9 Cara Mengobati Kucing Flu Dari Para Ahli

Cara Mengobati Kucing Flu

Mengobati kucing flu menjadi salah satu informasi penting yang harus Anda ketahui, khususnya bagi para pemelihara kucing. Terkadang kucing yang Anda pelihara tidak selalu berada dalam kondisi prima.

Cara Mengobati Kucing Flu
Cara Mengobati Kucing Flu

Bahkan pada musim tertentu, kucing sangat rentan terkena penyakit. Beberapa jenis penyakit memang sangat umum diderita kucing. Salah satunya yakni penyakit flu.

Flu atau pilek merupakan penyakit yang sering menyerang kucing pada musim hujan atau musim dingin. Beberapa jenis kucing bisa terkena flu, seperti Persia, Bengal, Leopard atau Anggora.

Kucing lebih mudah terserang flu ketika belum pernah mendapatkan vaksinasi. Sebab, vaksin mampu memberikan stimulus pada kucing agar bisa mempertahankan daya tahan tubuhnya.

Mengetahui cara mengobati kucing flu yang benar akan membantu kucing Anda segera pulih. Anda harus disiplin dan melakukan setiap tahapan dengan optimal.

Penyebab kucing flu umumnya adalah virus, bakteri dan jamur. Jika kucing terserang flu maka harus segera dilakukan perawatan dan pengobatan.

Beberapa cara berikut mampu mengembalikan daya tahan tubuh kucing agar bisa melawan virus flu atau bakteri . Simak ulasan cara mengobati kucing flu berikut.

1. Jangan Memandikan Kucing Flu

Tidak memandikan kucing flu
Kucing Jangan Dimandikan

Untuk mengobati kucing flu pertama kamu jangan memandikan kucing untuk sementara waktu. Kamu bisa membersihkan kucing cukup dengan mengelap tubuh kucing, dengan menggunakan lap bersih yang dicelupkan ke air hangat kemudian diperas.

Kucing yang sedang flu harus dijaga agar tetap hangat. Memandikan kucing flu justru akan membuatnya kedinginan dan memperburuk kondisi kucing.

Kucing yang sedang menderita flu akan mengalami penurunan daya tahan tubuh. Sehingga sangat rentan terhadap air. Bahkan kucing bisa menggigil akibat demam tubuhnya terkena suhu air dingin.

Oleh karenanya, kurangi atau hilangkan jadwal mandi kucing. Anda bisa menggantinya dengan menyikat bulu lebih sering.

2. Bersihkan Tubuh, Mata dan Hidung Kucing

Membersihkan tubuh kucing sakit
Membersihkan Tubuh Kucing

Meskipun tidak diperbolehkan mandi, Anda tetap harus menjaga kebersihan. Merawat dan mengobati kucing flu bisa dilakukan dengan membersihkan ingus, air mata, air liur atau kotoran lainnya.

Mata dan hidung kucing flu akan mengeluarkan banyak kotoran, bersihkan kotoran tersebut agar kucing merasa lebih nyaman. Jika kamu malas membersihkannya maka bisa memperparah kondisi kucing.

Anda bisa menggunakan kain lembut atau tissue agar kucing tidak kesakitan. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan tissuea basah dan antiseptik agar virus atau bakteri flu tidak menyebar.

3. Menjemur Kucing Flu Saat Pagi Hari

Menjemur Kucing Sakit Flu
Menjemur Kucing

Sinar matahari pagi rupanya tidak hanya baik untuk manusia tetapi juga untuk hewan seperti kucing, terlebih kucing flu. Menjemur kucing flu bisa membantu menghangatkan tubuhnya.

Selain itu menjemur kucing juga bisa membunuh bakteri dan virus pada kucing.

Anda bisa menjemur kucing saat pagi hari sekitar pukul 07.00 – 09.00. Lakukan minimal selama 10 sampai 15 menit.

Sinar matahari pagi bisa meningkatkan kekebalan tubuh kucing. Sehingga menjemur sangat efektif dalam mengobati kucing flu.

4. Berikan Waktu Istirahat Kucing Lebih Banyak

Kucing Tidur
Kucing Tidur

Ketika kucing sakit flu maka ia membutuhkan banyak istirahat. Kamu harus memberikan waktu, ruangan, dan tempat yang nyaman untuknya . Sehingga kucing bisa istirahat dengan nyaman dalam waktu yang lebih lama.

Pastikan kucing beristirahat di tempat kering dan hangat. Jangan sampai kucing flu beristirahat di tempat lembab karena bisa menambah parah flu kucing.

Istirahat dapat membantu kucing mengembalikan daya tahan tubuhnya. Bahkan mampu melawan infeksi secara alami. Anda bisa membiarkan kucing tidur di kandangnya dengan tenang. Namun, sesekali bangunkan agar tetap

5. Berikan Kucing Madu

Kucing Diberikan Madu
Kucing Diberikan Madu

Madu mampu menjadi obat mujarab bagi setiap penyakit baik manusia maupun hewan. Khasiat madu berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh kucing.

Anda bisa meminumkan madu asli langsung atau dicampurkan dalam air minum kucing. Jadwalkan pemberian minuman madu minimal sekali dalam empat jam.

Jika kucing tidak mau jangan memaksanya. Terkadang kucing tidak mau minum madu karena terlalu manis.

Kalau kucing tidak mau minum madu kamu bisa mencampurkannya pada minumannya.

6. Menambahkan Asupan Vitamin

Vitamin Kucing Terbaik
Vitamin Kucing

Jika pada hari biasa kucing Anda sudah diberikan asupan vitamin maka tambahkan asupan vitamin ketika kucing flu. Vitamin sangat penting untuk suplemen daya tahan tubuh.

Jika daya tahan tubuh kucing kuat maka semakin besar kesempatan sembuh dari flu. Kamu bisa menambahkan vitamin prebiotik pada kucing misalnya Nutri-pkus gel, Dinovite, dan lain sebagainya.

Kami bisa menyimak rekomendasi vitamin terbaik untuk kucing di kucingklik.com.

7. Berikan Makan Bernutrisi Tinggi

Makanan Bernutrisi Untuk Kucing
Kucing Makan

Mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi akan sangat baik untuk kesehatan kucing, dan juga membuatnya lebih cepat sembuh dari flu.

Ketika kucing flu maka ia membutuhkan lebih banyak nutrisi. Oleh karena itu berikan si kucing makanan bernutrisi tinggi yang banyak mengandung vitamin B.

Hal tersebut bisa membuatnya cepat sembuh dari flu dan kembali ceria seperti biasanya.

8. Berikan Obat Flu Kucing

Obat Flu Kucing
Obat Flu Kucing

Untuk mengobati kucing flu bisa dengan memberikannya obat flu kucing. Kamu bisa menggunakan obat flu kucing seperti Coldy Cat dan Stop Flu.

Kamu bisa memilih salah satu, keduanya sangat direkomendasikan dan ampuh mengobati kucing flu. Namun sebagian besar orang lebih merekomendasikan Coldy Cat.

9. Membawa Kucing Flu Parah Ke Dokter Hewan

Kucing Flu Diperiksa Dokter
Kucing Flu Diperiksa Dokter

Jika kucing flu tidak sembuh sembuh dan semakin parah, maka kamu harus membawanya ke dokter hewan. Bisa jadi ada indikasi penyakit lain selain flu.

Dokter akan memeriksa kucing dan memberikannya obat. Selain itu dokter juga akan memberikan saran yang tepat dalam mengatasi kucing flu.

Perlu diperhatikan, penyakit flu memang tergolong penyakit yang tidak mematikan bahkan tidak cukup berbahaya.

Namun, hal ini hanya berlaku untuk kucing dewasa. Sementara, kucing yang berusia di bawah 1-3 bulan bisa sangat berbahaya hingga terancam nyawanya.

Secara medis, infeksi flu bisa menular pada sel dan jaringan sama. Sehingga flu pada kucing tidak bisa menular kepada manusia. Begitu juga sebaliknya, flu manusia kepada kucing.

Meski demikian, risiko penularan flu kucing kepada manusia tetap bisa terjadi. Hal ini tergantung paparan virus. Hindari kontak langsung ketika mengobati kucing flu.

Kesimpulan

Mengobati kucing flu bisa dilakukan dengan meningkatkan daya tahan tubuh kucing. Bisa memberikannya madu, makanan benutrisi, tidur cukup.

Kamu harus sabar menunggu kucing kembali sehat secara alami. Daya tahan tubuh kucing menjadi pokok utama kesembuhan kucing. Hal ini bisa dipompa dengan pemberian kasih sayang ekstra dari Anda.

Agar kucing cepat sembuh dari flu kamu juga bisa memberikan obat flu kucing seperti Coldy Cat dan Stop Flu.

About Nesya Damayanti

Dari kecil memang suka kucing. Sekarang nulis blog ini sebagai kegiatan rutin setelah lulus dari kuliah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *