8 Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Cara mengatasi kucing tidak mau makan

Kucing tidak mau makan kadang bisa merupakan pertanda ia mengalami gangguan kesehatan serius. Hal ini harus diperhatikan sebelum timbul masalah kesehatan yang lebih buruk. Pasalnya, kucing akan rentan terkena penyakit jika tidak makan dalam waktu yang lama.

Cara mengatasi kucing tidak mau makan
Kucing Tidak Mau Makan

Perubahan metabolisme karena kurang nafsu makan juga dapat menyebabkan kerusakan jaringan organ hati dan akhirnya menyebabkan kematian. Tentu Anda tidak mau ini terjadi pada peliharaan kesayangan bukan? Oleh sebab itu, pelajari penyebab dan cara mengatasi kucing tidak mau makan berikut ini.

Penyebab Kucing Tidak Mau Makan

Kucing enggan menyentuh makanan yang biasa diberikan, pasti membuat Anda bertanya-tanya apakah penyebabnya. Ada beberapa faktor penyebab kucing tidak mau makan. Bisa karena masalah makanan atau gangguan kesehatan, berikut selengkapnya.

1. Masalah pada Makanan

Memberi makan kucing kadang rumit. Jika memiliki beberapa kucing, tidak berarti semua kucing mau memakan makanan yang sama. Kucing dapat merasa bosan jika Anda memberikan makanan yang sama selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Makanan yang sama setiap hari dan setiap waktu makan dapat menyebabkan mereka jenuh dan malas makan.

Selera kucing terhadap bentuk dan tekstur makanan pun berbeda. Ada kucing yang menyukai makanan kering berbagai berbentuk seperti sereal, ada pula yang menyukai makanan basah dalam kaleng.

Selain itu, jika Anda pernah memberikan makanan kedaluwarsa atau sudah rusak, kemungkinan kucing tidak akan mau ketika diberikan makanan yang sama. Memindahkan makanan kering dari bungkus aslinya juga menyebabkan aroma makanan berubah dan kucing menolak makan.

Tak hanya makanan, tempat makan harus selalu bersih dan kering. Jika tempat makan masih basah atau lembap setelah dicuci, sebaiknya lap dulu agar makanan tidak lembap dan kucing mau memakannya.

2. Tidak Nafsu Makan

Kadang-kadang kucing mengalami penurunan nafsu makan. Ketika malas makan biasanya kucing juga malas melakukan aktivitas-aktivitas lain termasuk bermain-main dan lebih memilih tidur. Ketika kucing sedang malas, dia lebih suka tiduran dan tidak melakukan apa-apa termasuk makan. Biasanya hal ini terjadi pada kucing ras seperti Persia.

3. Sakit Mulut dan Gigi

Seperti manusia, kucing juga dapat mengalami sakit gigi dan gusi. Kucing dapat mengalami gigi berlubang, sakit gigi karena tumbuh gigi, atau radang gusi yang menyebabkan sakit mulut. Saat mengalami masalah mulut, kucing tidak mau makan.

Masalah gigi pada kucing sangat sulit dideteksi dan mungkin Anda hanya bisa mengetahuinya setelah membawa kucing ke klinik hewan. Selain sakit gigi dan gusi, luka pada mulut kucing dapat menyebabkannya tidak mau makan. Penyakit mulut dapat diketahui dari luka pada mulutnya atau bau yang tidak sedap dari mulut.

4. Sistem Pencernaan Terganggu

Gangguan sistem pencernaan bisa membuat kucing tidak mau makan. Gangguan ini dapat terjadi karena makanan yang tidak berkualitas atau tercemar sehingga ada parasit yang masuk ke dalam tubuh dan membuatnya sakit. Penyakit pencernaan kucing diantaranya radang pada lapisan usus besar atau infeksi protozoa di dalam perut.

Gangguan sistem pencernaan menyebabkan kucing enggan makan. Masalah pencernaan dapat ditandai dengan diare dan muntah. Gangguan pencernaan bisa disebabkan oleh asam lambung, bakteri, dan parasit.
Kucing dapat mengalami penyakit yang membuatnya muntah-muntah dan lemas misalnya radang pada pankreas, limfoma, dan perubahan lingkungan bakteri usus.

5. Sakit Pernafasan

Masalah pernafasan dapat mengurangi kemampuan indera penciuman kucing serta menyulitkan bernafas sehingga dapat membuat selera makannya menurun. Kucing tidak mau makan dapat juga dapat menandakan ia menderita penyakit seperti demam dan flu kucing.

Gangguan pernafasan atas seperti flu dapat mengganggu hidung dan matanya. Untuk mengatasi penyakit pernafasan dapat menggunakan antibiotik.

6. Menelan Benda Asing

Beberapa kucing suka memakan benda-benda untuk mengeluarkan gumpalan bulu dari perutnya. Namun, kadang benda asing itu justru tersangkut di dalam dan menghalangi keluarnya gumpalan bulu dari dalam perut. Jika tak dapat dimuntahkan, benda itu dapat menyebabkan kucing mengalami sakit perut dan tidak mau makan.

7. Stress

Kucing dapat mengalami stres karena lingkungan dan tekanan. Misalnya baru diadopsi atau baru berpindah rumah sehingga dia mengalami tekanan karena harus adaptasi.

Kucing yang sedang birahi tetapi tidak mendapat pasangan dapat mengalami masalah seperti stres, dan kehilangan nafsu makan. Selain itu, jika kurang nafsu makan disertai perubahan perilaku, kemungkinan ia mengalami tekanan atau depresi karena perubahan lingkungan.

Perubahan cuaca juga berpengaruh pada kucing. Umumnya kucing suka di tempat hangat dan menyesuaikan dengan suhu tubuhnya. Jika cuaca sangat panas biasanya kucing lebih memilih tidur daripada makan.

Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan

Hewan yang tidak makan, proses fisiologinya berjalan dengan pengolahan energi dari pembakaran lemak di jaringan tubuhnya. Akan tetapi, hal ini tidak berjalan efisien pada kucing. Tidak makan lebih dari 24 jam dapat menimbulkan gangguan kesehatan pada kucing. Maka, Anda harus segera bertindak apabila sudah seharian kucing tidak mau makan.

1. Memberikan Pakan Bervariasi

Ketika kucing malas makan, berikan pakan yang bervariasi. Karena bisa jadi kucing malas makan karena bosan. Makanan yang bervariasi juga dapat menambah nutrisi yang diperlukan oleh kucing.

Jika Anda biasa memberikan makanan kering, coba gantikan dengan makanan basah atau makanan kalengan, bisa juga dicampurkan antara makanan basah dan kering. Namun, jangan terlalu sering memberikan makanan basah karena akan membuat gigi berkarang.

2. Mendekatkan Makanan

Kucing malas mendekati makanan bisa diatasi dengan cara memancing nafsu makannya. Berikan makanan dengan bau yang membangkitkan selera seperti sarden dan hati ayam. Coba juga ganti merek makanan kemasan yang biasa diberikan. Bisa juga menambahkan daging ayam atau daging sapi pada makanan yang biasa dikonsumsi.

Setelah itu, dekatkan makanan pada hidungnya. Dengan demikian kucing akan bangun dan mau mulai makan.

3. Menyuapi Kucing

Jika kucing masih sulit untuk makan, cobalah suapi kucing Anda. Ajak dulu dia bermain-main agar lebih aktif, kemudian coba bujuk untuk makan.
Suapi kucing menggunakan sendok kecil atau syringe dengan makanan basah kalengan.

Jika Anda hanya memiliki makanan kering, hancurkan dulu dengan air hangat. Lakukan dengan perlahan sambil memegang kepalanya. Kemudian, masukkan suntikan makanan cair dari samping mulut agar ia dapat makan.

4. Berikan Obat

Apabila penyebab kucing tidak mau makan adalah sakit mulut, Anda perlu memberikan obat yang sesuai. Namun, sebelumnya konsultasikan dulu kepada dokter hewan atau orang yang sudah berpengalaman dalam melakukannya.

Yang perlu Anda perhatikan, jangan campurkan obat pada makanan. Kucing dapat mengetahui apa saja yang ada di dalam makanannya karena indera penciumannya tajam. Jika memberikan obat sebaiknya terpisah agar kucing tetap mau makan.

5. Memberikan Vitamin

Kucing peliharaan memerlukan vitamin untuk menjaga kondisi tubuhnya. Untuk meningkatkan nafsu makan, Anda dapat memberikan vitamin B kompleks dan lysin yang dapat dibeli di pet shop atau toko online yang menjual pakan hewan.

6. Mengajak Bermain

Kucing yang baru saja diadopsi memerlukan aktivitas agar tidak merasa bosan. Ajak kucing bermain-main. Dengan begitu, ia akan merasa senang dan tidak malas makan.

7. Menyediakan Tempat yang Nyaman

Jauhkan kucing dari lingkungan yang dapat membuatnya stress. Jika Anda memiliki kucing atau hewan lain yang agresif sebaiknya dijauhkan dari kucing ini agar ia tidak tertekan dan nafsu makannya turun. Sediakan kucing tempat yang nyaman agar lebih tenang.

8. Membawanya ke Dokter

Apabila kucing tetap tidak mau makan setelah Anda melakukan beberapa hal di atas, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Biasanya dokter akan bertanya apakah ada penurunan berat badan dan muntah. Ini untuk memastikan penyakit apa yang diderita.

Anda juga perlu memastikan apakah ia benar-benar tidak berselera makan atau ingin makan tetapi kesulitan. Selanjutnya, dokter hewan akan mengecek lebih lanjut melalui cek darah, urine, atau ultrasound.

Untuk melakukan perawatan, biasanya dokter akan memberikan vitamin, obat, atau melakukan tube feeding. Tube feeding yaitu memberikan makanan secara langsung ke dalam lambung kucing menggunakan selang khusus. Cara ini biasanya dilakukan pada hewan yang tidak dapat makan karena sakit.

Kucing tidak mau makan dapat diatasi setelah Anda mengetahui penyebabnya. Oleh sebab itu, ketika kucing mulai malas makan, perhatikan dan amati gejala-gejala yang menyertainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *