9 Cara Membantu Kucing Melahirkan Secara Benar

Cara membantu kucing melahirkan

Memiliki kucing betina hamil pastinya membuat Anda gembira. Tetapi ternyata tidak semua jenis kucing mampu untuk melahirkan anak sendiri. Jika kucing Anda memerlukan bantuan saat melahirkan, Anda bisa membantu proses kelahiran kucing agar bayi kucing selamat. Untuk panduannya, berikut cara membantu kucing melahirkan.

Cara membantu kucing melahirkan
Membantu Kucing Melahirkan

Pada dasarnya, kucing akan mengandung anaknya selama kurang lebih 60 hingga 67 hari. Anda perlu mengetahui waktu perkiraan lahir kucing agar mudah memantau kelahiran kucing dan membantu proses kelahirannya.
Memang tidak semua jenis kucing bisa melahirkan dengan sendiri. Biasanya kucing ras membutuhkan perlakuan ekstra, terutama bantuan untuk melahirkan.

Panduan Membantu Kucing Melahirkan

Sebelum Anda bersiap membantu persalinan kucing, ada baiknya Anda mengetahui ciri-ciri kucing yang akan melahirkan. Biasanya kucing yang akan melahirkan akan menurun nafsu makannya hingga tidak mau makan sama sekali. Selain itu, nafas kucing juga terlihat tersengal-sengal.

Jika kucing Anda mengalami ciri-ciri tersebut, Anda harus mempersiapkan diri untuk membantu proses kelahiran kucing. Beberapa cara di bawah ini akan membantu, terutama jika ini adalah persalinan pertamanya:

1. Siapkan Kandang untuk Melahirkan

Menyiapkan kandang merupakan hal pertama yang harus Anda persiapkan jauh-jauh hari. Terlebih karena masa mengandung kucing yang hanya sekitar 3 bulan saja, pastinya Anda tidak boleh terlalu mepet mempersiapkan kandang khusus untuk kucing yang akan melahirkan.

Cara membantu kucing melahirkan ini memang terlihat sepele, tetapi hal ini sangat penting agar kucing tidak kerepotan untuk mencari tempat yang nyaman untuk melahirkan. Biasanya kucing cenderung akan mencari tempat yang lebih gelap dan hangat.

Anda bisa menyiapkan kandang kucing lengkap dengan kasur yang banyak dilapisi kain lembut untuk kenyamanan kucing. Pergunakan baju bekas sebagai alas melahirkan kucing, sehingga kucing merasa nyaman.

Untuk tempat melahirkan kucing sendiri pilihlah sudut rumah yang lebih gelap dan jarang dilewati orang. Selain itu, persiapkan pula minuman dan makanan kucing di dekat tempat kucing akan melahirkan.

2. Siapkan Makanan Bernutrisi Tinggi

Selain tempat untuk melahirkan, Anda juga perlu memberikan makanan yang bernutrisi untuk kucing yang sedang hamil. Selain dapat membantu perkembangan janin kucing, makanan bernutrisi juga dapat membantu memelihara induk kucing. Cara perawatan ini harus Anda lakukan saat Anda mengetahui kehamilan kucing.

Menjelang persalinan, ada baiknya Anda mengganti makanan kucing dengan makanan khusus anakan kucing. Hal ini dikarenakan makanan anakan kucing lebih banyak mengandung kalori yang penting untuk proses kelahiran kucing.

Mengganti makanan induk kucing juga sangat berpengaruh pada proses pencernaan kucing. Terlebih karena rahim kucing akan menekan perut yang akan berimbas pada berbagai masalah pencernaan. Cara membantu kucing melahirkan akan membuat kucing merasa nyaman dan selamat saat masa persalinan.

3. Siapkan Peralatan untuk Menolong Kelahiran Kucing

Agar Anda mudah membantu proses melahirkan kucing, Anda bisa menyiapkan berbagai perlengkapan untuk membantu kelahiran anak kucing. Memang tidak semua kucing yang melahirkan akan membutuhkan bantuan Anda. Tetapi tidak ada salahnya jika Anda menyiapkan berbagai perlengkapan kelahiran kucing untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Anda bisa menyediakan kapas dan tisu kering untuk mengelap darah yang masih menempel di induk dan anak kucing. Selain itu, siapkan alkohol dan rivanol untuk mencegah infeksi pada bayi kucing.

Anda juga bisa menyiapkan gunting maupun air hangat ketika ada ciri-ciri kucing akan melahirkan. Agar tubuh Anda tetap higienis setelah membantu kelahiran kucing, Anda juga harus menyediakan sabun antiseptik ataupun hand sanitizer.

4. Amati Perkembangan Kucing Saat Melahirkan

Cara merawat kucing melahirkan yang perlu Anda lakukan adalah mengamati setiap pergerakan kucing saat melahirkan. Cara ini pula yang membuat Anda juga harus menjaga jarak dengan kucing yang akan melahirkan. Terlebih proses melahirkan kucing lebih sering antara malam hingga subuh.

Jika ruangan tempat kucing melahirkan dilengkapi dengan CCTV, Anda bisa memantau proses kelahiran kucing dari jarak jauh. Jika tidak ada CCTV, Anda juga bisa memantau kelahiran kucing dari jarak jauh dengan meletakkan kamera perekam yang sudah terkoneksi dengan perangkat elektronik.

Anda pun bisa mengamati langsung perkembangan kucing melahirkan dengan langsung. Hindari untuk melihat dengan jarak yang terlalu dekat karena kucing akan merasa terancam yang dapat mengakibatkan kucing menjadi stres.

Anda bisa mengamati proses kelahiran anak kucing. Biasanya kucing akan mengeluarkan gelembung air melalui jalan lahirnya. Setelah gelembungnya keluar, maka anak kucing akan keluar satu per satu.

Anda harus bersabar dalam menanti kelahiran bayi kucing. Untuk jarak kelahiran bayi kucing membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Setidaknya induk kucing membutuhkan waktu 30 menit hingga 1 jam bahkan lebih untuk melahirkan anak selanjutnya.

Jika saat kucing melahirkan, kucing terlihat kesulitan untuk mengeluarkan bayinya, Anda bisa menolong proses persalinan kucing. Anda bisa menarik bayi kucing jika induk kucing tidak berhasil mengeluarkan bayinya. Jika masih terasa sulit, Anda bisa meminta bantuan dokter hewan dalam persalinan kucing.

5. Pastikan Bayi Kucing Selamat

Setelah bayi kucing lahir, Anda perlu memastikan bayi yang dilahirkan dalam kondisi. Anda bisa melihat pergerakan bayi kucing ketika tubuhnya dijilati oleh induknya. Induk kucing akan menjilati tubuh anaknya untuk menghilangkan lendir dan darah setelah dilahirkan.

Anda tetap perlu memantau perkembangan setelah kucing melahirkan. Cara membantu kucing melahirkan ini harus Anda perhatikan karena dikhawatirkan anak kucing akan dimakan oleh induknya maupun dimakan oleh kucing lain. Jika Anda menemukan bayi kucing lahir dalam kondisi meninggal, Anda bisa memisahkan bayi yang sudah meninggal dari induknya.

6. Pastikan Plasenta Kucing Keluar

Setelah bayi kucing semuanya keluar, Anda belum bisa sepenuhnya menghela nafas kelegaan. Plasenta bayi harus dikeluarkan sepenuhnya dan tidak boleh ada yang sampai tertinggal di dalam rahim. Plasenta yang tertinggal di dalam rahim induk sangat berbahaya karena dapat membahayakan nyawa induk kucing.

Anda bisa menunggu hingga plasenta kucing hilang dengan sendirinya. Hindari menarik paksa plasenta karena apat membahayakan keselamatan induk kucing.

Induk kucing akan memakan plasenta yang keluar. Anda tidak perlu khawatir karena plasenta mengandung nutrisi yang diperlukan induk kucing setelah melahirkan. Hanya saja, Anda tetap harus mengawasi agar induk kucing tidak memakan plasenta secara berlebihan karena dapat membahayakan tubuhnya.

7. Jangan Memotong Tali Pusar Bayi Kucing

Masing-masing anak kucing akan membawa plasentanya sendiri-sendiri. Anda tidak perlu memotong tali pusat bayi kucing. Memotong tali pusar bayi dapat menyebabkan bayi terinfeksi, terlebih jika Anda menggunakan peralatan yang tidak steril.

Cara membantu kucing melahirkan memang berbeda dengan membantu manusia melahirkan yang memerlukan pemotongan plasenta. Plasenta pada kucing akan putus dengan sendirinya saat waktunya tiba.

Memotong tali pusar kucing juga dapat menyusahkan induk kucing yang berusaha mengeluarkan tali pusar dari rahimnya. Tali pusar yang masih berada di dalam rahim tentu saja akan berbahaya untuk induk kucing. Anda bisa menunggu induk kucing menggigit tali pusar untuk dimakannya.

8. Pastikan Induk Kucing Mau Menyusui Anaknya

Secara naluri, induk kucing akan langsung menyusui bayinya setelah dilahirkan. Anda perlu memastikan bahwa induk kucing mau menyusui anaknya setelah dilahirkan.

Jika induk kucing masih enggan untuk menyusui anaknya, Anda bisa mendekatkan anak kucing ke puting induknya. Susu yang pertama kali keluar dari induk kucing lebih banyak mengandung kolostrum. Kolostrum baik bagi perkembangan anak kucing karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh kucing.

9. Perhatikan Kesehatan Induk Kucing dan Anaknya

Anda tetap harus mengawasi induk kucing dan anaknya setelah melahirkan, terutama untuk anak kucing. Kucing yang baru saja dilahirkan masih sangat rentan untuk mengalami kematian. Anda bisa mengecek kondisi anak kucing dan kemudian biarkan induk kucing merawat anaknya.

Untuk induk kucing juga harus Anda perhatikan kesehatannya. Untuk menunjang pemulihan induk kucing setelah melahirkan, Anda bisa meletakkan air dan makanan di dekat kucing. Meletakkan air dan makanan akan memudahkan induk kucing karena biasanya induk kucing tidak akan meninggalkan anaknya di hari pertama setelah melahirkan.

Cara membantu kucing melahirkan di atas dapat membantu kelahiran kucing dengan sehat dan selamat. Jika Anda merasa khawatir atau kesulitan untuk menolong persalinan kucing, Anda bisa meminta tolong orang yang sudah berpengalaman ataupun dokter hewan saat proses persalinan kucing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *