13 Cara Melatih Kucing Agar Pintar

Cara melatih kucing agar pintar

Kucing memang memiliki daya tarik yang tinggi sehingga banyak orang yang berminat ingin memeliharanya. Meskipun menggemaskan, hewan satu ini juga terkenal pemalas sehingga cukup susah untuk membuatnya patuh. Cara melatih kucing agar pintar akan dibahas pada kesempatan kali ini.

Cara melatih kucing agar pintar
Kucing Pintar

Namun, tidak ada sesuatu yang mustahil termasuk melatih kucing kesayangan agar pintar dan patuh pada pemiliknya. Bagaimana cara melatih kucing supaya pintar dan patuh dengan pemiliknya? Yuk, simak informasi lengkap beberapa cara melatih kucing agar pintar di bawah ini.

1. Lihat Dahulu Kondisinya Sebelum Melakukan Latihan

Cara melatih kucing agar pintar yang pertama adalah memperhatikan kondisi kucing Anda dengan seksama. Kondisi kucing dapat memengaruhi pelaksanaan latihan karena sama halnya dengan manusia kucing juga bisa merasakan badmood atau stres. Oleh karena itu, Anda harus melihat kondisinya terlebih dahulu sebelum sesi latihan dimulai.

Jika kucing Anda menunjukkan suasana hati yang sedang tidak baik seperti marah, sensitif karena musim kawin, stres, atau lainnya maka sebaiknya ditunda dahulu untuk melakukan latihan. Saat kondisi kucing Anda sedang tidak baik, maka latihan pun akan menjadi sia-sia karena ia akan sulit untuk diarahkan sesuai intruksi yang diberikan.

Pastikan kondisi kucing Anda baik-baik saja sebelum melakukan latihan agar ia tertarik dan mau mengikuti intruksi yang Anda berikan.
Anda harus membuat suasana hatinya nyaman dan bahagia sebelum melakukan latihan. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan agar ia merasa nyaman adalah mengekus-elus badan kucing atau menggelitik bagian kepalanya. Cara tersebut dapat membuat kucing Anda menjadi tenang dan siap menerima stimulus yang diberikan padanya.

2. Memilih Waktu Berlatih yang Tepat

Cara melatih kucing agar pintar berikutnya adalah memilih waktu yang tepat untuk melakukan latihan. Waktu yang tepat tersebut adalah saat kondisinya sedang tenang dan rileks. Jangan melakukan latihan pada saat kucing baru saja bangun tidur, karena kondisinya belum stabil dan bisa jadi kepalanya masih agak pening.

Jika kucing terlihat demikian, maka tunggulah sekitar 5 menit supaya kondisi tubuhnya prima. Selain itu, Anda juga harus mengerti bahwa tidak bisa mengajak kucing latihan kapan saja seperti saat ia tiba-tiba datang menghampiri dan duduk di sebelah Anda. Lihat kondisinya dahulu karena tidak semua waktu tepat untuk melakukan latihan.

3. Melatih Kucing Sejak Kecil

Semakin kecil usia kucing, maka latihan yang Anda berikan juga akan lebih efektif. Selain itu, kucing akan lebih mengerti jika dilatih saat usianya masih kecil daripada dilatih saat usianya sudah dewasa. Kucing yang usianya sudah dewasa cenderung susah mengerti apa yang diajarkan kepadanya.

4. Memberikan Kasih Sayang dan Perhatian

Cara melatih kucing agar pintar selanjutnya adalah memberikan perhatian dan kasih sayang yang tulus. Dengan kasih sayang tersebut, kucing akan lebih menyerap intruksi latihan yang diberikan, patuh dan dengan senang hati mengikuti apa yang Anda suruh.

5. Pelatihan yang Sistematis

Buatlah rencana yang sistematis untuk program latihan yang akan diberikan pada kucing Anda. Ini merupakan salah satu cara melatih kucing agar pintar karena Anda telah menyusun program latihan yang berisi trik-trik khusus agar tujuan yang diinginkan tercapai. Selain membuat program, Anda juga harus memberikan hadiah sebagai penghargaan untuk kucing selesai latihan agar ia senang dan merasa semangat melakukan sesi latihan berikutnya.

6. Menggunakan Makanan yang Disukai Sebagai Reward

Seperti yang telah disinggung di atas bahwa memberikan reward pada kucing adalah salah satu cara agar ia bersemangat menjalani latihan.
Kucing merupakan hewan yang kadang pemilih dan sangat instingtif dimana ia akan melakukan hal-hal yang disukai dan menghindari hal yang tidak membuatnya nyaman. Contohnya seperti memberikannya hadiah makanan saat ia mau datang ketika namanya dipanggil, atau berhasil melakukan latihan apapun.

Jika hal tersebut terjadi secara berulang dan konsisten, kucing akan mendapatkan stimulus dan melakukan sesuai dengan intruksi. Jadi, sebelum latihan, pastikan makanan atau snack kesukaannya sudah Anda siapkan. Cara melatih kucing agar pintar satu ini terbukti efektif dan sudah banyak yang menerapkannya.

7. Menggunakan Isyarat yang Konsisten

Selain memberikan reward, menggunakan intruksi yang konsisten atau tidak berubah-ubah juga merupakan salah satu cara melatih kucing agar pintar. Petunjuk atau isyarat yang Anda berikan haruslah sama dan konsisten sehingga kucing dapat dengan mudah mengingat dan terbiasa dengan instruksi yang diberikan.

Saat isyarat yang diberikan berganti atau berubah-ubah padahal intruksinya sama, maka kucing Anda dapat mengalami kebingungan. Contohnya adalah saat Anda mengajarinya bersalaman, isyarat yang diberikan harus konsisten seperti mengulurkan tangan ke arah kucing dan memberikan hadiah setelah ia mengulurkan kaki bagian depannya.

Jika Anda melakukan latihan dengan konsisten, setiap tangan Anda diulurkan kepadanya dengan membawa hadiah makanan kesukaan, maka hewan kesayangan Anda ini akan langsung mengulurkan kaki depannya dan bersalaman.

8. Menyiapkan Alat Bermain

Mengajak bermain dengan menggunakan alat bermain tertentu juga menjadi salah satu cara efektif untuk melatih kucing. Bermain atau alat bermain dapat memberikan stimulus supaya perasaan kucing menjadi bahagia dan Anda dapat mengajarinya sembari bermain.

Selain itu, bermain bersama hewan peliharaan akan membuat hubungan dengan pemiliknya terjalin semakin erat sehingga kucing merasa nyaman saat melakukan latihan berikutnya. Bermain dan berlatih bisa jadi salah satu alternatif terbaik cara melatih kucing agar pintar.

9. Menyiapkan Kotak Kotoran

Salah satu hal yang penting dalam melatih kucing adalah latihan buang kotoran pada tempat yang disediakan. Oleh karena itu, Anda tentu harus menyiapkan kotak kotoran untuk melakukan sesi latihan.

Baca juga : 7 Cara Melatih Kucing Buang Air Agar Tidak Sembarangan

Latihan membuang kotoran pada tempatnya untuk kucing juga dapat menjaga rumah Anda tetap bersih karena kucing tidak membuang kotoran di sembarang tempat dalam rumah. Selain membuat repot, kucing yang membuang kotoran sembarangan juga bisa menimbulkan berbagai penyakit. Menyiapkan tempat kotoran adalah cara melatih kucing agar pintar dan tidak membuang kotorannya di sembarang tempat.

10. Mengantisipasi Kebiasaan yang Ingin Diubah

Maksud dari melakukan antisipasi terhadap kebiasaan buruk yang ingin diubah contohnya seperti kebiasaan buruk buang kotoran sembarangan. Setiap kucing buang kotoran sembarangan di dalam rumah, Anda harus membersihkan kotorannya langsung dengan bersih hingga tidak ada bau yang tertinggal.

11. Tunggu Dulu, Ulangi Kembali

Melatih dengan konsisten memang dapat membuat kucing Anda cepat pintar dan tanggap ketika diberikan sebuah intruksi seperti melakukan latihan yang sama, di hari yang sama, namun beda waktu.

Lakukanlah latihan yang sama di waktu lain pada hari yang sama secara berulang supaya kucing semakin mengerti. Namun, Anda juga harus melihat kondisinya apakah memungkinkan mengajaknya latihan atau tidak. Jangan dipaksa jika memang ia sedang tidak tertarik.

12. Menggunakan Bunyi-bunyian

Cara melatih kucing agar pintar berikutnya adalah dengan menggunakan bunyi-bunyian seperti tepukan yang keras. Selain untuk latihan, Anda bisa gunakan bunyi-bunyian saat kucing sedang tidak patuh. Contohnya seperti saat kucing Anda menyakar atau menggigit, buatlah suara nyaring dengan mendesis atau tepukan tangan yang cukup keras sehingga ia terkejut dan berhenti.

Ketika hal tersebut dilakukan secara berulang, kucing akan mengerti konsekuensi apa yang akan diperoleh saat ia sedang bandel sehingga berhenti melakukannya bahkan tidak kembali mengulanginya.

13. Melatih Perilaku

Ketika kucing kesayangan Anda melakukan beberapa hal yang tidak Anda sukai, latihlah supaya tidak mengulangi hal demikian. Latihan perilaku merupakan salah satu cara melatih kucing agar pintar dalam menjaga perilakunya. Misalkan saja saat kucing menggaruk furnitur di rumah, menggaruk karpet, dan sebagainya hingga banyak goresan dan rusak.

Hal yang harus Anda lakukan ketika kucing melakukan hal tersebut adalah cari tahu alasannya mengapa bertingkah demikian. Anda harus memahami betul bahwa menggaruk merupakan sifat alamiah semua kucing sehingga sikap garuk menggaruk ini tida bisa dihilangkan.

Solusi agar furnitur atau barang di rumah bebas garukan kucing adalah menyediakan tiang garukan yang dapat dengan mudah ditemukan di Pet Shop. Saat kucing bandel, jangan dibentak atau langsung memarahinya. Anda bisa memberikan snack sembari ia menggaruk tiang garukan yang Anda belikan.

Baca Juga : 20 Fakta dan Mitos Kucing Kembang Telon

Apakah dari 13 cara melatih kucing agar pintar di atas sudah ada yang Anda coba?

About Nesya Damayanti

Dari kecil memang suka kucing. Sekarang nulis blog ini sebagai kegiatan rutin setelah lulus dari kuliah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *