5 Cara Memanggil Kucing Agar Datang dan Nurut

Cara Memanggil Kucing

Apakah Anda memelihara hewan kucing di rumah? Memanggil hewan ini terkadang mengalami kesulitan, bukan? berbeda dengan anjing, binatang berkumis satu ini memiliki sifat cenderung malas. Oleh karena itu, kucing sering memberi respon yang lambat, tidak jarang malas menoleh, dan tampak sibuk sendiri. Ada beberapa trik cara memanggil kucing agar kucing bisa dengan mudah dipanggil atau dapat mengenali suara pemiliknya.

Cara Memanggil Kucing Supaya Nurut

Cara Memanggil Kucing
Kucing Sedang Dipanggil

Banyak yang menganggap jika kucing sulit untuk dilatih, tapi Anda tidak harus memercayai hal tersebut 100% persen karena sebenarnya kucing bisa dilatih seperti hewan lainnya. Salah satu latihan yang bisa dilakukan oleh kucing adalah mengajarinya untuk datang saat namanya dipanggil.

Tidak begitu sulit membuat kucing kesayangan Anda datang ketika dipanggil atau memberikan respon yang baik. Dengan ketelatenan, hal ini Anda wujudkan dan tentunya dengan melakukan berbagai trik khusus. Berikut ini beberapa cara memanggil kucing yang bisa Anda coba, antara lain:

1. Memilih Nama Panggilan Kucing yang Tepat

Tidak hanya kucing, binatang peliharaan lain biasanya juga diberikan nama khusus. Gunakan nama panggilan untuk kucing Anda yang singkat dan mudah pelafalannya. Setelah memberinya sebuah nama, hal yang harus Anda lakukan tentu melatih memanggilnya dengan nama tersebut supaya ia terbiasa dan mengerti jika itulah namanya.

Proses latihan juga tidak bisa instan karena Anda harus terus bersabar dan tidak bosan melatih memanggil namanya. Lambat laun, kucing akan semakin mengerti jika Anda memanggil nama tersebut berarti ialah yang sedang dipanggil.

Nama yang Anda gunakan untuk kucing bisa diakhiri dengan huruf vokal ‘i’ karena dapat membuatnya lebih memerhatikan yang memanggil. Hal ini dikarenakan nama kucing yang berakhiran ‘i’ dapat dilafalkan denga suara tinggi di bagian akhirnya.

Apakah harus mengganti nama kucing dengan akhiran huruf vokal ‘i’? tentu saja tidak karena sebenarnya kucing akan memerhatikan yang memanggil ketika menggunakan nada tinggi dan tidak harus belakangnya berakhiran ‘i’. Hanya saja jika Anda perhatikan, memanggil nama dengan akhiran ‘i’ dapat menghasilan nada tinggi sehingga akan membuat Anda lebih mudah saat memanggilnya.

2. Menggunakan Bahasa Bayi Saat Mengajaknya Berbicara

Cara Anda berbicara dengan bayi tentu tidak sama dengan orang dewasa, bukan? Berbicara dengan bahasa bayi maksudnya adalah Anda menggunakan nada bicara pada kucing seperti mengajak bayi bercanda yaitu dengan suara agak keras.

Jika Anda perhatikan, nada yang digunakan saat mengajak bercanda bayi adalah nada yang lumayan tinggi. Nah, nada seperti inilah yang bisa Anda terapkan untuk mengajak kucing berbicara.

Menggunakan nada yang cukup tinggi untuk memanggil kucing adalah salah satu trik agar kucing memerhatikan Anda. Sebutlah namanya dengan nada tinggi agar pandangannya tertuju kepada Anda.

Perlu Anda ketahui bahwa ada rahasia dibalik telinga kucing dimana ia dapat mendengar nada tinggi lebih baik daripada mendengar nada rendah. Menurut salah satu dokter hewan asal Kanada, Uri Burstyn mengatakan jika rahasia pemilihan nama pada kucing terletak di bagian telinganya.

Kucing menggunakan kemampuan mendengar suara nada tingginya di alam liar untuk memangsa hewan yang mengeluarkan suara keras, seperti burung atau kucing. Selain itu, sebuah penelitian tentang kucing menunjukkan jika ia akan memberikan respon ketika memanggil namanya diakhiri dengan nada tinggi.

Cara memanggil kucing dengan nada tinggi dapat membuat ia tertarik dan memerhatikan orang yang memanggilnya. Selain itu, pastikan untuk memanggil kucing Anda dengan nama dan nada yang sama jika bukan hanya Anda saja yang memanggilnya di rumah.

Namun, jika kondisi telinga kucing Anda tidak dapat mendengar atau tuli maka trik yang digunakan untuk memanggilnya harus diganti dengan isyarat visual. Sala satu isyarat cara memanggil kucing yang sulit mendengar atau tuli adalah dengan menggunakan laser dengan cara menghidupkan lampu dan mematikannya. Anda tidak perlu khawatir karena laser ini bisa ditemukan di Pet Shop.

Kucing yang memiliki kondisi telinga sulit mendengar atau tuli juga dapat merespons getaran pada lantai, seperti suara pijakan kaki yang keras. Jadi, salah satu cara memanggil kucing dengan kondisi kesulitan masalah pendengaran adalah dengan menginjakkan kaki yang keras.

3. Memerlukan Latihan

Cara memanggil kucing agar merespon tentunya memerlukan latihan agar ia terbiasa. Anda membutuhkan waktu dan proses yang tidak instan supaya kucing dapat menjawab saat ia dipanggil. Ada banyak manfaat yang akan diperoleh saat kucing peliharaan Anda mau dipanggil.

Anda harus menentukan saat yang tepat untuk memanggil kucing setelah memberikan nama panggilan yang sesuai untuknya. Waktu memanggil kucing yang umum dilakukan adalah saat makan karena kondisi perutnya dalam keadaan lapar sehingga kemungkinan besar ia merespons sangat tinggi.

Sebelum memberinya makan, panggillah dengan nama yang sudah Anda berikan. Panggil namanya sebelum membuka kaleng, sehingga Anda tahu bahwa ia merespons bukan karena suara kaleng makanan yang terbuka namun karena namanya yang dipanggil.

Baca juga : 9 Rekomendasi Jenis Kucing Terpopuler di Indonesia

Selain saat makan, coba panggil kucing pada waktu bermain, seperti memanggil namanya sebelum membunyikan mainannya. Mungkin membutuhkan waktu beberapa saat supaya kucing datang menghampiri Anda saat dipanggil. Jangan lupa untuk menyediakan cemilan yang disukainya sebelum melakukan latihan memanggil namanya.

Selain melakukan latihan, Anda juga harus sering mengelus-elus tubuhnya dan memberikan pujian supaya ia mendapatkan stimulus positif. Sebaiknya Anda memberikan snack atau cemilan favorit kucing Anda sebagai hadiah karena mau dipanggil atau melakukan latihan lain.

Latihan memanggil kucing harus Anda lakukan dengan konsisten supaya kucing menjadi terbiasa dan mengerti ketika Anda sedang memanggilnya atau memintanya melakukan sesuatu. Jika hewan peliharaan Anda sudah mengerti dan terbiasa, respon yang diberikan akan semakin baik.

4. Memberi Hadiah

Cara memanggil kucing satu ini adalah dengan memberikannya hadiah ketika ia mau datang saat dipanggil. Hadiah yang diberikan merupakan bentuk penghargan atas usahanya. Dorongan yang positif baik perkataan, perbuatan, pujian saat memanggil kucing merupakan salah satu tips cara memanggil kucing dapat berhasil.

Hadiah kepada kucing dapat berbentuk makanan atau cemilan kesukaannya. Tips pemberian cemilan kepada kucing adalah memberikan jenis cemilan berbeda-beda supaya kucing Anda tidak memiliki harapan akan diberi cemilan yang sama.

Apapun makanan yang Anda pilih, berikan pada saat Anda memanggil kucing untuk mengetahui hubungan respon antara panggilan dengan pemberian cemilan kesukaannya.

5. Menggunakan Aplikasi Android

Cara memanggil kucing lainnya adalah dengan memanfaatkan fitur aplikasi android dimana banyak tersedia berbagai jenis suara untuk memanggil kucing. Ada suara peluit, suara makanan kucing, suara tikus, suara benda berjalan, dan lain sebagainya.

Pilihlah jenis suara yang menarik perhatian kucing Anda sehingga ia langsung akan menoleh atau datang menghampiri saat mendengarnya.
Manfaat lain dari cara memanggil kucing menggunakan aplikasi adalah Anda dapat menemukannya dengan mudah ketika sedang bersembunyi. Aplikasi ini dapat membantu para pemilik kucing yang kucingnya sering bersembunyi.

Anda bisa mencari dan mengunduh aplikasinya di Play Store karena ada banyak pilihan aplikasi pemanggil kucing sejenis. PIlih yang menurut Anda memiliki fitur yang pas untuk digunakan dalam memanggil hewan kesayangan.

Manfaat Kucing Mau Dipanggil

Ada beberapa manfaat ketika kucing mau datang setiap kali Anda panggil seperti saat ingin menyuruhnya makan, mengajak bermain, dan lainnya. Setiap kucing kesayangan Anda tidak terlihat di sekitar, Anda hanya perlu memanggil namanya maka ia akan datang tanpa perlu repot berkeliling mencarinya. Hal ini terjadi tentu jika kucing telah menegrti nama panggilan untuknya.

Manfaat lain dari memanggil kucing adalah saat jadwal ia harus ke dokter hewan. Sebagian kucing mungkin merasa tidak senang jika pergi ke dokter hewan, sehingga Anda harus menunggu dan menghampirinya saat akan dibawa.

Jika kucing sudah pintar dan mengerti nama panggilannya, ia akan langsung datang karena ia mengerti jika Anda sedang mencarinya.
Kucing memiliki kecerdasan alamiah dimana ketika melatihnya untuk dipanggil merupakan salah satu latihan mental yang bermanfaat untuknya.

Baca juga : 20 Fakta dan Mitos Kucing Kembang Telon

5 cara memanggil kucing di atas telah dipraktekkan banyak orang dan berhasil membuat kucing memerhatikan pemanggilnya. Namun, hasilnya yang diperoleh tentu membutuhkan proses dan latihan yang memakan waktu. Jika beruntung, Anda mungkin hanya memerlukan waktu seminggu membuat kucing datang saat dipanggil. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *