7 Cara Mengobati dan Mengatasi Mata Kucing Berair

Mengatasi Mata kucing berair

Jika kucing sakit mata dan mengeluarkan air pada matanya, kamu harus tahu cara mengobati dan cara mengatasi mata kucing berair yang benar. Pembahasan lengkapnya, simak pada uraian berikut.

Mengatasi Mata kucing berair
Mata Kucing Berair

Dari pembahasan penyebab mata kucing berair, terungkap bahwa ada yang dipicu oleh bakteri dan virus mematikan. Untuk itulah sebagai pemilik kucing, kamu tidak bisa menyepelekan air mata berlebih pada si kaki empat.

Sebagai pemilik, sudah sepatutnya kamu bertanggung jawab atas kesehatan kucing yang disayangi.

Lantaran tidak bisa diobati dengan sembarangan, langkah pertama yang sangat direkomendasikan untuk mengobati kucing dengan air mata berlebih adalah dibawa ke dokter hewan.

Jangan langsung memberikan obat mata manusia, karena dicemaskan dosis berlebihan dan beberapa kandungan pada obat justru memperburuk kondisi mata kucing.

Kalau kondisi mata kucing berair ini dibiarkan, bisa-bisa akan membuat bola matanya berwarna merah dan bukan tak mungkin jadi makin infeksi.

Mata yang meradang tanpa dibantu pengobatan tepat bisa membuat kucing kehilangan indera penglihatannya dan berujung kebutaan. Tentu kamu tidak mau kucing kesayangan jadi begitu, kan?

Lantaran untuk mengobati mata kucing yang terus-menerus berair ini ada banyak metodenya, ada baiknya kalau kamu mengetahui penyebabnya terlebih dulu.

Dengan begitu kamu bisa memilih perawatan yang tepat dan akhirnya membuat si anabul (anak bulu) kembali sehat dan ceria seperti sedia kala.

Berikut beberapa cara mengobati dan mengatasi mata kucing berair yang bisa kamu terapkan :

1. Pisahkan Dari Kucing Sehat

Memisah kucing
Kucing Dalam Kandang

Lantaran kucing yang matanya berair berpeluang menulari kucing lain, ada baiknya kamu memisahkan kucing tersebut dengan lainnya, terutama jika disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus.

Dengan dikarantina sendiri, kamu bisa memberikan perawatan optimal. Ketika kucing sakit dan kucing sehat terpisah berikan perhatian lebih. Berikan kasih sayang dan perawatan yang maksimal.

Jangan meninggalkan kucing yang terpisah terlalu lama, nanti si kucing bisa stress. Anda harus rajin menengok dan mengelusnya sebagai bentuk perhatian.

2. Rajin Membersihkan Mata Kucing

Membersihkan Mata Kucing
Membersihkan Mata Kucing

Supaya mata kucing berair tidak infeksi parah, rajin bersihkan kotoran matanya. Kotoran mata yang tidak dibersihkan bisa menebal dan membuat mata kucing sulit dibuka.

Bahkan kalau terlalu parah, bisa berisi nanah. Kamu bisa membersihkan mata kucing dengan kapas kembut dan air hangat.

Bersihkan dengan hati-hati, setelah itu Anda bisa memberikannya salep mata yang mengandung gentamichyn.

3. Berikan Obat Tetes Mata Kucing

Obat Tetes Mata Kucing
Obat Tetes Mata Kucing

Gunakan obat mata khusus untuk kucing seperti Stop Eyes atau Trixin. Jika harus memakai obat mata manusia, pastikan dulu kandungan dan minta dosis yang tepat dari dokter hewan.

Fungsi obat tetes mata kucing ini mencegah mata kucing kekurangan air mata atau kering. Karena jika mata kucing kering maka bisa menyebabkan iritasi, mudah terinfeksi, dan bisa mengalami buta.

Berikut sekilas penjelasan mengenai obat tetes mata kucing Stop Eyes dan Trixin.

1. Stop Eyes

Obat tetes mata kucing merk stop eyes
Stop Eyes

Obat tetes mata kucing merk Stop Eyes telah banyak yang merekomendasikan dalam mengobati mata kucing berair. Stop Eyes terbukti sangat manjur dalam mengobati mata kucing sakit atau berair.

Stop Eyes diklaim mampu menyembuhkan iritasi mata, peradangan mata dan infeksi mata. Merk ini sangat direkomedasikan.

Dosis pemberian Stop Eyes 2 X dalam sehari, pagi dan sore. Untuk sekali pemberian berikan 2 tetes.

2. Trixin

Obat tetes mata kucing merk Trixin
Trixin

Obat tetes mata kucing merk Trixin memiliki keunggulan hampir sama dengan merk Stop Eyes. Selain untuk mata kucing merk Trixin juga bisa digunakan untuk mengobati hidung kucing yang sakit.

Trixin dapat meringankan dan menyembuhkan inflamasi dan infeksi jaringan sekitar mata kucing. Selain juga mengatasi masalah infeksi hudung kucing.

Untuk dosis pemberian Trixin bisa 2 X dalam sehari dan sekali pemberian bisa 2 tetes. Waktu yang baik untuk memberikan obat ini pagi dan sore.

4. Jauhkan Dari Benda-Benda Berbahaya

Lingkungan Kucing Aman

Supaya matanya tak mudah terluka dan iritasi, pastikan untuk menjauhkan benda-benda berbahaya dari kucing.

Ketika mata kucing sakit jarak pandang terbatas, selain itu gerakannya juga tidak stabil dan tidak fokus.

Jika ada barang berbahaya seperti zat kimia beracun, benda tajam bisa melukai kucing. Tentu kamu tidak menginginkan kucing kesayangan terluka akibat benda berbahaya.

5. Berikan Kucing Makanan dan Minuman Terbaik

Kucing Makan

Kucing yang sakit mata dan mengeluarkan air terus-menerus membutuhkan banyak asupan gizi. Sangat penting memperhatikan makanan kucing yang dikonsumsi ketika sakit.

Berikan makanan kucing yang banyak mengandung protein tinggi seperti pakan kering berkualitas tinggi, pakan basah kucing terbaik, daging, ikan dan lain-lain.

Selain berikan juga minuman yang sehat seperti susu, air kelapa, air matang, dan madu.

Dengan memberikan makanan dan minuman terbaik pada kucing, akan meningkatkan sistem imun kucing. Alhasil kucing bisa cepat sembuh dari sakit mata.

6. Berikan Kasih Sayang Kepada Kucing Yang Sakit

Sayang Kepada Kucing
Ilustrasi Sayang Kepada Kucing

Ketika kucing sakit mata dan mengeluarkan air terus menerus, maka akan membuat wajah kucing kumuh dan kotor. Namun kamu harus tetap menyanyi si kucing, jangan asal-asal dalam merawatnya.

Sama seperti manusia, kucing juga butuh perhatian ketika sakit. Oleh karena itu kamu sebagai pemilik harus merawat dan menyayanginya.

7. Bawa Ke Dokter Hewan

Kucing Diperiksa Dokter Hewan
Kucing Diperiksa Dokter Hewan

Jika mata kucing berair terus menerus dan tidak sembuh-sembuh, segera bawa kucing yang ke dokter hewan terpercaya. Ada kemungkinan kucing mengidap penyakit lain, sehingga serahkan kesehatan kucing pada ahlinya.

Membawa kucing sakit mata adalah langkah yang tepat dan direkomendasikan. Dokter akan memeriksa kemudian mengobati si kucing. Tentu dokter akan memberikan obat yang tepat untuk si kucing.

Selain itu dokter juga akan memberikan saran dalam merawat kucing sakit mata berair dengan tepat dan benar.

Kendati mungkin cara mengatasi mata kucing berair terdengar mudah, kamu tidak bisa menyepelekan kondisi ini.

Mata adalah organ penting pada kucing sehingga jika terjadi air mata berlebih, harus diobati secara tepat.

Jangan sampai mengikuti anjuran teman, malah bikin mata kucing makin bermasalah. Jadi, tanyakan solusinya langsung ke dokter hewan.

About Nesya Damayanti

Dari kecil memang suka kucing. Sekarang nulis blog ini sebagai kegiatan rutin setelah lulus dari kuliah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *