13 Cara Melebatkan Bulu Kucing dari Para Ahli

Bulu kucing menjadi bagian tubuh yang perlu dirawat agar keindahannya dapat terjaga. Nah, agar bulu kucing semakin indah, Anda bisa mencoba melakukan perawatan untuk melebatkan bulu kucing. Berikut ini cara melebatkan bulu kucing yang bisa dicoba.

Perawatan Bulu Kucing Agar Lebat

Cara melebatkan bulu kucing
Kucing Bulunya Lebat

Memiliki kucing berbulu lebat pastinya akan membuat Anda senang, terlebih jika kucing dalam kondisi yang sehat. Selain menggemaskan, kucing yang berbulu lebat juga bisa berpotensi untuk memenangkan kontes kucing.

Agar bulu kucing tetap lebat, ada baiknya Anda menjaga kesehatan bulu kucing agar tidak mudah rontok. Kerontokan pada bulu kucing perlu diatasi terlebih dahulu sebelum Anda mencoba untuk melebatkan bulunya.
Melebatkan bulu kucing diperlukan ketelatenan agar bulu tidak rontok dan terlihat berkilau. Sebagai panduannya, berikut cara yang bisa Anda lakukan untuk melebatkan bulu kucing.

1. Jangan Membuat Kucing Stres

Stres akan membuat kesehatan tubuhnya menurun. Selain itu, stres pada kucing juga dapat memicu kerontokan bulu kucing. Anda perlu mengetahui penyebab kucing stres sebelum membawanya ke dokter. Kenali tanda-tandanya untuk mempermudah Anda mengatasi kucing yang stres.

Jika tenyata kucing masih stres dan bulunya mengalami kerontokan yang hebat, Anda bisa membawa kucing ke dokter hewan untuk diperiksa lebih lanjut. Untuk mengatasi stres pada kucing biasanya dokter akan meresepkan obat anti ansietas. Anda perlu memberikan obat sesuai dosis untuk meredakan gejala stres pada kucing.

Cara melebatkan bulu kucing ini perlu Anda ketahui sejak dini. Jika stres pada kucing sudah teratasi, Anda bisa melakukan cara yang lain agar pertumbuhan bulu kucing semakin lebat.

2. Sisir dan Sikat Bulu Kucing

Agar bulu kucing tetap terawat, Anda perlu menyisir bulu kucing secara rutin. Menyisir bulu kucing bertujuan untuk menghilangkan bulu yang mati, sehingga proses regenerasi bulu kucing berjalan lancar. Uniknya, menyisir bulu kucing menjadi cara menghilangkan stres pada kucing karena kucing seperti dipijat yang membuat otot-ototnya semakin rileks.

Bulu kucing yang selalu disisir juga dapat menghilangkan parasit, seperti kutu, tungau, dan jamur. Selain itu, menyisir bulu kucing juga dapat menghilangkan gumpalan pada bulu yang membuat bulu kucing menjadi kusut.

Untuk kucing yang berbulu panjang, ada baiknya Anda menyisir bulunya secara rutin setiap hari. Sedangkan untuk kucing berbulu pendek, Anda bisa menyisir bulu-bulunya setidaknya dua hari sekali.

3. Mandikan Kucing Secara Rutin

Agar bulu kucing semakin indah dan bertambah lebat, Anda perlu memandikan kucing secara rutin. Selain dapat menghilangkan kotoran pada bulu kucing, memandikan kucing juga dapat membuat bulu-bulunya bersih dari parasit yang membuat bulu menjadi rontok.

Yang perlu diperhatikan dalam memandikan kucing adalah sampo yang Anda gunakan. Beragam jenis sampo kucing beredar di pasaran yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Ada baiknya untuk melakukan cara melebatkan bulu kucing, Anda menggunakan sampo yang sudah dilengkapi dengan conditioner.

Selain menggunakan sampo yang tepat, Anda juga harus mengeringkan bulu kucing hingga benar-benar kering. Anda bisa menggunakan hair dryer sambil menyisir bulu kucing agar tidak kusut setelah dimandikan.

4. Menjemur Kucing Saat Pagi Hari

Sinar matahari pagi merupakan sumber vitamin D yang baik untuk kesehatan tulang kucing. Anda bisa membantu kucing untuk berjemur di pagi hari, sekitar pukul 8 hingga 9 pagi. Agar kucing tidak kepanasan, Anda cukup menjemur kucing selama 15 menit setiap harinya.

Menjemur kucing secara rutin setiap hari juga dapat meminimalisir risiko stres pada kucing. Nah, jangan ragu untuk menjemur kucing secara rutin setiap hari ya?

5. Berikan Nutrisi yang Baik untuk Kesehatan Bulu Kucing

Agar bulu kucing tetap terjaga kesehatannya, Anda perlu memberikan makanan bergizi seimbang untuk kucing. Untuk jenis makanan kemasan, beberapa produk sudah menambahkan nutrisi untuk kesehatan bulu kucing. Anda bisa memilih makanan dengan kandungan manfaat untuk kesehatan bulu kucing.

Protein menjadi nutrisi yang penting untuk memelihara kesehatan bulu kucing. Jika Anda memberikan jenis makanan rumahan, ada baiknya Anda memberikan makanan tinggi protein agar kesehatan bulu kucing tetap terjaga.

6. Berikan Minyak Ikan

Cara melebatkan bulu kucing lainnya yang bisa Anda lakukan untuk merawat kucing adalah dengan memberikan minyak ikan sebagai suplemen tambahan. Minyak ikan dapat membantu menjaga kesehatan bulu kucing sehingga bulu kucing tetap sehat dan terlihat berkilau.

Kandungan omega 3 pada minyak ikan dapat membantu memelihara kesehatan bulu kucing. Omega 3 dapat membuat bulu kucing semakin berkilau dan menjadi lebih lebat.

Anda bisa mendapatkan minyak ikan di petshop dan nenberikannya secara rutin pada kucing Anda. Ada baiknya Anda memberikan minyak ikan setiap hari agar manfaat dari minyak ikan dapat membantu kesehatan bulu kucing.

7. Berikan Kuning Telur

Selain minyak ikan, Anda juga bisa memberikan kuning telur pada kucing. Kuning telur kaya akan omega 3 yang sangat baik untuk menjaga kesehatan bulu kucing. Anda bisa merebus telur dan hanya memberikan kuning telur pada kucing.

Hindari memberikan putih telur pada kucing. Putih telur mengandung senyawa avidin yang dapat mengurangi kandungan vitamin B biotin pada tubuh kucing.Vitamin B sangat baik untuk pertumbuhan kucing yang secara tidak langsung juga berdampak pada kesehatan bulu kucing.

8. Berikan Vitamin untuk Kesehatan Bulu Kucing

Untuk melebatkan bulu kucing, salah satu caranya adalah dengan memberikan vitamin untuk bulu kucing. Cara melebatkan bulu kucing ini cukup mudah karena Anda hanya perlu menyediakan vitamin untuk bulu kucing.

Anda bisa membeli vitamin bulu untuk kucing yang banyak tersedia di petshop. Untuk memberikan vitamin bulu untuk kucing, Anda bisa memasukkannya ke air minum kucing atau mencampurkannya ke dalam makanan kucing.

9. Berikan Makanan yang Kaya Lemak

Agar bulu kucing tetap terjaga keindahannya, Anda perlu memberikan asupan tambahan ke dalam makanan kucing. Anda bisa memberikan minyak zaitun yang dicampurkan ke makanan kucing.

Minyak zaitun kaya akan kandungan lemak yang sangat baik untuk kesehatan bulu kucing. Anda bisa memasukkan satu sendok makan minyak zaitun ke dalam makanan kucing agar kesehatan bulu kucing tetap terjaga.

10. Ganti Makanan Kucing

Agar kucing mendapatkan nutrisi yang seimbang, Anda bisa mencoba mengganti makanan kucing. Sebelum mengganti makanan kucing, cara melebatkan bulu kucing ini perlu Anda ketahui kandungan pada makanan kucing. Anda bisa mengganti makanan kucing yang diperuntukkan menjaga kesehatan bulu kucing.

Selain itu, ada baiknya Anda mencoba memberikan makanan secara bertahap. Lihat reaksi kucing apakah kucing dapat menerima makanan barunya. Jika kucing cocok dan tidak memiliki reaksi negatif, Anda bisa memberikan makanan baru sebagai pengganti makanan sebelumnya.

11. Pastikan Kucing Tidak Memiliki Alergi

Salah satu hal yang menyebabkan kucing mengalami kerontokan adalah kucing mengidap alergi. Agar bulu kucing tumbuh lebat, Anda bisa memeriksakan kucing ke dokter hewan. Dokter akan memeriksa penyebab alergi pada kucing.

Untuk menyembuhkan alergi pada kucing, biasanya dokter akan meresepkan obat anti alergen. Anda bisa memberikan obat tersebut kepada kucing sesuai dosis yang disarankan oleh dokter.

12. Jaga Kebersihan Lingkungan

Agar kucing tetap terjaga kesehatannya, Anda perlu menjaga kebersihan lingkungan. Lingkungan yang bersih akan membantu menghindarkan kucing dari risiko terkena serangan parasit yang bisa mengganggu kesehatan kulit dan bulu kucing.

Anda bisa membersihkan kandang kucing secara rutin setidaknya satu minggu sekali. Kandang yang bersih akan membantu memelihara kesehatan kucing, sehingga bulu kucing tetap terawat dan tumbuh semakin lebat.

13. Pastikan Kesehatan Kucing Terjaga

Bulu kucing yang lebat menandakan kesehatan kucing dalam kondisi yang baik. Anda bisa mengecek kesehatan kucing secara keseluruhan. Ciri kucing yang sehat adalah yang memiliki bulu yang terawat dan berkilau.

Anda bisa membawa kucing ke dokter hewan untuk memastikan kesehatan kucing secara menyeluruh. Dokter akan memeriksa kondisi kesehatan kucing dan konsultasikan pada dokter jika terdapat masalah yang mengganggu kesehatan kucing.

Dengan menerapkan cara-cara melebatkan bulu kucing di atas, maka dapat membantu kucing memiliki bulu yang indah dan terawat. Anda bisa mencoba cara di atas yang akan membuat kesehatan bulu kucing tetap terjaga. Karena memang siapapun akan lebih bangga kalau hewan peliharaannya tumbuh sehat dan sangat mempesona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *