11 Cara Menggemukan Kucing Terbukti!

Cara agar kucing gemuk

Merupakan satu kebanggaan tersendiri bagi para pecinta kucing melihat hewan peliharaannya tampak gemuk dan sehat. Hanya saja, membuat kucing selalu terlihat gemuk adalah perkara yang tidak mudah. Bisa karena nafsu makan yang kurang, bisa juga karena kucing sedang tidak sehat, kucing berubah kurus. Untuk cara menggemukan kucing dapat Anda simak pada pembahasan kali ini.

Cara agar kucing gemuk
Kucing Gemuk

Sebelum menggemukan kucing Anda harus mengetahui berat ideal dari kucing tersebut. Hal ini penting karena jika nanti ternyata kucing setelah digemukan malah kelebihan berat badan dapat mengakibatkan kompilasi penyakit. Jika perlu konsultasikan berat ideal dari kucing dan rentang waktu dalam penggemukan kucing Anda.

Ada beberapa cara membuat kucing gemuk yang bisa Anda coba untuk membuat kucing peliharaan Anda gemuk. Anda bisa menyimak secara lengkap ulasannya cara menggemukan kucing di bawah ini.

1. Berikan Makanan dengan Protein Tinggi

Cara menggemukan kucing yang pertama adalah dengan memberikan makanan dengan protein tinggi. Ada lho, kucing yang banyak makan tetapi tetap kurus. Jika itu terjadi pada kucing Anda, bisa jadi ada yang salah dengan makanannya. Pasalnya, tidak semua makanan yang disukai kucing adalah makanan yang memiliki kandungan gizi tinggi.

Makanan yang tidak memiliki kandungan gizi tinggi tidak akan mencukupi kebutuhan gizi si kucing. Itu sebabnya, biar pun kucing banyak makan, tubuhnya tetapi kurus.

Untuk itu, perhatikan betul apakah makanan yang diberikan sudah memiliki kandungan gizi tinggi atau belum. Jika belum, berikan si kucing makanan dengan protein tinggi.

Makanan dengan protein tinggi adalah makanan yang paling dibutuhkan si kucing agar tubuhnya terlihat gemuk. Karenanya, salah satu cara membuat kucing gemuk yang patut Anda lakukan adalah cara pertama ini.

2. Berikan Makanan yang Lebih Variatif

Mengapa memberikan makanan yang variatif bisa menjadi alternatif cara membuat kucing gemuk? Karena ini adalah salah satu cara meningkatkan nafsu makan pada kucing.

Kucing itu seperti halnya manusia. Mereka punya jenis makanan yang disukai. Mereka juga kadang merasa bosan dengan jenis makanan yang itu-itu saja. Karena itu, memilih dua di antara beberapa jenis makanan kucing menjadi hal yang wajar untuk Anda lakukan.

Memang, apa saja jenis makanan kucing itu? Makanan kucing ada yang berjenis dry food, wet food, atau raw food.

1. Dry food

Dry food merupakan istilah untuk makanan kering. Makanan ini umumnya banyak dijual di petshop. Bentuknya bisa beraneka ragam, tetapi umumnya adalah bulat. Banyak orang menyebut dry food dengan sentrat kucing. Selain tahan lama, makanan semacam ini terkesan lebih bersih. Dry food juga dianggap lebih baik untuk kesehatan mulut kucing.

2. Wet food

Wet food adalah istilah untuk makanan basah. Makanan basah ini umumnya dikemas dalam kaleng. Karakternya basah. Teksturnya jauh lebih lembut dibandingkan dengan dry food. Tekstur yang lembut ini membuat banya kucing lebih menyukai makanan jenis ini daripada jenis yang pertama.

3. Raw food.

Raw food adalah istilah untuk makanan mentah. Maksudnya, selain dari dua jenis makanan di atas, bisa jadi itu tergolong ke dalam raw food. Misalnya, ikan-ikanan yang Anda beli di pasar dan Anda berikan langsung pada kucing. Jika pun Anda tidak yakin ikan yang Anda berikan bersih atau bahkan mengandung kuman berbahaya, Anda bisa mengukusnya terlebih dahulu agar aman.

Anda bisa mencoba ketiga-tiganya pada kucing Anda. Berikan dia makanan dengan jenis yang berbeda. Dari ketiganya, Anda bisa mengamati, mana jenis makanan yang paling disukai. Jika si kucing menunjukkan indikasi suka pada salah satu jenis makanan, Anda bisa memberikan jenis makanan itu lebih sering. Tapi jika kucing terlihat bosan, Anda boleh mengganti jenis makanannya.

Kuncinya adalah, bagaimana kucing tetap doyan makan. Sebab, makan adalah bagian penting dari proses bagaimana kucing menjadi gemuk. Bukan begitu?

3. Pastikan Kebutuhan Kalori Kucing Tercukupi

Anda tahu, berapa kalori yang dibutuhkan kucing perhari?. Perlu diketahui bahwa ketika Anda belajar cara menggemukan kucing maka Anda harus tahu kebutuhan kalori yang dibutuhkan kucing.

Masing-masing kucing memiliki kebutuhan kalori berbeda. Nantinya, jika Anda sudah paham dengan jumlah kalori yang dibutuhkan, Anda bisa menjadikan ini patokan seberapa banyak seharusnya kucing Anda diberi makan. Dengan makan yang cukup, tentu saja diharapkan kucing menjadi gemuk.

Kebutuhan kalori kucing dewasa umumnya adalah 300 kkl perhari dengan berat sekitar 5 kg. Kucing yang tergolong kitten memiliki kebutuhan yang lebih sedikit lagi. Demikian juga dengan kucing yang sudah masuk usia tua. Kucing yang tengah hamil dan tidak juga memiliki kebutuhan kalori berbeda. Kucing hamil lebih banyak membutuhkan kalori.

Secara umum, biasanya kebutuhan makanan kucing dihitung dengan mengambil 2% dari berat total si kucing. Cara ini tentu dibilang-bilang lebih mudah untuk menentukan seberapa banyak makanan yang dibutuhkan oleh si kucing tersebut.

Jadi, semisal kucing Anda memiliki berat badan 7 kg, maka kebutuhan makanannya adalah:
2% x 7 kg = 0,14 kg = 160 gram.

Sekarang, tinggal berapa kali kucing diberi makan. Jika kucing diberi makan tiga kali sehari, berarti setiap kali makan, porsi yang diberikan adalah 160/3 gram atau sama dengan 54 gram.

4. Beri Kucing Anda Vitamin Serta Vaksin

Apa sih, kaitannya pemberian vitamin dan vaksin dengan cara menggemukan kucing?

Kalau yang ditanyakan itu, jawabannya akan sedikit panjang. Tapi kalau yang ditanyakan adalah fungsinya, tentu fungsinya banyak sekali. Vitamin, misalnya, sangat dibutuhkan kucing untuk menjaga kesehatan tubuhnya.

Manusia kan juga begitu, membutuhkan vitamin. Kucing pun membutuhkan vitamin. Mereka butuh vitamin D, vitamin B kompleks, serta vitamin-vitamin yang lain.

Vaksin pun demikian. Pemberian vaksin akan membantu kucing meningkatkan kekebalan tubuhnya terhadap serangan penyakit dan virus tertentu. Anda tahu sendiri bukan, kucing sangat rentan terserang rabies, dan penyakit-penyakit hewan lainnya. Untuk itu, pemberian vaksin perlu juga Anda lakukan.

Bukankah jika kucing Anda sehat, kucing akan lebih mudah gemuk. Tentu saja jika dibandingkan dengan kucing yang kurang sehat. Nafsu makan kucing juga akan lebih mudah terjaga jika kucing dalam keadaan sehat, bukan?

5. Selalu Bersihkan Tempat Makan Si Kucing

Kok bisa membersihkan tempat makan kucing menjadi cara membuat kucing gemuk?

Iya, bisa. Wadah makan yang bersih mau tidak mau akan meningkatkan mood kucing untuk makan. Jangan salah, kucing termasuk salah satu hewan yang bersih. Menjaga perlengkapan kucing seperti wadah makan amat penting dalam proses penggemukan kucing.

Lihat saja, bagaimana kucing Anda sering menjilati bulu-bulunya. Lihat juga bagaimana kucing Anda memilih tempat untuk tidur. Jangan lupa untuk memperhatikan bagaimana kucing Anda mengambil makanan dan meletakkannya di tempat yang lebih bersih.

Semua itu sudah cukup menjadi indikasi, kucing lebih suka makan dari tempat makan yang bersih. Bahkan lebih dari itu, wadah yang bersih bukan hanya berkaitan dengan kebiasaan si kucing. Dari sisi kesehatan, wadah yang bersih akan menjauhkan kucing dari kuman dan penyakit yang bersumber dari kotoran.

Anda pasti paham, wadah yang kotor oleh sisa-sisa makanan kucing akan menjadi sarang bagi bakteri dan kuman. Jika wadah semacam ini digunakan untuk makan si kucing, sudah pasti bakteri dan kuman itu akan masuk ke tubuh si kucing. Maka, jangan salahkan siapa-siapa jika kemudian si kucing sakit dan berubah kurus.

6. Ajak Kucing Melakukan Aktivitas

Mengajak kucing beraktivitas adalah salah satu cara menjaga nafsu makannya. Anda bisa mengajak kucing Anda bermain di luar rumah. Sekadar jalan-jalan saja juga bisa. Jika Anda merasa cukup, berikan kucing Anda makanan setelahnya. Umumnya, kucing yang baru selesai melakukan aktivitas akan lebih bernafsu menghabiskan makanannya.

7. Perhatikan Berat Ideal Kucing

Ingat ya, membuat kucing gemuk itu baik. Tetapi, jika kegemukan akan lain hal masalahnya. Di sinilah letak pentingnya mengetahui berat ideal kucing. Jangan sampai Anda berusaha membuat kucing gemuk secara membabi-buta sedangkan kucing Anda sudah mencapai batas maksimal berat idealnya.

Berat ideal kucing sangat tergantung dengan jenis kucing dan jenis kelamin. Kucing jantan umumnya lebih berat jika dibandingkan dengan kucing betina. Tapi umumnya, sejauh Anda tidak menemukan tonjolan tulang rusuk si kucing saat merabanya, berarti kucing Anda sudah tergolong gemuk.

8. Berikan Air Mineral Yang Higienis

Agar kucing cepat gemuk berikan ia air yang higienis. Hal ini penting karena dapat membuat kucing sehat dan tentu saja gemuk. Jika kucing minum air kotor atau sembarang maka kucing mudah sakit dan meyebabkan kurus. Sebagai pemilik selalu sediakan air bersih dan higienis pada kandang kucing.

9. Berikan Susu Penggemuk Kucing

Cara menggemukan kucing yang penting adalah memberikan susu khusus untuk penggemukan badan kucing. Anda bisa membelinya di Petshop yang banyak menyiakan berbagai merk susu kucing. Salah satu merk populer adalah susu kucing merk whiskas yang sudah terbukti.

Jika kucing Anda sudah gemuk dan Anda ingin kucing Anda lebih gemuk lagi, itu sah saja. Hanya saja, pastikan selalu kucing Anda tidak menderita obesitas yang justru akan mengganggu kesehatan si kucing.

Dan akhirnya, dari banyak cara membuat kucing gemuk yang sudah diulas di atas, mungkin masih banyak juga hal lain yang bisa menjadi alternatif menggemukkan tubuh si kucing. Karena itu, berusaha dan terus memberi perhatian pada hewan kesayangan Anda sangat perlu Anda lakukan. Jangan lupa untuk terus menjaga kesehatan. Sebab kesehatan adalah yang utama.

10 Berikan Kucing Telur Ayam Kampung

Perlu diketahui bahwa kuning telur sangat bagus untuk pertumbuhan kucing. Dalam kuning telur ayam terkandung banyak berbagai macam nutrisi dan lemak yang baik untuk kucing. Pilih kuning telur ayam kampung yang sehat hindari menggunakan telur ayam ras.

Cara memberikan kuning telur ini bisa dengan mencampurkannya dengan makanan kucing terutama jenis wet food san raw food. Pemberian kuning telur ini hanya seminggu sekali jangan lebih.

11. Berikan Istirahat Yang Cukup Si Kucing

Pemberian istirahat yang cukup pada kucing bertujuan untuk mengurangi pembakaran lemak pada kucing. Anda bisa memberikan kucing tempat tidur yang nyaman dengan ruangan ber AC. Hal tersebut membuat kucing nyaman tidur dan mengurangi pembakaran lemak kucing.

Perlu diingat jangan membiarkan kucing tidur terus nanti ia jadi pemalas dan kegemukan. Jika kegemukan mudah terserang penyakit.

Artikel Terkait : 8 Makanan Kucing Kampung Agar Dan Gemuk Bagus

Dapat diambil kesimpulan bahwa cara untuk membuat kucing gemuk diperlukan makanan dan minuman bergizi serta kasih sayang kepada kucing. Waktu yang dibutuhkan juga tidak bisa cepat oleh karena itu dibutuhkan ketekunan dan kerajinan dalam merawat kucing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *