mereka mulai bisa berjalan dan berinteraksi. Anda bisa memberikan bola kecil untuk dimainkan oleh anak kucing atau mengikatnya dengan tali dan bermain bersama.

6. Latih Kucing untuk Tidak Buang Air Sembarangan

Setelah kucing bisa berjalan, selanjutnya kucing baru lahir dan ditinggal induknya dirawat dengan mengajarkan kucing untuk buang air di tempat yang sudah disediakan. Saat kucing sudah mampu berjalan, biasanya kucing tidak perlu lagi distimulasi kemaluannya untuk buang air.

Kucing sudah mampu mengontrol keinginan untuk buang air dengan mencari tempat tersendiri. Biasanya kucing akan mencari tempat, seperti tanah untuk pipis atau buang kotoran dan menutupinya.

Agar anak kucing tidak buang air sembarangan, maka untuk merawat kucing baru lahir tanpa induk yang wajib dilakukan adalah mengajarinya buang kotoran di tempatnya. Langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan bak pasir. Sebaiknya, gunakan bak yang tidak terlalu tinggi agar kucing bisa masuk ke dalam bak untuk buang air.

Setelah itu, Anda bisa meletakkan kucing di atas pasir. Dan tunggu kucing untuk menggaruk-garuk pasir sebagai pertanda kucing mengetahui tempat tersebut adalah tempat untuk buang air.

7. Cek Kesehatan Kucing

Kesehatan anak kucing sangat penting untuk menjaga kelangsungan hidupnya. Anda bisa mengunjungi dokter hewan untuk memeriksakan kesehatan anak kucing secara menyeluruh. Biasanya anak kucing akan diperiksa status hidrasinya maupun parasit yang menempel pada tubuhnya, seperti cacing, kutu dan jamur.

Agar kondisi anak kucing tetap prima, jangan lupa untuk menanyakan jadwal vaksinasi kucing pada dokter hewan. Vaksinasi sangat penting dalam merawat kucing baru lahir tanpa induk karena merupakan usaha supaya tidak mudah terkena penyakit mematikan.

Selain vaksinasi, Anda juga perlu menanyakan pemberian obat cacing untuk anak kucing. Cacingan pada anak kucing akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan kucing. Cacingan juga bisa menular ke kucing yang lain, sehingga perlu dicegah agar tidak mengganggu kesehatan kucing yang lainnya.

Agar anak kucing Anda tetap sehat dan tidak berisiko untuk meninggal, cara merawat kucing baru lahir tanpa induk di atas bisa Anda coba untuk dipraktikkan. Dengan perawatan yang intensif dan rutin akan membantu anak kucing bertahan hidup lebih lama hingga masanya untuk berkembang biak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *