12 Cara Mengetahui Umur Kucing dari Para Ahli

Cara Mengetahui Umur Kucing

Perhitungan usia kucing tidak sama dengan perhitungan usia manusia. Kucing yang berusia lima tahun, misalnya, sama dengan manusia yang berusia 36 tahun. Kalau kucing Anda mencapai 10 tahun, itu sama dengan manusia yang berusia 56 tahun. Bagaimana sebenarnya cara mengetahui umur kucing? Berikut ulasannya untuk Anda.

Cara Mengetahui Umur Kucing
Pertumbuhan Kucing

Untuk perbandingan umur kucing dengan umur manusia sebaiknya Anda perhatikan dahulu tabel berikut ini:

Tabel umur kucing dan umur manusia
Tabel Perbandingan Umur Kucing Dengan Manusia

Tabel di atas perbandingan antara usia kucing dengan usia manusia. Melalui tabel ini, Anda bisa memperkirakan berapakah usia kucing dengan diri Anda saat ini.

Contohnya kalau Anda tengah berusia 30 tahun dan memiliki kucing berumur tiga tahunan, maka itu bisa disimpulkan kalau Anda dan si kucing adalah ‘teman sebaya’.

Jika Anda ingat kapan kucing itu dilahirkan, maka tentunya tidak sulit untuk memastikan berapa usia kucing. Akan tetapi jika mengadopsi dari orang lain dan penasaran dengan umurnya, Anda bisa menggunakan cara mengetahui umur kucing berikut.

Untuk mengetahui umur kucing bisa dilakukan dengan mengecek tubuh dan bulu kucing. Saat Anda melakukan ini, ada beberapa hal yang menjadi patokan, antara lain sebagai berikut.

1. Ketebalan bulu

Kucing yang sudah tua biasanya memiliki bulu yang lebih tipis dibandingkan dengan kucing yang masih muda. Ketika memasuki musim dingin, bulu kucing biasanya juga menjadi lebih tebal dibandingkan ketika musim panas.

2. Tekstur bulu

Kucing yang masih muda memiliki tekstur bulu lebih halus dan lebat. Berbeda dengan kucing tua yang tekstur bulunya lebih kasar dan biasanya muncul corak berwarna abu-abu pada bulunya.

3. Tipe tubuh

Di usia relatif muda, kucing biasanya lebih aktif dan banyak bergerak sehingga membuat tubuhnya cenderung ramping. Saat memasuki usia dewasa, aktivitas kucing lebih sedikit sehingga membuat badannya lebih bulat. Sedangkan di usia tua, tulang bahu kucing menjadi lebih jelas dan kulitnya lebih kendur.

Jika sudah mengecek tubuh dan bulu kucing, selanjutnya Anda bisa menghitung usia kucing dengan melakukan pengecekan pada giginya. Beberapa hal yang harus Anda perhatikan adalah sebagai berikut.

4. Jumlah gigi

Urutan gigi yang tumbuh pada anak kucing adalah gigi seri, lalu disusul gigi taring dan gigi geraham. Gigi-gigi tersebut tumbuh saat usia kucing 2-6 minggu, sehingga kucing yang belum berusia empat bulan belum memiliki gigi geraham.

Gigi dewasa akan tumbuh begitu usianya memasuki enam bulan sampai satu tahun. Di usia tersebut, giginya akan tampak putih bersih.

5. Warna gigi

Cara mengetahui umur kucing berikutnya adalah mengecek warna gigi pada kucing. Menguningnya gigi menunjukkan bahwa usia kucing semakin bertambah.

Gigi kucing akan mulai menampakkan warna kuning ketika usianya dua tahun, dan akan terus bertambah kuning setiap tahun. Saat kucing sudah berusia 10 tahun lebih, maka warna kuningnya semakin jelas.

6. Kondisi gigi

Semakin tua usia kucing, maka giginya akan semakin usang yang ditunjukkan dengan semakin berkurang ketajamannya. Kucing yang sudah berusia tua (di atas 5 tahun) biasanya memiliki gigi dengan ujung yang tumpul hingga patah.

Selain mengecek kondisi bulu dan gigi kucing, Anda juga bisa mengetahui usia kucing dengan mengecek matanya. Berikut kondisi yang perlu Anda perhatikan.

7. Pengeruhan mata

Kucing yang usianya masih muda akan memiliki mata yang jernih. Sedangkan kucing yang sudah tua memiliki mata yang keruh karena mengalami penuaan. Mata kucing yang sudah tua juga bisa mengalami katarak.

8. Mengecek iris

Di sekeliling pupul terdapat bagian mata kucing yang memiliki warna, itulah bagian iris mata. Iris mata pada kucing muda tampak halus dan bersih. Bertambahnya usia kucing membuat irisnya semakin tipis dan petak-petak pigmen warna jadi terlihat.

9. Air mata kucing

Biasanyan air mata kucing mengalir saat ia sakit, cedera, atau mengalami penuaan. Air mata ini jarang sekali keluar pada kucing muda, namun lebih sering pada kucing tua. Ketika kucing Anda mengeluarkan air mata, sebaiknya segera periksakan ke dokter ya.

Bukan hanya kondisi fisik, perilaku kucing juga bisa digunakan sebagai cara mengetahui umur kucing. Bagaimanapun, kucing muda dan tua memiliki tingkah yang berbeda sehingga Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut ini.

10. Suasana hati

Kucing yang sudah berusia tua akan lebih sering sakit-sakitan, sehingga membuatnya menjadi lebih agresif, mudah gugup, dan ketakutan. Namun suasana hati tidak hanya dipengaruhi oleh usia. Saat kucing tengah stres, ia juga akan menunjukkan perilaku agresif, gugup, atau takut.

11. Gerak-geriknya di litter box

Kucing yang tampak kesulitan menggunakan litter box mungkin saja tengah mengalami masalah kesehatan. Biasanya kucing yang sudah tua lebih sering mengalami ini, karena masalah kesehatan yang dialami.

Masalah kesehatan yang mungkin membuat kucing sulit menggunakan litter box, seperti penyakit pencernaan atau mata. Namun kondisi litter box yang tidak bersih juga bisa kucing memiliki perilaku seperti ini. Jadi pastikan Anda menjaga kebersihan kotak kotoran kucing Anda dengan baik.

12. Pola tidur

Pola tidur kucing menyesuaikan dengan usia kucing tersebut. Anak kucing akan memiliki waktu tidur yang lebih lama dibanding kucing dewasa. Begitu juga ketika kucing sudah memasuki usia tua, aktivitasnya akan berkurang dan waktu tidurnya menjadi lebih lama.

Kucing suka tidur itu memang sudah menjadi kebiasaan alaminya. Makanya kucing terkenal dengan julukan hewan yang doyan tidur.

Jadi dapat disimpulkan bahwa untuk mengetahui umur kucing bisa dilakukan dengan mengecek kondisi tubuh, bulu, gigi, mata, dan prilaku kucing.

Nah, cara mengetahui umur kucing tidaklah sulit, bukan? Segera bawa ke dokter jika ada yang tidak beres dengan kusehatan kucing Anda ya.

About Nesya Damayanti

Dari kecil memang suka kucing. Sekarang nulis blog ini sebagai kegiatan rutin setelah lulus dari kuliah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *