16 Cara Agar Kucing Betah Di Rumah

Agar Kucing Betah Di Rumah

Anda harus paham kalau kucing sangat suka menjelajah ke tempat-tempat baru untuk menyalurkan nalurinya. Tentu secara natural kucing senang sekali keluar rumah. Untuk membuat kucing betah di rumah diperlukan cara-cara yang tepat, seperti yang akan dibahas pada kesempatan ini.

Agar Kucing Betah Di Rumah
Kucing Betah Di Rumah

Jika kucing tidak betah maka bisa-bisa kucing kabur atau menghilang. Untuk mencari kucing hilang atau kabur diperlukan cara-cara khusus seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Nahm Supaya kucing betah di rumah dan tidak kabur, Anda bisa menerapkan kiat-kiat berikut ini.

1. Berusaha Mengerti Bahasa Tubuh Kucing

Ketika memelihara kucing, Anda bisa mencari banyak informasi terkait bahasa tubuh kucing. Bagaimana ciri kucing yang tengah senang, terancam, sedih, dan sebagainya.

Dengan mempelajari bahasa tubuh kucing, Anda bisa tahu bagaimana untuk memperlakukannya. Jadi ikatan emosional yang kuat bisa terjalin antara Anda dengan kucing Anda.

2. Menyesuaikan Interaksi Dengan Kondisi Kucing

Jika kucing tengah tampak rileks dan ingin mendekati Anda, itulah saat yang tepat untuk memanjakannya. Terlebih lagi jika ia mengeluarkan bunyi purr ketika Anda belai, itu menunjukkan bahwa ia nyaman dengan Anda.

Namun ketika kucing tampak membusungkan bulu, melengkungkan punggung, serta mengayunkan ekor, itu menandakan ia tengah bersikap agresif. Dalam keadaan begini, Anda harus memberikannya ruang dan jangan ajak kucing Anda berinteraksi sampai ia tenang lagi.

Kondisi lain yang mengharuskan Anda memberi ruang pada kucing adalah ketika ia menunjukkan sikap defensive. Cirinya adalah telinganya menjadi datar, menampilkan gigi, serta menggulingkan badan ke satu sisi untuk memperlihatkan cakarnya.

Kucing Anda juga bisa merasa cemas dan gugup. Ciri yang ditunjukkan, seperti berusaha membungkukkan badan dengan ekor terbungkus di sekelilingnya.

Kalau pupil matanya tampak membesar dan telinga tertahan ke samping, itu menunjukkan ia siap berlari. Biarkan kucing sendiri dahulu jika menunjukkan ciri seperti itu.

3. Izinkan Kucing Mengeksplor Lingkungan

Mengurung kucing terus-menerus juga tidak baik, karena itu bisa membuat kucing bosan dan nekat pergi dari rumah. Meski Anda sudah mengetahui cara mencari kucing yang hilang, tapi lebih baik mencegahnya bukan?.

Supaya kucing tidak bosan, maka sebaiknya Anda mengizinkannya untuk melakukan eksplorasi terhadap lingkungannya. Dalam dua atau tiga kali seminggu Anda bisa mengajaknya berjalan-jalan di komplek rumah Anda.

4. Menyediakan Mainan Kucing

Anda bisa menyediakan pohon kucing untuk mereka gunakan sebagai tempat mengamati dan juga tempat istirahat. Sediakan juga mainan kucing lainnya seperti, bola-bola kecil, tikus mainan, atau mainan yang mengeluarkan bunyi.

Ketika ia sedang tidak tidur, Anda bisa mengajaknya bermain dengan berbagai mainan tersebut.

5. Sediakan Jendela Yang Memberikan Pemandangan Luar

Agar kucing betah dirumah berikan ia ruangan dengan jendela yang mengarah keluar. Jendela ini kalau bisa terbuat dari kaca bening sehingga kucing melihat pemandangan luar rumah.

Anda bisa memerikan tempat khusus untuk duduk kucing dekat jendela. Dengan begitu kucing mudah melihat pemandangan luar rumah.

Kucing sangat suka pemandangan luas, jadi fasilitasi si kucing untuk dapat melihat pemandangan luar rumah.

6. Berikan Rumput Kucing

Kucing juga menyukai rumput oleh karena itu berikan ia rumput di dalam ruangan. Tujuannya agar kucing bisa merasa seperti di luar rumah. Memakan rumput atau menjilat rumput adalah kebiasaan alami kucing.

Tujuan kucing memakan rumput adalah untuk mengurangi kelebihan makanan dalam perut atau untuk mengeluarkan hairball.

7. Berikan Tanaman Catnip

Tanaman catnip merupakan jenis tanaman yang disukai kucing. Jika kucing mencium aroma tumbuhan catnip maka bisa membuatnya kembali agresif dan bersemangat.

Bisa dikatakan catnip ini mirip daun ganja untuk manusia. Namun catnip adalah tanaman yang aman karena tidak mengganggu kesehatan kucing. Catnip juga tidak menyebabkan ketergantungan pada kucing.

Aroma tanaman catnip ini seperti mint dan mengandung senyawa nepetalacatono. Senyawa ini bisa mengubah tingkah laku kucing menjadi bersemangat dengan cepat. Jika efeknya habis maka tingkah laku kucing akan kembali normal.

Catnip kering bisa dimasukan ke mainan kucing sehingga ketika ia bermain ia akan lebih bersemangat. Anda juga bisa menanam catnip pada pot kemudian diletakkan di ruangan. Bisa juga menanamnya diluar rumah.

8. Berikan Ruang Untuk Bergerak Bebas

Jangan sering mengurung kucing dalam kandang untuk waktu yang lama. Hal tersebut bisa membuat kucing stress. Buatlah ruangan yang nyaman untuk kucing sehingga ia mudah bergerak dan betah di ruangan tersebut.

Usahakan ruangan gerak kucing itu tidak bising atau sering dilalui orang lewat. Tempat bising dan ramai sering dihindari kucing.

Anda bisa menjadikan sudut ruangan menjadi tempat jelajah dan bermain kucing. Bisa juga meletakkan bantalan di bawah meja untuk tempa kucing bermain.

9. Pastikan Makanan Kucing Selalu Tersedia

Untuk membuat kucing betah di rumah maka Anda harus selalu memastikan makanan kucing selalu tersedia. Jika Anda sering telat memberi makan kucing maka bisa kucing akan keluar mencari makanannya sendiri.

Berikan makanan yang disukai kucing seperti pakan kucing yang memiliki aroma yang dapat menggugah selera kucing. Makanan kucing yang diberikan juga harus bernutrisi tinggi agar kucing selalu sehat.

Selain itu pilihlah makanan kucing yang mengandung tanaman yucca schidigera. Karena makanan yang mengandung yucca schidigera akan membuat kotoran kucing tidak bau.

10. Pastikan Kandang Kucing Selalu Bersih

Kandang kucing kotor akan membuat kucing tidak betah. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan kandang kucing. Tempat kotoran kucing juga harus selalu bersih. Pastikan rajin untuk mengganti pasir kotoran kucing.

11. Sering Mengelus Kucing

agar kucing betah di rumah

Rajin mengelus kucing bisa membuat kucing betah di sisimu dan rumahmu. Kucing merasa nyaman ketika dielus dan dimanjakan. Anda bisa mengelus bagian kepala dan punggung.

Hindari mengelus perut kucing, karena ia tidak suka jika dielus perutnya. Kebanyakan kucing tidak suka kepada manusia jika berhubungan dengan perut mereka.

Ketika kucing mau perutnya dielus oleh Anda, itu berarti bahwa ia sudah sangat percaya pada Anda. Elus perut kucing hanya jika ia mau. Saat kucing tidak mau disentuh perutnya, maka lebih baik Anda tidak melakukan itu.

12. Berikan Tempat Bersembunyi

Kucing suka bersembunyi oleh karena berikan tempat-tempat yang bisa ia gunakan untuk bersembunyi. Terkadang kucing merasa takut dan cemas, oleh karena itu ia bersembunyi untuk menenangkan dirinya.

Terkadang ia juga bersembunyi untuk sekedar tidur saja, maklum kucing termasuk hewan yang suka tidur.

Anda harus menghafal tempat yang menjadi kebiasaan kucing bersembunyi. Jangan sampai tidak hafal karena nanti Anda akan kerepotan ketika mencari kucing.

Tempat kotak kardus yang diletakkan di sudut ruangan bisa menjadi tempat bersembunyi kucing. Atau Anda bisa meletakkan bantalan di bawah meja untuk sembunyi kucing.

13. Berikan Tempat Memanjat

supaya kucing betah di ruangan

Selain bersembunyi kucing juga suka memanjat, itu adalah naluri alami kucing. Sediakan tempat khusus untuk memanjat sehingga ia tidak sembarang memanjat di barang-barang rumah.

Rak buku bisa dijadikan tempat untuk memanjat kucing. Anda juga bisa memberikan mainan tangga yang bisa dinaiki si kucing. Dengan begitu ia bisa melihat dari ketinggian.

14. Rajin Bermain Dengan Kucing

Supaya kucing betah di rumah rajinlah bermain dengan kucing. Luang waktu untuk bermain dengan kucing sehingga ia tidak bosan dan kabur dari rumah.

Bermain dengan kucing juga bisa mempererat hubungan dengannya. Jika Anda sudah memiliki hubungan yang erat dengan kucing maka kucing tidak mudah kabur dari rumah.

15. Salurkan Birahi Kucing

agar kucing betah di rumah

Kucing birahi biasanya berisik dan selalu ingin keluar rumah. Jika tidak ingin kucing kabur dari rumah maka ketika ia birahi segera salurkan birahinya.

Anda bisa mencarikan pasangan si kucing atau bekerja sama dengan pemilik kucing lain yang bisa dijodohkan.

Cara lain yang bisa digunakan untuk menangani birahi kucing adalah dengan steril.

16. Penuhi Segala Kebutuhan Kucing

supaya kucing betah dirumah

Pastikan memenuhi kebutuhan yang diperlukan kucing. Bisa perlengkapan dalam memelihara kucing, makanan, pasangan, mainan dan lain sebagainya.

Jika kebutuhan kucing tidak tercukupi bisa jadi kucing akan bosan dan tidak betah di rumah. Tentu ini akan memicu kucing kabur dari rumah.

Untuk mencegah kucing hilang dari rumah, Anda perlu membuatnya betah dengan cara-cara di atas. Kalau Anda sudah mengusahakan namun kucing tetap menghilang, Anda bisa menggunakan cara mencari kucing yang hilang dalam ulasan ini.

Jadi dapat disimpulkan, untuk membuat kucing betah dirumah diperlukan cara-cara yang tepat seperti yang telah dijelaskan di atas kemudian dilakukan secara terus-menerus.

About Nesya Damayanti

Dari kecil memang suka kucing. Sekarang nulis blog ini sebagai kegiatan rutin setelah lulus dari kuliah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *