Cara Merawat Anak Kucing Persia Umur 1-3 Bulan

cara merawat anak kucing persia

Apakah Anda pemilik kucing persia usia 1 hingga 3 bulan? Merawat kucing persia yang masih anakan berumur 1 hingga 3 bulan memiliki kesulitannya sendiri terutama jika tidak ada induknya. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa tips khusus cara merawat anak kucing persia yang akan diulas lengkap di sini.

Cara Merawat Anak Kucing Persia

cara merawat anak kucing persia
Anak Kucing Persia

Untuk Anda yang memiliki kucing persia baru lahiran, terdapat cara khusus dalam perawatannya hingga usia 3 bulan. Anda mungkin akan menemukan beberapa kendala dalam proses merawat anak persia ini. Perhatian khusus terhadapnya harus selalu Anda berikan terutama jika induknya tidak ada.

Terdapat beberapa cara merawat anak kucing persia agar mengalami pertumbuhan dengan baik meskipun tidak ada induknya. Perawatan yang baik dengan dukungan kasih sayang yang Anda berikan akan membuatnya tumbuh sehat. Untuk para pemula atau yang berniat merawat anakan kucing jenis ini, berikut beberapa tips cara merawat anak kucing persia.

1. Menjaga Kesehatan Induk Kucing

Jika ada induknya, menjaga kesehatan induk kucing persia adalah langkah pertama yang harus diperhatikan karena kucing persia usia kurang dari 3 bulan membutuhkan ASI. Oleh karena itu, kesehatan induknya juga harus diperhatikan agar anaknya juga sehat karena saat induknya terkena penyakit, anaknya pun juga dapat tertular. Berikanlah asupan makanan yang baik untuk induk serta anak kucing.

Selain itu, cara merawat anak kucing persia lainnya adalah berusaha untuk menyediakan kandang yang ukurannya cukup luas dan hangat untuk induk dan anaknya. Pastikan juga kandang tersebut bersih dan aman dari jangkauan bakteri, virus, atau kucing liar.

Anda harus membiasakan untuk memeriksa posisi sang induk saat menyusui anaknya supaya ASI yang diterima dapat maksimal serta posisinya tidak tertindih baik dengan induk atau anakan persia lainnya.

Saat lahir, anak kucing persia matanya tertutup hingga usianya 2 – 3 minggu baru mulai terbuka. Meski demikian, anak kucing persia usia tersebut masih belum bisa melihat kondisi sekitarnya dengan jelas. Anda boleh memberikan asupan makanan saat anak kucing persia berusia 1 bulan lebih, tapi ia masih tetap bergantung dengan ASI induknya.

2. Memberikan Asupan Terbaik

Cara merawat anak kucing persia usia 1 – 3 bulan selanjutnya adalah memerhatikan asupan yang masuk dalam tubuhnya, yaitu susu, air, dan makanan. Nah, ketiga hal ini harus Anda perhatikan dengan baik apa yang boleh diberikan dan apa yang tidak boleh. Anda harus mematuhinya supaya anak kucing persia dapat tumbuh dengan baik dan sehat.

1. Susu

Kucing persia yang berusia 1 – 3 bulan masih membutuhkan ASI dari induknya. Akan tetapi, jika Anda ingin memberikan susu pendamping, silakan beli susu khusus anak kucing bukan susu sapi karena dapat membuatnya mencret.

Jika Anda merawat anak kucing Persia yang tanpa induk maka air susu yang Anda berikan harus khusus kucing atau air susu colostrum dimana memiliki kandungan nutrisi lengkap, seperti vitamin, protein, dan antibodi.
Nutrisi yang lengkap dapat membantu tumbuh kembangnya dengan maksimal. Untuk takaran pemberian susu ini adalah 7 kali sehari dengan takaran 2 – 4 ml setiap pemberian. Seiring pertumbuhannya, takaran pemberian susu bisa Anda tingkatkan jumlahnya.

Hal yang tidak kalah penting dari pemberian susu untuk anak kucing tanpa induk adalah memeriksa suhu tubuhnya saat diberi minum susu. Jadi, sebelum memberikan susu, pastikan tubuh anak kucing persia cukup hangat.

Hal tersebut dikarenakan suhu tubuh kucing memiliki pengaruh terhadap sistem pencernaanya. Ketika suhu tubuhnya dingin, maka pencernaannya akan melambat dan menjadikan susu yang diminum mengalami proses fermentasi sehingga dapat memengaruhi kesehatan anak kucing.

2. Air

Selain susu, air minum juga penting untuk anak kucing persia yang Anda rawat. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan tempat air minumnya dan menempatkan tempat minum lebih rendah agar ia bisa menjangkaunya.

Umumnya, anak kucing yang sedang rewel akan menarik-narik tempat minum dan bermain dengan airnya. Oleh karena itu, sebaikanya gunakan tempat air minum yang cukup berat sehingga tidak tumpah ketika ditarik-tarik oleh kucing.

3. Makanan

Jenis makanan yang diberikan harus khusus untuk anak kucing (kitten), jangan sampai Anda memberikan makanan untuk kucing dewasa atau adult.

3. Sterilkan Peralatan Makan Kucing

Anak kucing yang baru lahir belum bisa mendengar, melihat, dan tidak mempunyai gigi. Oleh karena itu, Anda membutuhkan peralatan makan untuk menyuapinya. Nah, pastikan untuk mensterilkan peralatan makan anak kucing persia, seperti sendok, pipet, atau peralatan lain yang Anda gunakan untuk menyuapinya makan.

Jika anak kucing persia ini tidak memiliki induk, maka Anda yang harus menggatikan peran sebagai induk. Pastikan bahwa semua peralatan makannya telah streril dari bakteri dan kuman sebelum digunakan supaya terhindar dari infeksi penyakit masuk tubuhnya.

Cara merawat anak kucing persia satu ini tepatnya untuk yang dipelihara tanpa induk. Namun, Anda juga bisa menerapkan pada anak kucing persia yang bersama induknya karena semua yang ia gunakan untuk makan harus steril.

4. Menyediakan Tempat Tinggal

Tempat tinggal adalah salah satu poin utama yang perlu diperhatikan dalam merawat anak kucing persia. Sediakan tempat yang nyaman, bersih, dan suhu yang hangat untuk anak kucing persia. Menyediakan tempat tinggal terbaik adalah salah satu cara merawat anak kucing karena jika tempatnya kurang bersih maka dapat membuatnya terkena peaknose, ataus penyakit lainnya.

Selain itu, kondisi suhu tempat tinggal anak kucing juga harus hangat karena ia belum memiliki bulu yang lebat. Anda bisa meletakkan lampu dan memberikan alas tumpukan kain untuk menjaga ruangan tetap hangat. Ukuran tempat tinggalnya juga harus lumayan luas karena anak kucing persia masih sangat lincah.

Anak kucing yang baru dilahirkan akan menggunakan sebagian besar waktunya dengan tidur dan menempel pada tubuh induknya. Nah, jika kucing yang Anda adopsi ini tidak memiliki induk, maka Anda dapat mensiasatinya dengan memberikan alas tidur berupa tumpukan handuk handuk kering yang disusun rapi.

Tetap gunakan lampu untuk menjaga suhu ruangan tetap hangat, tapi posisi lampu jangan terlalu rendah atau dekat dengan anak kucing persia karena akan membuatnya terlalu panas. Selain itu, Anda harus memastikan jika tempat tinggal anak kucing persia tersebut tidak lembab.

5. Memberikan Vaksin dan Obat

Anda juga jangan menyepelekan poin satu ini karena pemberian vaksin dan obat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya dan memaksimalkan pertumbuhannya. Pemberian vaksin sebaiknya dilakukan oleh dokter hewan sesuai dosis dan aturan.

Selain itu, pemberian obat cacing juga merupakan cara merawat anak kucing Persia supaya terhindar dari gangguan cacing dan memperlancar sistem pencernaannya.

6. Menyediakan Fasilitas Pembantu

Cara merawat anak kucing persia usia 1 – 3 bulan selanjutnya adalah meyediakan segala fasilitas pendukung. Salah satu fasilitas yang penting untuk hewan kesayangan Anda adalah Litter Box untuk tempat buang air kecil atau besar.

Hindari untuk menggunakan pasir kebun karena Anda harus menggunakan pasir khusus untuk kucing. Tenang saja karena Anda akan dengan mudah menemukan pasir khusus kotoran kucing di Pet Shop. Sedangkan untuk alas pasir, Anda dapat menggunakan kertas koran supaya lebih mudah untuk membersihkannya.

7. Memberikan Kasih Sayang

Memberikan kasih sayang adalah cara merawat anak kucing persia yang terbaik. Sentuhan lembut dapat membuatnya nyaman dan mengenalimu sejak ia masih kecil. Perhatian dan kasih sayang yang Anda berikan juga dapat mendukung pertumbuhannya dengan baik. Selain itu, ajak juga anak kucing bermain agar ia gembira dengan mainan khusus kucing.

Cara merawat anak kucing persia umur 1 – 3 bulan di atas tentu tidak akan selamanya berjalan mulus karena Anda mungkin saja mengalami sejumlah hambatan. Namun, ketika melihat pertumbuhannya yang baik, Anda akan merasakan kesenangan tersendiri dan membuat mood Anda menjadi lebih baik ketika melihat perkembanganya yang begitu pesat itu.

Baca Juga : 15 Perlengkapan Memelihara Kucing Yang Harus Siap

7 cara merawat anak kucing persia di atas semoga dapat membantu untuk Anda yang kucingnya baru melahirkan, atau yang sedang berencana mengadopsi anakan kucing persia. Dengan persiapan dan perawatan yang baik, anak kucing Anda akan tumbuh sehat dan maksimal pertumbuhannya. Semoga bermanfaat!

About Nesya Damayanti

Dari kecil memang suka kucing. Sekarang nulis blog ini sebagai kegiatan rutin setelah lulus dari kuliah.

One thought on “Cara Merawat Anak Kucing Persia Umur 1-3 Bulan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *