8 Cara Menghentikan Kucing Yang Suka Menggigit

Menghentikan Kucing Suka Menggigit

Kucing dikenal sebagai binatang yang lembut dan damai dan sering mendengkur pelan di pangkuan manusia. Mereka adalah hewan yang dekat dan bersahabat dengan manusia. Sayangnya, tidak semua kucing demikian, terkadang beberapa kucing menggigit bahkan mencakar saat berdekatan dengan manusia.

Sebenarnya kucing yang suka menggigit itu tergantung pada keadaan, sejarah, dan kepribadian masing-masing hewan. Perilaku kucing tersebut selalu memiliki alasan tersendiri. Untuk kamu yang memelihara kucing sebaiknya tahu alasan kenapa si kucing memiliki perilaku suka menggigit gigit.

Mengapa Kucing Suka Menggigit?

Dilansir dari The Spruce Pets, ada beberapa penyebab yang membuat kucing suka menggigit baik itu kucing dewasa, maupun anak kucing. Tentu ada perbedaan diantara kucing dewasa dan anakan yang memiliki kebiasaan menggigit.

Biasanya anak kucing suka menggigit karena adanya masalah sosialisasi, anakan kucing ingin mengais sesuatu, ingin menjelajahi dunianya, merupakan cara berkomunikasi anakan kucing, atau anak kucing sedang tumbuh gigi.

Anak kucing suka menggigit bisa jadi karena mereka melakukan interaksi dengan anak kucing lain dan atau dengan induknya.

Penting bagi kamu yang memiliki anakan kucing untuk melatihnya agar tidak suka menggigit.

Sementara itu, penyebab kucing dewasa suka menggigit bisa terjadi karena ingin menegaskan dominasi, menuntut perhatian, serta menanggapi ancaman.

Namun, jika kucing terbiasa menggigit dan terbilang sangat sering, maka biasanya terjadi masalah pada kucing dewasa tersebut.

Baca : Ciri-Ciri Kucing Persia Medium Asli dan Cara Merawatnya

Beberapa kucing dewasa menggigit untuk menuruti naluri berburu, atau sedang mempertahankan diri dari ancaman. Adakalanya mereka suka menggigit karena memiliki kenangan buruk terjadi pada masa lalu.

Misalnya saja, jika kucing sebelumnya menggigit saat kukunya sedang dipotong, kemudian pemotongan kuku berhenti, maka kucing mungkin telah belajar bahwa menggigit adalah cara efektif untuk menghentikan perbuatan yang tidak menyenangkan baginya.

Beberapa kucing suka menggigit sebagai bentuk komunikasi, mereka menginginkan sesuatu, atau mereka sedang mencari perhatian.

Cara Menghentikan Kucing Yang Suka Menggigit

Kucing yang memiliki kebiasaan suka menggigit tentu hal tersebut merupakan masalah. Jika itu terjadi pada kucing peliharaanmu maka kamu harus segera mencari solusi atau cara untuk menghentikannya.

Dihimpun dari berbagai sumber berikut adalah cara menghentikan kucing suka menggigit baik itu anakan kucing atau kucing dewasa.

1. Bersikap tenang menghadapi kucing

Dalam menghadapi kucing yang suka menggigit kamu harus tenang. Kemudian ini yang penting, jangan jadikan bagian tubuhmu sebagai mainan untuk kucing. Misalnya jari tangan atau kaki kamu gunakan untuk mempermainkan si kucing.

Kucing yang sering dimainkan dengan jari tangan atau kaki maka mereka akan menganggap jari tangan atau kaki sebagai mainan mereka. Tak heran jika mereka suka menggigit.

Cobalah untuk bermain dengan tenang dan aman bersama mereka. Gunakan mainan khusus kucing yang bisa mengalihkan fokus perhatian kucing ke sesuatu selain pemiliknya.

2. Berhenti bermain dengan kucing

Kalau kucing kamu terbiasa menggigit saat bermain denganmu, maka penting untuk memberi tahu kalau tindakan mereka itu salah dan mereka harus tahu kalau tangan bukan mainan atau mangsa mereka.

Untuk menetapkan batas ini, kamu cukup berhenti bermain dengan si kucing, saat si kucing mulai menggigit. Enggak perlu memarahi atau mengatakan sesuatu yang buruk pada kucing, cukup kamu konsisten dengan cara ini.

3. Jangan membentak kucing

Ketika kucing menggigit anggota tubuhmu jangan bentak bentak kucing karena itu akan membuat mereka takut dan trauma. Kucing yang merasa ketakutan menjadikan mereka seperti terancam.

Baca : Penyebab Kucing Kurus Dan Bulunya rontok

Jika kucing sudah merasa terancam maka mereka akan mencoba mempertahankan diri dengan melawan, yaitu dengan menggigit dan mencakar.

4. Ciptakan lingkungan yang aman

Salah satu alasan kenapa kucing suka menggigit adalah karena stres atau rasa cemas. Hal ini saja terjadi kalau mereka enggak nyaman berada di lingkungannya.

Kamu harus bisa menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman untuk kucing, agar mereka tidak memiliki kebiasaan menggigit.

Menciptakan lingkungan yang aman akan sangat penting bagi kucing yang baru pindah ke lingkungan baru.

5. Mendorong tangan agar gigitan dilepas

Kalau kucing menggigit dan enggak mau melepasnya, maka cobalah untuk mendorong tanganmu dengan lengan ke arah gigitan. Hal tersebut dimaksudkan untuk meminta kucing melepaskannya.

Kamu harus tahu kalau kamu menarik tangan dari gigitan justru malah akan menstimulasi kucing untuk semakin menggigit.

6. Berikan respons yang konsisten

Ada hal penting dalam merespon kebiasaan kucing yang suka menggigit. Kalau kucing mendapatkan respons yang berbeda-beda atas perilakunya itu, maka akan semakin sulit untuk melatihnya. Dalam artian menghentikan kebiasaan mereka menggigit.

Kalau kucing mulai menggigit, pastikan kamu bereaksi seperti bersuara keras atau langsung menarik tangan, sehingga kucing akan belajar untuk berhenti melakukan itu. Dengan memberikan respon yang konsisten maka kucing akan mulai paham kalau tindakan mereka itu salah.

Gunakan respons yang konsisten tersebut sebagai distraksi untuk menghentikan perilaku buruk kucing, bukan sebagai hukuman.

7. Cari perilaku pengganti

Kalau kucing terlalu sering menggigit atau menyerang kaki kamu ketika kita berjalan, maka kamu harus ajari kucing untuk duduk dan memberi hadiah kalau mematuhinya.

Baca : 11 Cara Merawat Kucing Kampung Agar Nurut

Selain itu, kamu juga bisa juga memberikan kucing mainan yang interaktif dan layak untuk digigit.

Mainan yang diberikan sebagai hadiah ketika kucing patuh adalah cara yang bagus untuk mendorong perilaku bermain yang positif.

8. Konsultasi dengan dokter hewan

Kalau semua cara sudah dilakukan tapi perilaku kucing tidak berubah atau kebiasaan menggigit belum hilang, kamu bisa mengonsultasikannya dengan ahli atau dokter hewan.

Dokter umumnya akan memberi saran terbaik untuk mengatasi masalah terhadap kucingmu. Jika memang ada tindakan medis maka dokter hewan akan memberikan obat terbaik.

Sampai di sini telah kita selesaikan pembahasan cara menghentikan kebiasaan kucing yang suka menggigit. Kamu dapat menerapkan cara cara yang telah disebutkan jika kucing peliharaan kamu suka menggigit.

About Nesya Damayanti

Dari kecil memang suka kucing. Sekarang nulis blog ini sebagai kegiatan rutin setelah lulus dari kuliah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *