Cara Mengusir Kucing Tanpa Harus Menyakitinya

Cara mengusir kucing yang baik

Kucing adalah hewan menggemaskan yang membuat banyak orang ingin memeliharanya. Namun tetap saja ada orang yang tidak suka kucing bahkan cenderung menghindarinya. Orang-orang seperti ini biasanya mencari cara mengusir kucing lantaran berbagai alasan mulai dari takut, alergi hingga trauma.

Cara mengusir kucing yang baik
Kucing Lari

Sebetulnya tidak ada yang salah dengan kecenderungan tidak menyukai kucing dan mengusir mereka pergi. Hanya saja, menjadi masalah ketika cara mengusir kucing yang digunakan itu kasar hingga menyakiti si kaki empat. Apalagi untuk kucing-kucing liar yang tampak kotor, lusuh dan membawa penyakit, banyak sekali kasus penganiayaan yang mereka alami.

Nah, bagi Anda yang mungkin memiliki ketakutan terhadap kucing hingga alergi dan tidak menyukai mereka, berikut ini beberapa cara mengusir si kaki empat yang bisa dicoba. Tenang saja untuk cat lovers, karena cara-cara berikut ini tak akan menyakiti si kucing. Sehingga kucing bisa kembali ke lingkungannya dengan aman dan tidak mengganggu manusia.

Cara Mengusir Kucing di Dalam Rumah

Dengan populasi mereka yang sangat tinggi, kucing memang mudah ditemukan di mana saja. Mulai dari perumahan hingga perkampungan padat penduduk, si kaki empat berbulu ini bisa berkeliaran dalam berbagai usia. Kucing liar kadang mencari makan dengan cara memburu tikus, mengais-ngais sisa makanan di sampah hingga mencuri lauk-pauk milik orang rumah.

Tak heran kalau kelakuan kucing liar yang cenderung nakal ini membuat beberapa orang resah dan ingin mengusir mereka. Namun ada beberapa kucing yang kembali lagi setelah diusir. Nah, supaya bisa membuat si bandel ini pergi dan tidak kembali, berikut beberapa cara yang bisa diterapkan. Ingat, jangan sampai menyakiti mereka ya!

1. Jangan Diberi Makan

Alasan utama seekor kucing datang ke suatu tempat adalah karena memperoleh makanan. Yap, kucing adalah binatang yang sebetulnya mudah untuk didekati. Tinggalkan saja satu wadah makanan di teras rumah, maka mereka akan kembali terus-menerus. Untuk itulah sebagai cara pertama mengusir kucing dari rumah adalah berhenti memberinya makan.

Artikel Terkait : 8 Makanan Kucing Kampung Agar Dan Gemuk Bagus

Mungkin sekali atau dua kali si kucing akan kembali lagi ke rumahmu untuk menanti makan yang biasanya disediakan. Namun setelah beberapa kali tidak memperoleh makanan yang dia butuhkan, perlahan kucing akan pergi. Dengan begitu kamu sudah mengusir kucing secara sopan tanpa menyakitinya.

2. Jangan Biarkan Sampah Menumpuk

Alasan berikutnya kucing selalu kembali adalah karena ada sisa-sisa makanan di sampah. Kucing yang doyan mengais-ngais sampah jelas akan membuat lingkungan depan rumahmu kumuh. Karena itu agar si kucing tidak kembali dan bikin onar, usir dengan cara tidak membiarkan sampah menumpuk. Jika perlu, sediakan tempat sampah dan tutup rapat.

3. Menutup Pagar

Bukan digembok seperti selayaknya menutup akses manusia, cara ini adalah menggunakan bahan tambahan seperti dari plastik atau papan kayu untuk menutup sela-sela pagar yang bolong sehingga kucing sulit menerobos masuk. Bahkan jika perlu, pasang pagar dengan ukuran yang cukup tinggi sehingga mereka tak bisa melompat masuk ke dalam rumah.

4. Gunakan Tanaman Khusus

Memiliki halaman cukup luas sehingga bisa digunakan untuk berkebun? Maka kamu bisa mempertimbangkan beberapa tanaman herbal yang bisa dipakai untuk mengusir kucing. Beberapa di antaranya seperti lavender, rosemary, pennyroyal, salam koja sampai coleus canina termasuk tanaman-tamanan yang tidak disukai kucing.

Kenapa? Karena memiliki aroma kuat sehingga mengganggu indera penciuman mereka yang sangat tajam dan sensitif. Meskipun tak disukai kucing, aroma tanaman-tanaman itu cukup wangi bagi manusia.

5. Pakai Botol Mineral

Pada dasarnya kucing memang merupakan hewan yang tidak terlalu suka air. Terutama kucing liar yang begitu peka terhadap lingkungan. Sedikit air saja bisa membuat mereka kabur dan langsung menghindar. Nah, untuk mengusir kucing dari rumah, kamu juga bisa memanfaatkan ketakutan si kaki empat berbulu tersebut.

Caranya mudah, kamu tinggal gunakan botol air mineral bekas yang berisi air. Letakkan botol-botol tersebut di pekarangan rumah atau dekat pagar supaya kucing bisa melihat air, sehingga mereka takut. Nanti saat botol berisi air terkena cahaya matahari, akan tampak bersinar yang membuat kucing makin waspada dan memilih kabur.

Cara Mengusir Kucing di Plafon Rumah

Selain ada di halaman rumah, kucing-kucing liar juga sangat suka berjalan di atap. Bahkan beberapa sampai ada yang hidup di plafon rumah dan melahirkan anak-anaknya. Pergerakan kucing di atap dan plafon rumah jelas sangat berisik dan mengganggu manusia, terutama saat lapar. Nah, ingin mengusirnya tapi tidak menyakiti si kucing? Cobalah beberapa cara ini.

1. Semprot dengan Air

Hampir semua orang tahu bahwa kucing adalah binatang yang membenci air. Karena itulah kalau ada kucing yang berkeliaran di plafon rumah, ada baiknya kamu mengusir dengan cara menyemprotkan air ke tubuhnya. Kucing akan langsung berlari dan menghindar. Supaya dia benar-benar pergi, semprotkan air beberapa kali. Ingat, jangan semprot ke matanya ya!

2. Putar Rekaman Suara Kucing

Kalau dirasa kucing yang ada di atap atau plafon sulit disemprot air, kamu bisa menggunakan rekaman suara kucing. Mudah kok memperolehnya, tinggal cari saja di YouTube dan kemudian putar di dekat kucing liar tersebut. Suara kucing akan menarik perhatiannya atau mungkin ketakutan, sehingga dia bakal memilih pergi.

3. Tutup Jalan ke Atap

Untuk bisa melakukan cara ini, tunggulah kucing sampai keluar dari tempat persembunyiannya di plafon atau atap rumah. Setelah itu, kamu bisa langsung menutup akses jalannya dengan memasang papan atau memperbaiki atap yang bolong. Kucing akan kesulitan masuk dan akhirnya meninggalkan atap atau plafon rumahmu.

4. Timpuk Pelan

Jangan keburu emosi dulu, maksud dari timpuk si kucing ini adalah dengan tidak menggunakan benda keras dan tajam, seperti batu yang bisa menyakiti kucing. Kamu bisa mengunakan botol plastik, bola-bola kertas atau mungkin biji buah-buahan. Kalau masih cemas, lempar saja benda-benda lunak itu ke dekat kucing sehingga mereka kaget dan akhirnya pergi.

Cara Mengusir Kucing yang Buang Air Sembarangan

Siapapun tentu sebal kalau ada kucing yang mendadak buang air sembarangan dan meninggalkan kotoran di halaman rumah. Selain bau yang tidak sedap, kotoran kucing bisa saja tidak sengaja terinjak orang rumah. Biasanya kucing-kucing liar memiliki kebiasaan melakukan ini sehingga membuat siapapun ingin mengusir mereka.

Namun seperti cara mengusir kucing sebelumnya yang tidak boleh memakai kekerasan, beberapa hal berikut juga bisa kamu lakukan agar tak ada lagi kucing yang buang kotoran di area rumah.

1. Pakai Sapu Lidi

Eits, ini maksudnya bukan untuk memukul kucing lho ya. Kamu bisa menggoyang-goyangkan sapu lidi di dekat kucing yang hendak buang kotoran. Suara dari sapu lidi akan membuat kucing terkejut dan ketakutan. Bahkan ada beberapa kucing yang saat melihat sapu lidi diangkat, memilih kabur begitu saja.

2. Gunakan Aroma yang Dibenci Kucing

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kucing memiliki indera penciuman yang sangat tajam. Lantaran itulah, mereka juga sangat sensitif kalau ada aroma yang berbau menusuk. Tak heran jika benda-benda yang menimbulkan aroma kuat bisa bikin kucing tidak suka. Sehingga ini dapat kamu gunakan untuk mengusir mereka tanpa menyakiti.

Beberapa aroma yang tidak disukai kucing seperti buah lemon dan jeruk, parfum, cabe, asap, pengharum ruangan dan menthol. Kamu bisa memilih salah satu di antaranya, lalu sebarkan di area yang biasanya digunakan kucing liar untuk buang kotoran. Ketika kucing mencium aroma tersebut, mereka akan enggan dan merasa terancam sehingga memilih pergi.

3. Pasang Perangkat Ultrasonik

Selain memiliki indera penciuman yang tajam, indera pendengaran kucing pun demikian. Fakta ini bisa dimanfaatkan juga untuk mengusir mereka membuat perangkat ultrasonik. Pasang perangkat suara tersebut di area halaman dan biarkan menyala. Gelombang ultrasonik akan membuat kucing jengkel sehingga mereka memilih pergi dan tak jadi buang air.

Baca Juga : Penyebab dan Cara Ampuh Menangani Kucing Kurus

Bagaimana? Tidak sulit bukan sebetulnya mengusir kucing? Apalagi cara-cara mengusir kucing yang diulas di atas sama sekali tak akan menyakiti si kaki empat berbulu itu. Sehingga Anda bisa tenang karena kucing liar tidak datang, si kucing pun bisa pergi dengan damai tanpa merasa tersakiti. Jadi, usirlah kucing dengan sopan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *