10 Cara Membersihkan Telinga Kucing yang Benar

Cara membersihkan telinga kucing

Meskipun kucing merupakan hewan yang suka membersihkan dirinya dengan menjilat bulunya, ada satu bagian tubuh yang sulit dibersihkan kucing sendiri, yaitu telinga. Anda bisa membantu membersihkan telinga kucing dengan aman. Sebagai panduannya, berikut cara membersihkan telinga kucing yang bisa Anda praktikkan.

Panduan Membersihkan Telinga Kucing

Cara membersihkan telinga kucing
Membersihkan Telinga Kucing

Telinga kucing menjadi bagian tubuh kucing yang sering luput untuk dibersihkan. Padahal, telinga kucing yang kotor bisa menjadi sarang penyakit jika tidak dibersihkan dengan rutin.

Telinga kucing bisa berpotensi terkena infeksi hingga kucing mengalami gangguan pendengaran. Telinga yang kotor juga bisa memicu adanya kutu telinga kucing yang akan bersarang di telinga kucing. Kondisi tersebut tentunya akan mengganggu pendengaran kucing karena rasa gatal pada telinga kucing.

Agar kondisi kesehatan telinga kucing dapat terjaga, Anda bisa membantu membersihkan telinga kucing secara teratur. Sebagai panduannya, berikut langkah membersihkan telinga kucing yang bisa Anda lakukan di rumah.

1. Pastikan Kucing dalam Kondisi Tenang

Agar Anda tidak terkena gigitan ataupun cakaran kucing, Anda harus memastikan kucing dalam kondisi yang rileks. Kucing yang dalam kondisi tenang akan mempermudah Anda untuk membersihkan telinganya.

Anda bisa mulai memeriksa telinga kucing terlebih dahulu sebelum Anda membersihkannya. Anda bisa meletakkan handuk pada badan kucing sembari Anda memeriksa telinga kucing. Handuk bisa menjadi perlengkapan membersihkan telinga kucing yang nyaman dan membuat kucing lebih tenang saat telinganya dibersihkan.

2. Siapkan Peralatannya Terlebih Dahulu

Cara membersihkan telinga kucing yang jangan sampai terlewat adalah dengan menyiapkan perlengkapannya terlebih dahulu. Salah satu perlengkapan yang perlu Anda siapkan cairan pembersih telinga khusus kucing.

Cairan pembersih telinga ini bisa Anda dapatkan di berbagai petshop. Biasanya produk cairan pembersih telinga berbentuk tube yang dapat memudahkan Anda saat memberikan kepada kucing. Selain itu, Anda juga membutuhkan kapas dan cotton bud untuk membersihkan kotoran yang menempel pada telinga kucing.

3. Memberikan Cairan Pembersih Telinga

Agar telinga kucing kembali bersih dan terhindar dari parasit yang menempel di telinga, Anda bisa memberikan cairan pembersih telinga kucing sesuai dengan dosis yang disarankan. Tetesi telinga kucing dengan cairan obat satu per satu dan usahakan untuk mencegah kucing tidak menggaruk telinganya.

Selain menggunakan cairan pembersih telinga yang harus dibeli di petshop, Anda juga bisa membuat cairan pembersih telinga kucing sendiri di rumah. Anda bisa menggunakan cuka putih dan alkohol dengan perbandingan 1:1. Cara kedua yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan kapas yang telah diberi hidrogen peroksida dan minyak zaitun.

Jika Anda kesulitan menemukan bahan-bahan tersebut, cara membersihkan telinga kucing adalah dengan menggunakan baby oil. Anda bisa menggunakan baby oil merek apapun yang dijual di pasaran. Selain itu, Anda tidak perlu khawatir karena baby oil aman untuk kucing.

Hindari membersihkan telinga kucing menggunakan air. Hal ini dikarenakan air dapat mengendap di telinga kucing yang akan meningkatkan risiko jamur pada kucing.

4. Pijat Pangkal Telinga Kucing

Agar cairan pembersih telinga dapat bekerja lebih maksimal, Anda bisa memijat pangkal telinga kucing. Dengan memijit pangkal telinga juga akan mencegah obat keluar karena digaruk oleh kucing.

Memijat pangkal telinga kucing juga dapat merontokkan kotoran pada telinga kucing. Kondisi ini akan memudahkan Anda untuk mengeluarkan kotoran pada telinga kucing.

5. Jangan Cegah Kucing Menggelengkan Kepalanya

Kemungkinan besar, kucing akan menggelengkan kepalanya karena merasa risih dengan cairan yang masuk ke telinganya. Anda tidak perlu cemas dengan reaksi yang diberikan kucing. Ketika kucing menggelengkan kepalanya, kotoran pada telinga kucing akan keluar, sehingga Anda lebih mudah untuk membersihkannya.

Anda bisa meninggalkan kucing selama kurang lebih 2 menit untuk beristirahat. Agar kucing tidak menggaruk telinga yang berisiko telinga kucing terluka, Anda bisa menggunakan topi khusus untuk kucing.

6. Gunakan Kapas untuk Membersihkan Telinga Kucing

Untuk membersihkan telinga kucing, Anda bisa menggunakan kapas agar kotoran yang menempel pada dinding telinga kucing dapat terangkat. Untuk mempermudah Anda dalam melakukan cara membersihkan telinga kucing, ada baiknya Anda membasahi kapas terlebih dahulu menggunakan air. Kapas yang basah akan membantu membersihkan kotoran dengan mudah tanpa rasa sakit.

Penggunaan kapas yang sudah dibasahi air akan membantu kotoran menempel lebih cepat. Hanya saja, penggunaan kapas untuk membersihkan telinga kucing hanya bisa digunakan untuk membersihkan telinga bagian luar. Untuk membersihkan telinga bagian dalam, Anda bisa menggunakan media yang lain.

Agar kucing tidak kaget saat telinganya dibersihkan, Anda harus membersihkan dengan hati-hati. Hindari memberikan tekanan yang terlalu kuat dan usap kotoran kucing dengan lembut agar kucing merasa nyaman dan tidak menolak untuk dibersihkan telinganya.

7. Bersihkan Bagian Dalam Telinga Menggunakan Cotton Bud

Karena kapas tidak mampu digunakan untuk membersihkan seluruh bagian telinga, Anda bisa menggunakan cotton bud untuk membersihkan bagian dalam telinga kucing. Hanya saja, untuk membersihkan bagian dalam telinga kucing harus dilakukan dengan hati-hati.

Membersihkan telinga kucing menggunakan cotton bud bisa berpotensi untuk merusak dan melukai gendang telinga kucing. Sebelum Anda mulai membersihkan bagian dalam telinga kucing, harap pastikan kucing nyaman dan tidak marah saat telinganya dibersihkan.

Agar proses pembersihan bagian dalam telinga kucing berjalan lancar, Anda bisa menggunakan cotton bud yang ujungnya tumpul, tebal, dan besar. Selain tidak akan membuat kucing merasa geli, ujung cotton bud yang besar juga dapat membantu proses pembersihan telinga menjadi lebih sempurna.

Cara membersihkan telinga kucing bagian dalam ini dapat dengan mudah menjangkau kotoran telinga ke bagian dalam. Hanya saja ketika kucing sudah mulai gelisah, Anda bisa menenangkan kucing terlebih dahulu sebelum melanjutkan proses pembersihan telinga.

8. Bersihkan Telinga Kucing dengan Metode Hisap

Alternatif cara untuk membersihkan telinga kucing yang lebih efektif adalah dengan metode hisap atau suction method. Cara ini bisa dilakukan jika Anda mengajak kucing ke klinik hewan untuk memperoleh perawatan pembersihan kucing lebih lanjut.

Cara dengan metode hisap memungkinkan untuk membuat kotoran yang sudah keras menjadi lebih lembek, sehingga mudah dikeluarkan dari telinga kucing. Untuk caranya sendiri adalah dengan memasukkan cairan ceruminolitik kemudian baru dilakukan penghisapan.

Cairan ceruminolitik dapat melunakkan kotoran yang keras pada telinga kucing, sehingga mudah untuk dilakukan penghisapan. Meski cukup efektif, cairan ceruminolitik ini harus dikeluarkan dari dalam telinga kucing. Jika masih terdapat cairan dalam telinga kucing, maka akan menimbulkan masalah kesehatan telinga kucing.

Menggunakan metode hisap untuk membersihkan telinga kucing sebaiknya dilakukan oleh tenaga profesional. Hindari mencoba menggunakan metode ini untuk membersihkan telinga kucing agar tidak menimbulkan masalah baru pada kesehatan kucing.

9. Lakukan dengan Kasih Sayang

Agar kucing merasa nyaman dengan cara membersihkan telinga kucing yang Anda lakukan, Anda harus melakukannya dengan penuh kasih sayang. Hindari pula membersihkan kotoran telinga kucing saat kucing lapar dan marah. Hal ini perlu Anda perhatikan untuk mencegah Anda terkena gigitan ataupun cakaran kucing.

Jika Anda merasa kesulitan untuk membersihkan telinga kucing, Anda bisa membawa kucing ke klinik hewan untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Selain aman untuk kucing, pembersihan telinga oleh tenaga profesional juga akan membersihkan kotoran kucing secara tuntas dari telinga kucing.

Tetapi jika Anda lebih memilih untuk membersihkan telinga kucing sendiri, ada baiknya Anda memberikan apresiasi setelah proses pembersihan telinga sudah selesai. Anda bisa memberikan pujian ataupun sentuhan sayang kepada kucing sebagai tanda si kucing telah berhasil melalui proses pembersihan telinga.

10. Kenali Tanda Telinga Kucing Harus Dibersihkan Ulang

Agar kebersihan telinga kucing tetap terjaga, ada baiknya Anda membersihkan telinga kucing secara rutin. Anda bisa membersihkan telinga kucing setidaknya 2 hingga 4 minggu sekali.

Membersihkan telinga kucing secara rutin tidak hanya akan membuat telinga kucing menjadi lebih bersih, tetapi kucing juga akan terbebas dari parasit. Anda bisa memperhatikan tingkah laku kucing. Jika kucing lebih sering menggaruk-garuk telinga, ada kemungkinan ada parasit pada telinga kucing.

Cara membersihkan telinga kucing di atas bisa Anda coba agar kesehatan telinga kucing dapat terjaga. Sebelum Anda membersihkan telinga kucing harap perhatikan pula mood kucing agar proses pembersihan telinga kucing berjalan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *